LEMBARAN SOAL
Mata Pelajaran : BAHASA
INDONESIA
Sat. Pendidikan : SMA
Kelas / Program : X ( SEPULUH)
PETUNJUK UMUM
1.
Tