LEMBARAN SOAL
Mata Pelajaran : BAHASA
INDONESIA
Sat. Pendidikan : SMA
Kelas / Program : XI IPA/IPS
( SEBELAS IPA/IPS )
PETUNJUK UMUM
1.
Tulis nomor dan nama
Anda pada lembar jawaban yang disediakan
2.
Periksa dan bacalah
soal dengan teliti sebelum Anda bekerja
3.
Kerjakanlah soal anda
pada lembar jawaban
4.
Gunakan waktu dengan
efektif dan efisien
5.
Periksalah pekerjaan
anda sebelum diserahkan kepada Pengawas
SOAL :
1.
|
Judi dilihat
dari sudut pandang apa pun adalah judi. Bermaian judi ditinjau dari sudut
pandang agama juga dilarang. Di
Indonesia undang-undang antiperjudian telah dibuat, yaitu UU nomor 7 tahun
1974 dan Kepres tahun 1995. Jadi, judi di
Maksud penulis
pada penggalan tajuk rencana diatas adalah …
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
a.
b.
|
Judi ditinjua
dari segi agama , undang-undang, dan Kepres tahun 1995 tidak dibenarkan.
Judi perlu
dilokalisasikan karena dibenarkan oleh pemerintah daerah
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
c.
|
Hanya agama saja yang tidak membenarkan
keberadaan judi di
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
d.
|
Lokalisasi judi dapat dibenarkan asalkan
mendapat persetujuan DPRD.
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
e.
|
Undang-undang perjudian di
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
2.
|
Langkah pertama yang harus dilakukan
oleh penulis ringkasan adalah membaca naskah asli secara keseluruhan. Setelah
itu, penulis dapat mencatat gagasan-gagasan utama yang ada pada karya yang
akan diringkas. Langkah yang terakhir adalah menyusun ringkasan berdasarkan
gagasan-gagasan utama yang ditemukan. Demikian langkah-langkah yang harus
ditempuh untuk membuat ringkasan.
Letak pikiran
utama paragraf diatas adalah …
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
a.
|
Di awal paragraph
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
b.
|
Di seluruh bagian paragraf
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
c.
|
Di awal dan akhir paragraf
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
d.
|
Di akhir paragraf
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
e.
|
Di seluruh bagian kalimat
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
3.
|
Istri direktur yang muda itu baru saja
kembali dari singapura.
Agar tidak ambigu, kalimat di atas diubah
menjadi …
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
a.
|
Dari Singapura baru saja kembali istri
direktur muda itu
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
b.
|
Baru saja kembali istri direktur muda
dari Singapura
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
c.
|
Istri direktur muda dari Singapura baru
kembali
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
d.
|
Istri baru direktur muda kembali dari Singapura
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
e.
|
Istri direktur muda itu baru saja kembali
dari Singapura
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
4.
|
Paragraf-paragraf dibawah ini yang
termasuk laporan hasil penelitian adalah …
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
a.
|
Pemerintah
harus menentukan kebijaksanaan yang menyangkut tertib penggunaan alat
komunikasi dan luas jaringannya. Semua itu diharapkan agar kita dapat
menikmati manfaat positif adanya alat komunikasi
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
b.
|
Suatu hari
Andi dan Ana bertamu kerumah Ani. Ketika mareka berbincang-bincang datanglah
seekor ular ke ruang tamu. Disaat itu pulalah suasana rumah menjadi gaduh
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
c.
|
Tekanan
terhadap insan pers secara kuantitatif menurut laporan Aji, Mei 2000 sampai 2001, menurun
dua kasus dari tahun lalu menjadi 104
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
d.
|
Kemerdekaan
sudah kita rebut 51 tahun lalu. Sekarang genarasi muda berjuang bukan untuk
mengusir penjajah, tetapi berjuang mengisi kemerdekaan
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
e.
|
Sungguh
menggairahkan mengikuti perkembangan politik di Filipina selama beberapa
bulan terakhir karena ada catatan yang sangat menarik untuk disimak
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
5.
|
Gulma sering menjadi masalah dalam penerapan
olah tanah konservasi (OTK). Penanggulangan
gulma dengan pemberian mulsa terkadang kurang efektif. Dalam keadaan
demikian perlu diupayakan penggunaan herbisida. Satu hal yang perlu
diperhatikan dalam rangka penggunaan herbisida adalah dampaknya terhadap
lingkungan, terlebih pada tempat-tempat dengan muka air tanah yang dangkal
dan mata air yang airnya dipergunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup
sehari-hari.
Tanggapan yang
tepat terhadap isi wacana di atas adalah …
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
a.
|
Penaggulangan gulma dengan pemberian
mulsa kurang efektif
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
b.
|
Dampak terhadap lingkungan dalam
penggunaan herbisida perlu diperhatikan
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
c.
|
Air dipergunakan untuk kebutuhan
sehari-hari
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
d.
|
Memang gulma merupakan masalah besar
dalam menerapkan OTK
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
e.
|
Penggunaan herbisida untuk penanggulangan
gulma penting
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
6.
|
Pada jam-jam berangkat kerja ± pukul 7.30 Jalan Yos Sudarso, Depok, penuh sesak kendaraan. Hari ini pukul
16.00, saat pulang kerja aku terjebak macet di Jalan Yos Sudarso, Depok. Aku
coba lagi di waktu yang sama, tetapi di hari kerja yang berbeda, hasilnya
tetap sama. Namun, anehnya, sepanjang hari Minggu, di Jalan Yos Sudarso,
Depok, arus lalu lintas lancar.
Kesimpulan
yang sesuai berdasarkan paragraf diatas adalah …
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
a.
|
Selama sepekan
penuh, pada jam kerja, Jalan Yos Sudarso, Depok, selalu dipenuhi kendaraan,
kecuali pukul 08.00.
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
b.
|
Hanya pada jam
tertentu saja Jalan Yos Sudarso, Depok, mengalami kemacetan, begitu juga hari
libur
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
c.
|
Tiada hari
tanpa macet di Jalan Yos Sudarso, Depok, termasuk hari besar nasional
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
d.
|
Hanya pada
hari Minggu saja arus lalu lintas lancar, sedangkan sepanjang waktu hari
lainnya Jalan Yos Sudarso, Depok, selalu macet
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
e.
|
Kecuali hari
libur, Jalan Yos Sudarso, Depok, selalu macet pada jam berangkat dan pulang
kerja
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
7.
|
Pengarang amat cermat memberikan
gambaran watak. Watak si Teto (anak kolong yang dilahirkan di garnisun
Magelang) yang beringasan dilukiskan dengan kenakalan, keberanian, kenekatan,
sinis, dan sarkatis, tetapi juga romantis. Si Teto, yang kaya perasaan dan
emosi, kecewa dan geram terhadap Belanda yang harus kalah dan terpaksa kagum
kepada pemimpin-pemimpin republik yang dianggapnya kampungan.
Penggalan
resensi novel Burung-burung Manyar karangan Y.B. Mangun Wijaya tersebut
mengulas tentang …
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
a.
|
Perwatakan
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
b.
|
Tema
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
c.
|
Alur
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
d.
|
Amanat
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
e.
|
Latar
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
8.
|
(1)
|
Kelelahan karena bekerja keras merangsang
tubuh untuk istirahat
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
(2)
|
Tidak ada manusia yang mampu bekerja
terus-menerus tanpa istirahat
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
(3)
|
Istirahat akan terasa nyaman apabila
sebelumnya manusia telah mengerjakan pekerjaan dengan bekerja keras.
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
(4)
|
Dengan tidur, fisik dan mental dalam
keadaan rileks dan tanpa beban
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
(5)
|
Istirahat diperlukan setelah bekerja
karena kemampuan tubuh manusia terbatas
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
(6)
|
Istirahat yang baik adalah tidur.
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Urutan kalimat yang tepat agar menjadi
sebuah paragraf adalah …
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
a.
|
2, 1, 3, 5, 6, 4
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
b.
|
3, 5, 1, 2, 4, 6
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
c.
|
5, 2, 3, 1, 6, 4
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
d.
|
1, 3, 5, 2, 6, 4
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
e.
|
6, 4, 2, 1, 3, 5
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
9.
|
Kami yakin bahwa anda tidak semuannya dibesarkan dilingkungan petani.
Walaupun demikian, bukan berarti Anda tidak berpengalaman dalam pertanian.
Anda mungkin lebih mahir dalam bertani, tetapi hanya kemauan Anda yang tidak
ada. Bertani tidak harus memerlukan lahan yang luas, lahan yang sempit pun dapat dipergunakan. Oleh karena itu,
mulai dari sekarang marilah kita bersama-sama memanfaatkan lahan-lahan yang
kosong untuk dijadikan lahan pertanian yang penuh dengan sayur-sayuran segar.
Kalimat ceramah yang mengandung gagasan
penceramah sesuai dengan isi penggalan ceramah di atas adalah …
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
a.
|
Kami yakin bahwa anda tidak semuanya
dibesarkan di lingkungan petani. Jadi, pasti anda tidak mengerti tentang
pertanian.
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
b.
|
Namun demikian, bukan berarti anda tidak
berpengalaman dalam pertanian
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
c.
|
Marilah bersama-sama memanfaatkan lahan
kosong kita menjadi lahan pertanian yang penuh dengan sayur-sayuran segar
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
d.
|
Anda mungkin mahir tentang cara bertani,
tetapi kemauan Anda tidak ada
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
e.
|
Bertani tidak harus memerlukan lahan yang
luas
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
10.
|
Berdiri Aku
Berdiri aku di senja senyap
Camar melayang menepis buih
Melayah bakau mengurai puncak
Berjulang datang ubur terkembang
Angin pulang menyejuk bumi
Menempuh teluk mengempas emas
Lari ke gunung memuncak sunyi
Berayun-ayun di atas alas
(Amir Hamzah)
Puisi diatas menggambarkan………….
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
a.
|
Kerinduan pengarang
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
b.
|
Suasana alam yang sunyi
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
c.
|
Kesunyian pengarang
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
d.
|
Keputusasaan pengarang
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
e.
|
Penyesalan pengarang
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
11.
|
Pengemar dan pengumpul perangkodi
Paragraf di atas termasuk …
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
a.
|
deskripsi
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
b.
|
eksposisi
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
c.
|
persuasi
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
d.
|
argumentasi
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
e.
|
Narasi
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
12.
|
Farid sering sekali membolos. Kalaupun dia masuk, ia sering membuat
kegaduhan dalam kelas. Teman-temannya tidak ada yang suka dengan kelakuan
Farid. Kalau ulangan, tidak ada yang mau membantu Farid sehingga nilainya
selalu jelek. Tidak mengherankan jika Farid akhirnya tidak naik kelas.
Pola pengembangan paragraf di atas adalah
…
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
a.
|
deduksi
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
b.
|
induksi
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
c.
|
sebab-akibat
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
d.
|
akaibat-sebab
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
e.
|
Deskripsi
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
13.
|
Ibu tahu bahwa arisan akan dibuka besok.
Berdasarkan polanya, kalimat di atas
adalah …
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
a.
|
kalimat bertingkat
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
b.
|
kalimat setara
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
c.
|
bertingkat perluasan keterangan
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
d.
|
kalimat bertingkat dengan pengganti objek
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
e.
|
kalimat bertingkat dengan pengganti
pelengkap
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
14.
|
Pada awal karya tulis ini akan dibahas masalah secara umum sesuai
dengan topik. Bagian berikutnya baru akan dikupas bagian demi bagian.
Dalam suatu karya tulis, uraian di atas
adalah bagian dari …
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
a.
|
Pegantar
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
b.
|
Isi uraian
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
c.
|
Pendahuluan
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
d.
|
Kesimpulan
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
e.
|
Pembukaan
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
15.
|
Proposal kegiatan LDKS SMA 8 Jakarta
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
I
|
Dasar pemikiran
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
II
|
Tujuan kegiatan
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
III
|
…………………..
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
IV
|
Materi kegiatan
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
V
|
…………………..
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
VI
|
…………………..
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
VII
|
Anggaran Biaya
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
VIII
|
Penutup
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Urutan ketiga, kelima, dan keenam yang
tepat untuk melengkapi proposal kegiatan LDKS di atas adalah …
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
a.
|
Waktu dan tempat, jenis kegiatan, jadwal
kegiatan
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
b.
|
jadwal kegiatan, jenis kegiatan, waktu
dan tempat
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
c.
|
Susunan kepanitiaan, waktu dan tempat,
jadwal kegiatan
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
d.
|
Waktu dan tempat, jadwal kegiatan, susunan
kepanitiaan
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
e.
|
Susunan kepanitia, jadwal kegiatan, waktu
dan tempat
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
16.
|
(1)
|
Jenis-jenis pencemaran lingkungan
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
(2)
|
Pengertian pencemaran
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
(3)
|
Akibat-akibat pencemaran lingkungan
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
(4)
|
Sebab-sebab terjadinya pencemaran
lingkungan
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
(5)
|
Cara menanggulangi pencemaran lingkungan
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Urutan kerangka karangan di atas yang
logis adalah …
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
a.
|
2-4-3-1-5
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
b.
|
2-1-4-3-5
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
c.
|
1-2-3-4-5
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
d.
|
4-2-1-3-5
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
e.
|
3-5-4-1-2
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
17.
|
Setelah pemancar televisi swasta menayangkan telenovela berseri, ibu
saya selalu mengikuti tayangan tersebut, begitu pun ibu Nina tetangga saya.
Di rumah sakit, baik karyawan maupun pasien menyaksikan pula acara
telenovela. Dengan demikian, acara telenovela boleh dikatakan digemari oleh
banyak orang.
Pola pengembangan paragraf diatas adalah
…
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
a.
|
Akibat-sebab
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
b.
|
Deduksi
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
c.
|
Gabungan
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
d.
|
Induksi
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
e.
|
Sebab-akibat
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
18.
|
Restra pembangunan DKI
Jakarta adalah program dan sasaran yang relatif terarah, setidaknya untuk
Kalimat tanggapan yang tepat untuk
diajukan dari tajuk rencana di atas adalah….
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
a.
|
Restra pembangunan DKI Jakarta adalah
program dan sasaran yang relatif terarah
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
b.
|
Permasalahan yang dihadapi ibukota secara
optimal teratasi
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
c.
|
Pemerintah DKI perlu dengan
sungguh-sungguh menangani kawasan pemukiman kumuh dan mengentaskan daerah
kurang beruntung
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
d.
|
Mari kita ramai-ramai membantu
mengentaskan daerah kurang beruntung
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
e.
|
Menurut pendapat saya tidak tidak perlu
kawasan pemukiman kumuh dilengkapi dengan infrastruktur
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
19.
|
Dibawah ini termasuk ciri-ciri soneta,
kecuali…..
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
a.
|
Terdiri atas 14 baris
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
b.
|
Semuanya merupakan isi
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
c.
|
Bersajak abba, abba,cdc, dcd
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
d.
|
Mempunyai sampiran dan isi
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
e.
|
Jumlah baris terdiri dari 4-4-3-3
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
20.
|
Kelemahan novel ini terletak pada kesukaan pengarang melukiskan
petualangan
Hal lainnya adalah adanya kecenderungan pengarang untuk
melebar-lebarkan bagian yang sebenarnya bisa dipadatkan.
Cuplikan resensi novel di atas
menampilkan penilaian atas sebuah karya sastra tentang……
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
a.
|
Kelebihannya
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
b.
|
Kekurangnnya
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
c.
|
Ringkasannya
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
d.
|
Riwayat penulisnya
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
e.
|
Kelebihan dan kekurangannya
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
21.
|
Anak-anak membutuhkan 10 jam untuk tidur setiap harinya atau mereka
akan bangun dalam keadaaan yang tidak nyaman dan lemas. Anda harus menidurkan
dan membangunkan anak-anak pada waktu yang sama setiap hari. Jika ia mengeluh
mengenai waktu tidur yang terlalu awal, cobalah untuk menegosiasikan waktu
yang tepat untuknya. Ia harus berjanji untuk bekerja sama atau Anda harus
bertindak sesuai dengan peraturan.
Maksud paragraf di atas adalah……
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
a.
|
Anak-anak membutuhkan waktu 10 jam untuk
tidur setiap hari
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
b.
|
Anak-anak bangun tidur biasannya dalam
keadaan nyaman
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
c.
|
Bangunkan anak-anak dengan waktu yang
bervariasi
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
d.
|
Bernegosiasi dalam soal waktu dan tempat
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
e.
|
Bekerja sama dengan anak sesuai peraturan
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
22.
|
Kaliamat di bawah ini yang termasuk
eksposisi adalah …
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
a.
|
Pemda DKI banyak dihujani kritik, baik
oleh masyarakat maupun LSM kareana kebijakannya menggusur pemukiman warga di sejumlah
tempat
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
b.
|
Pemda DKI mangajak warganya untuk menjaga
dan melindungi taman-taman di jalur hijau
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
c.
|
Kita harus mampu menghindari narkoba
karena sangat berbahaya bagi diri dan masa depan bangsa
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
d.
|
Ruang kelas itu sangat terawat dengan
baik karena tidak ada sampah yang berserakan sehingga nyaman untuk belajar
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
e.
|
Hasil penelitian membuktikan bahwa
zat-zat yang terdapat dalam rokok
sangat berbahaya,baik bagi perokok aktif maupun pasif
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
23.
|
Hujan yang turun terus-menerus selama tiga hari ini semakin
memperparah kondisi masyarakat di daerah Langkat. Oleh karena itu,
pemda setempat telah mempersiapkan segala sesuatu untuk membantu masyarakat
yang terkena bencana. Tidak hanya itu, secara umum pemda sumut pun tekah
mengerahkan segala upaya, baik bahan makanan maupun tenaga medis untuk
membantu korban bencana alam yang kali ini benar-benar luar biasa besarnya.
Paragraf di atas dikembangkan dengan
hubungan …
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
a.
|
Pertentangan
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
b.
|
Uraian
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
c.
|
Analisis
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
d.
|
Sebab-akibat
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
e.
|
Perbandingan
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
24.
|
Karena gejala penyakit itu sama dengan
mereka yang menderita demam berdarah, agaknya ia menderita demam berdarah
atau sejenisnya.
Paragraf di atas ditulis berdasarkan……
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
a.
|
Generalisasi
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
b.
|
Analogi
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
c.
|
Deskripsi
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
d.
|
Definisi
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
e.
|
Proses
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
25.
|
Berdasarkan data-data yang ada,
kenaikan harga barang tidak begitu besar pengaruhnya.
Kalimat
tanggapan yang tepat terhadap pernyataan di atas adalah …
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
a.
|
Saya tidak
sependapat karena datanya tidak lengkap
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
b.
|
Tidak benar
perekonomian masyarakat baik, buktinya haga naik
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
c.
|
Mustahil tidak
terpengaruh. Harga naik rakyat panik
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
d.
|
Memang ada
pengaruh kenaikan harga terhadap kehidupan masyarakat
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
e.
|
Tidak ada
gunanya data kalau harga tetap bergerak naik
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
26.
|
Dalam laporan
hasil suatu pengamatan tertulis hal-hal seperti berikut
1. Biaya 4.
Objek
2. kesimpulan 5.
Tujuan
3. Metode
Susunan laporan yang benar adalah …
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
a.
|
3-2-5-4-1
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
b.
|
4-1-4-5-2
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
c.
|
2-5-3-1-4
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
d.
|
5-3-4-1-2
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
e.
|
1-2-5-4-3
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
27.
|
Mimpi buruk umat manusia dipenghujung
tahun ini tampaknya akan semakin nyata, yakni terjadinya krisis ekologi yang
semakin hebat. Hampir tiap hari mes media menyuguhkan sederetan fakta, baik
berskala kecil maupun berskala global tentang kesewenang-wenangan anak
manusia mengelola sumber daya alam yang tidak pada porsinya.
Kalimat diatas
yang menggunakan bahasa tidak
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
a.
|
Kesewenang-wenangan
anak manusia
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
b.
|
Terjasinya
krisis ekologi yang semakin hebat
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
c.
|
Mes media
menyuguhkan sederetan fakta
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
d.
|
Mimpi buruk
umat manusia
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
e.
|
Mengelola
sumber daya alam yang tidak pada porsinya
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
28.
|
Ah, … sebetulnya para tahanan itu kebanyakan
hanya orang-orang tolol yang bernasib buruk dan tidak tahu apa-apa. Namun,
bagaimana pun mereka ditemukan dan ditangkap di daerah gerombolan atau di
daerah pertempuran.
Banyak sekali orang ditahan, tidak peduli
apa kesalahannya. Memberikan satu liter beras kepada anggota gerombolan,
mengangkutkan barang-barang gerombolan, atau apa saja yang ada hubungannya
dengan gerombolan, pasti ditangkap tanpa peduli laporan palsu atau dipaksa
oleh gerombilan yang sangat kejam. Hukuman apa yang mereka terima di markas
CPM aku tidak pernah mau tahu.
Simpulan dari
cerita di atas adalah …
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
a.
|
Kebanyakan
orang bernasib buruk
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
b.
|
Mereaka adalah
gerombolan yang ditangkap
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
c.
|
Banyak orang
yang belum tentu kesalahannya ditahan
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
d.
|
Anggota
gerombolan yang mengangkut barang ditangkap
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
e.
|
Banyak
gerombolan menerima hukuman
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
29.
|
Pemerintah akan mengirimkan pramuwisma
terampil ke negara lain dalam upaya meningkatkan kualitas kepercayaan
terhadap bangsa.
Kata
Pramuwisma dalam kalimat di atas mengalami perubahan makna …
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
a.
|
Menyempit
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
b.
|
Meluas
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
c.
|
Asosiatif
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
d.
|
Penyoratif
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
e.
|
Ameliorative
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
30.
|
Penyataan yang
tidak sesuai table diatas adalah …
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
a.
|
Kadar air dan
abu untuk setiap mutu berbeda
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
b.
|
Kadar air
untuk semua tepung tapioka sama
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
c.
|
Kadar serat dan
kotoran berbeda antara mutu I dan lainnya
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
d.
|
Mutu tapioka
tiga derajat putihnya berbeda
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
e.
|
Semua mutu
harus bebas dari kadar HCN
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
31.
|
Bupati Janji Segera Buat Kios Darurat
Bupati
……..
Soal Kebakaran, Masyarakat Jangan Mudah Terpancing Isu
Kepala Dinas Penerangan (Kadispen) Polda Jabar Letkol Pol. Istanto
menghimbau masyarakat, terutama korban kebakaran, agar tidak terpancing oleh
isu yang mengatakan bahwa kasus
kebakaran yang menimpa Pasar Ciwidey karena disengaja.
Dalam kedua
berita tersebut tampak kesamaan pandangan antara Bupati
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
a.
|
Maklumat bahwa
ditengah masyarakat telah beredar isu adanya unsur kesengajaan dalam
peristiwa kebakaran pasar Ciwidey
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
b.
|
Bantahan
terhadap isu bahwa dalam peristiwa kebakaran pasar Ciwidey terdapat unsur
kesengajaan
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
c.
|
Bantahan
terhadap isu bahwa tidak benar dalam peristiwa kebakaran pasar Ciwidey
terdapat unsur kesengajaan
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
d.
|
Imbauan agar
masyarakat tidak terpancing oleh isu yang dilontarkan oknum-oknum korban
kebakaran pasar
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
e.
|
Imbauan agar
masyarakat menjadi maklum bahwa peristiwa kebakaran pasar Ciwidey merupakan
musibah semata
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
32.
|
Banyak
keluarga yang tinggal berdekatan dengan kawasan industri menjadi korban
pencemaran lingkungan hidup. Mereka menderita karena limbah air pabrik
mengalir ke saluran daerah pemukiman. Di beberapa tempat tercium bau busuk
bahan kimia yang terkandung air limbah. Selain itu, timbul genangan air yang
menjadi sarang nyamuk. Karena pencemaran lingkungan hidup ini, banyak warga
menjadi korbanya, bahkan dua diantaranya meninggal dunia karena demam
berdarah.
Pokok pikiran paragraf di atas adalah…..
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
a.
|
Penyebab pencemaran lingkungan
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
b.
|
Korban pencemaran lingkungan
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
c.
|
Sumber pencemaran lingkungan
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
d.
|
Akibat pencemaran lingkungan
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
e.
|
Limbah penyebab pencemaran lingkungan
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
33.
|
Akhir-akhir ini kediaman orang-orang
kaya tidak aman lagi karena menjadi incaran penjahat.
Maka imbuan ke-an
pada kata kediaman dalam
kalimat di atas sama dengan ke-an dalam kalimat……
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
a.
|
Kedatangan kami disambut dingin
orang-orang di
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
b.
|
Karena bangun kesiangan, ia terlmbat
sampai di sekolah
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
c.
|
Ia menjadi terkenal karena kebesaran nama
ayahnya
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
d.
|
Keadaan di daerah ini sudah mulai membaik
sejak ditempatkan puluhan anggota TNI
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
e.
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
34.
|
Di kawasan yang banyak dikunjungi
wisatawan mancnegara itu banyak didirikan rumah makan dan kedai yang
menawarkan berbagai panganan. Kedai atau restoran tersebut banyak didirikan
di tepi danau sehingga para wisatawan dapat menyantap makanan sambil
menikmati keindahan danau.
Selain menikmati hidangan yang disajikan
bebagai penginapan dan hotel, para pelancong dapat menikmati pemandangan dan
keelokan tanah Toba dengan mengendarai sepeda gunung atau sepeda motor.
Konjungsi
antarparagraf selain di atas menyatakan….
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
a.
|
Pertentangan
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
b.
|
Pembatas
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
c.
|
Kesimpulan
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
d.
|
Atributif
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
e.
|
Konsesif
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
35.
|
Pada dasarnya era transportasi dan
informasi yang melanda dunia dewasa ini telah memacu manusia untuk menggali
dan mengembangkan potensi hidupnya yang semakin kompetitif.
Upaya penggalian dan pengenbanagan
potensi ini ditujukan untuk memenuhi kebutuhan masa sekarang dan mengantisipasi
kebutuhan-kebutuhan dimasa depan. Dalam konteks ini, keberadaan era informasi
tidak dapat dilepaskan dari kehadiran media atau saluran informasi.
Penggalan proposal di atas terdapat dalam
unsur….
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
a.
|
Latar belakang
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
b.
|
Metode
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
c.
|
Penutup
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
d.
|
Pembatasan masalh
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
e.
|
Tujuan
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
36.
|
Dewasa ini
semakin banyak remaja terjerumus ke dalam perilaku seks bebas. Hal ini
terjadi karena rendahnya pemahaman remaja terhadap seksualitas. Sementara
itu, orang tua yang seharusnya mendampingi mereka seringkali tidak mempunyai
waktu karena kesempatan mereka tersita habis untuk mencari nafkah guna
mencukupi kebutuhan hidup yang semakin tinggi. Di samping meyebabkan remaja
terjerumus ke perilaku seks bebas, sempitnya waktu orang tua dalam menghadapi
remaja juga menyebebkan remaja jatuh ke tindak kenakalan remaja, bahkan
sampai pada penyalah-gunaan narkotika.
Berdasarkan paragraf diatas, maka tujuan penulisan yang
hendak di capai adalah….
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
a.
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
b.
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
c.
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
d.
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
e.
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
37.
|
Udara
segar sudah jarang kita dapatkan di kota-kota besar. Udara yang kita hirup
setiap hari sudah banyak dicemari asap cerobong pabrik atau asap kendaraan
bermotor. Kondisi seperti ini mengakibatkan berkembangnya berbagai jenis
penyakit.
Gagasan utama paragraf di atas adalah…..
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
a.
|
Udara segar jarang kita dapatkan di
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
b.
|
Kita menghirup udara segar setiap hari
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
c.
|
Udara yang hirup tercemar polusi
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
d.
|
Asap pabrik dan kendaraan adalah
penyebabnya
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
e.
|
Berbagai jenis penyakit diakibatkan
pencemaran
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
38.
|
Penyataan yang merupakan pendapat
adalah……..
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
a.
|
Keinginan
manusia untuk memahami bahasa binatang sudah muncul ribuan tahun silam
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
b.
|
Nabi Sulaiman
diceritakan mampu memahami bahasa binatang
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
c.
|
Dalam dunia
sastra ada cerita-cerita fable yang berkisah tentang binatang yang mampu
berkomunikasi seperti manusia
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
d.
|
Beberapa buku
fable untuk orang dewasa menggunakan bahas binatang sebagai benang merah
cerita
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
e.
|
Ketika bertemu
kawan lama di hutan, simpanse saling peluk cium, menggosokkan kepala, atau
meletakkan tangan dibawah perut temannya.
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
39.
|
Kalimat yang menggunakan kata berhomonim
adalah…..
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
a.
|
Setelah apel, saya makan apel
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
b.
|
Karena sering mendaki gunung, badan adik banyak dakinya
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
c.
|
Kepala
sekolah itu merasa besar kepala
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
d.
|
Tanggal dua
gigi adik tanggal
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
e.
|
Pasukan Irak membutuhkan tang
untuk memperbaiki tank yang rusak
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
40.
|
Kelemahan novel ini terletak pada kesukaan pengarang melukiskan
petualangan
Hal lainnya adalah adanya kecenderungan pengarang untuk
melebar-lebarkan bagian yang sebenarnya bisa dipadatkan.
Unsur intrinsik yang disorot dalam analisis
karya sastra di atas adalah…..
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
a.
|
Tema
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
b.
|
Alur
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
c.
|
Latar
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
d.
|
Amanat
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
e.
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
41.
|
Grafik penduduk kecamatan Pondok Gede,
Bekasi
Pernyataan yang tepat untuk grafik di atas adalah ……
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
a.
|
Data di atas menunjukkan bahwa
pertumbuhan penduduk wanita semakin bertambah
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
b.
|
Ternyata pertumbuhan penduduk di Pondok
Gede begitu pesat
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
c.
|
Penduduk Pondok Gede bertambah dari tahun
97/98
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
d.
|
Dari tahun 97/98 pertumbuhan penduduk
mengalami kenaikan
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
e.
|
Pada tahun 99/00 pertumbuhan penduduk wanita
bertambah pesat yaitu berjumlah 1.195.000 jiwa.
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
42.
|
Ingatlah! Kekayaan dan kemiskinan, kemuliaan dan kehinaan, kesusahan
dan kesenangan sekaliannya dari Tuhan Yang Esa juga. Jika dikehendaki-Nya,
dengan sekejap mata bertukarlah kekayaan itu menjadi kemiskinan, kemuliaan
menjadi kehinaan, kesukaan menjadi kedukaan, dan tertawalah yang menangis
Amanat dari cerita di atas adalah …
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
a.
|
Kekayaan dan kemiskinan dalam hidup ini
silih berganti.
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
b.
|
Kita harus percaya bahwa kehidupan ini
diatur oleh Tuhan.
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
c.
|
Kesukaan dan kedukaan harus sejalan.
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
d.
|
Nasib seseorang ditentukan oleh dirinya
sendiri.
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
e.
|
Dalam sekejap mata nasib dapat berubah
karena manusia yang menentukannya.
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
43.
|
Alkisah pada zaman dulu ada seekor
burung yang pandai berbicara, yaitu burung Bayan Budiman namanya. Burung itu
fasih berbicara seperti manusia. Ia bercerita tentang raja-raja yang
bijaksana. Cerita itu dapat memberi mafaat pada siapa pun yang
mendengarkannya, terutama bagi orang yang ingin berbuat tidak baik maka orang
itu akan mengurungkan niatnya.
Nilai moral
yang terkandung dalam penggalan cerita di atas adalah…
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
a.
|
Burung Bayan Budiman berbicara
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
b.
|
Ia fasih berbicara seperti manusia
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
c.
|
Burung tersebut menceritakan kehidupan
raja-raja yang bijaksana
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
d.
|
Kepandaiannya berbicara mengurungkan niat
tidak baik
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
e.
|
Ia memberikan manfaat bagi siapa pun yang
mendengar
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
44.
|
Watak Gunarto dalam penggalan drama di
atas adalah……
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
a.
|
permaaf
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
b.
|
penyabar
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
c.
|
pendendam
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
d.
|
sombong
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
e.
|
Tabah
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
45.
|
Perempuan itu
termangu. Ia sering mendengar banjir yang datang karena hujan di hulu. Sudah
beberapa kali, kali yang cukup besar itu meminta korban. Dalam keadaan begitu
ia merasa bersyukur suaminya masih dapat pulang dengan selamat, meskipun
luka-luka.
“Aku hanyut, pingsan, dan tersesat jauh
ke hilir. Berhari-hari aku berbaring di rumah penolongku dengan pikiran
cemas, mengingat kau.”
Kalimat topik
dalam paragraf kedua penggalan cerita di atas adalah …
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
a.
|
Istri yang penuh khidmat mendengarkan
penjelasan suami
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
b.
|
Seorang istri yang ikut merasakan
penderitaan suami
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
c.
|
Suami menjelaskan kecemasannya ketika
sedang menderita sakit
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
d.
|
Orang Desa yang yang sangat baik yang
memberi pertolongan kepadanya.
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
e.
|
Suami yang berbaring di rumah penolongnya
karena terseret banjir
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
46.
|
Industri kecil adalah industri dengan
ukuran yang serba kecil, baik tenaga, modal, maupun teknologinya. Namun,
jumlah orang yang terlibat secara keseluruhan cukup besar karena industri ini
meliputi juga industri rumah tangga.
Paragraf di
atas termasuk paragraf eksposisi …
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
a.
|
Rincian
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
b.
|
Definisi
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
c.
|
Perbandingan
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
d.
|
Pertentangan
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
e.
|
Proses
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
47.
|
Kalimat yang bermakna gandaatau ambigu
adalah …
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
a.
|
Ayahnya pergi ke tukang jahit untuk
menambal celana
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
b.
|
Ibunya seorang penjahit pakaian
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
c.
|
Di pasar senen banyak dijumpai penjahit
pakaian wanita
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
d.
|
Ia seorang wanita yang berprofesi sebagai
penjahit pakaian
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
e.
|
Hampir semua pakaian itu hasil jahitannya
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
48.
|
Pohon mangga di belakang rumah aku siram
setiap hari dua kali. Jika perlu sebulan sekali kuberi pupuk. Namun, pohon
ini tidak mau berbuah seperti yang lain….
Kalimat yang
tepat untuk mengakhiri paragraf di atas adalah….
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
a.
|
Hal ini karena
kurang mendapat siraman air yang cukup
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
b.
|
Ini disebabkan
kurangnya pemberian pupuk
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
c.
|
Penyebabnya
adalah
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
d.
|
Ternyata
setelah aku amati pohon tersebut kurang mendapat sinar matahari
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
e.
|
Ternyata pohon
tersebut kurang dirawat
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
49.
|
Puji dan syukur kami panjatkan kehadirat
Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan rahmat dan karunia-Nya sehingga
kami dapat menyelesaikan karya tulis ini.
Kutipan di
atas merupakan kalimat pembuka karya tulis yang terdapat dalam…..
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
a.
|
Pendahuluan
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
b.
|
Tujuan penulis
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
c.
|
Pembahasan isi
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
d.
|
Latar belakang
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
e.
|
Kata pengantar
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
50.
|
Kemandulan pos pelayanan terpadu
(Posyandu) kini terbukti. Pelayanan gizi, seperti penyuluhan dan pemberian
makanan tambahan (PMT) terabaikan. Banyak anak balita peserta posyandu yang
keluar ketika mereka menginjak usia 1-2 tahun karena orang tua mereka merasa
tidak ada gunanya mengikuti posyandu.
Tanggapan yang
paling sesuai dengan wacana di atas adalah…..
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
a.
|
Semua posyandu harus ditutup
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
b.
|
Posyandu harus memperhatikan pelayanan
gizi
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
c.
|
Posyandu tidak ada lagi gunannya
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
d.
|
Posyandu lebih baik menangani gizi saja
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
e.
|
Banyak anak usia 1-2 tahun mengikuti
posyandu
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
51.
|
Berdasarkan table di atas, kesimpulan
yang dapat diperoleh adalah….
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
a.
|
Harga kebutuhan bahan pokok setiap bulan
tidak stabil
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
b.
|
Harga bahan kebutuhan tiap bulan stabil
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
c.
|
Harga telur tiap bulan mengalami kenaikan
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
d.
|
Harga bahan kebutuhan pokok tiap bulan
mengalami kenaikan
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
e.
|
Harga kebutuhan bahan pokok mengalami
pasang surut .
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
52.
|
1.
|
Pantai Parangtritis melandai di pasir
putih; panas di bakar sinar matahari
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
2.
|
Pantai yang tidak pernah sepi, tempat
manusia
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
3.
|
Rumah-rumah disekitar situ seperti
kotak-kotak kecil berdempetan
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
4.
|
Rumah-rumah tersebut berupa warung dan
sekaligus tempat penginapan
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
5.
|
Di pantai itu banyak orang kelihatan
berkelompok, tentunya rombongan para wisatawan setempat
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Urutan yang benar dari kalimat-kalimat di
atas adalah……
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
a.
|
2,3,5,4 dan 1
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
b.
|
2,3,4,5 dan 1
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
c.
|
1,4,2,5 dan 3
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
d.
|
1,3,4,5 dan 2
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
e.
|
1,2,3,4 dan 5
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
53.
|
Cermati
grafik berikut!
kalimat yang tidak
sesuia dengan grafik tersebut
adalah…….
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
a.
|
Ekspor kerajinan
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
b.
|
Ekspor kerajinan
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
c.
|
Ekspor kerajinan
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
d.
|
Selama eman bulan pertama tahun 2005
ekspor kerajinan
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
e.
|
Ekspor kerajinan
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
54.
|
Bacalah kutipan berita berikut dengan seksama!
Tanggapan positif terhadap kutipan berita
tersebut yang tepat adalah……..
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
a.
|
Hal itu sudah menjadi tanggung jawab
pemerintah
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
b.
|
Rencana hanya rencana tanpa realisasi
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
c.
|
Kita perlu manyambut rencana pemerintah
itu
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
d.
|
Memikirkan bencana tidak pernah ada
habisnya
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
e.
|
Pemerintah sudah lama memikirkan bantuan
itu
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
55.
|
Bacalah
paragraf deskripsi berikut dengan seksama!
Kalimat yang sesuai untuk melengkapi paragraf tersebut
adalah….
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
a.
|
Tetapi aku malas untuk menembus hujan
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
b.
|
Tubuhku menggigil gemetar kencang
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
c.
|
Hujan yang terus-menerus membuatku malas
keluar
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
d.
|
Udara pagi yang dingin membuat keinginan
makanku meningkat
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
e.
|
Hujan deras sepanjang malam membuatku
harus menunggu hujan berhenti
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
56.
|
Bacalah
paragraf berikut dengan seksama!
Kalimat yang tidak efektif dalam paragraf
tersebut terdapat pada nomor….
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
a.
|
(1)
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
b.
|
(2)
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
c.
|
(3)
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
d.
|
(4)
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
e.
|
(5)
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
57.
|
Cermati
penggalan laporan berikut dengan seksama!
Simpulan dari penggalan laporan tersebut adalah….
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
a.
|
Kasir cermat dapat meringkus dan dihakimi
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
b.
|
Berawal dari kecermatan , pengedar uang
palsu diringkus
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
c.
|
Kecermatan kasir dapat meringkus pengedar
uang palsu
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
d.
|
Kecermatan kasir akhirnya terjadi
penghakiman
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
e.
|
Kecermatan dalam segala hal diperlukan
agar tidak terjadi pencurian
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
58.
|
Bacalah
paragraf berikut dengan seksama!
Penalaran yang
digunakan dalam paragraf tersebut adalah….
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
a.
|
Induktif
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
b.
|
Deduktif
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
c.
|
Naratif
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
d.
|
Induktif-deduktif
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
e.
|
Deskriptif
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
59.
|
Cermati
paragraf berikut!
Kalimat yang menyatakan fakta pada paragraf tersebut
terdapat pada nomor…..
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
a.
|
(1), (2), dan (5)
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
b.
|
(1), (3), dan (5)
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
c.
|
(2), (3), dan (4)
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
d.
|
(2), (3), dan (5)
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
e.
|
(3), (4), dan (5)
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
60.
|
Bacalah
paragraf berikut dengan saksama!
Kalimat salah
nalar terdapat pada nomor……
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
a.
|
(1)
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
b.
|
(2)
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
c.
|
(3)
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
d.
|
(4)
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
e.
|
(5)
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
2 Komentar untuk "Soal Bahasa Indonesia Kelas XI Dan Kunci Jawabannya (8)"
Kirain ada kunci jawaban nya
Sudah ada kunci jawabannya cek aja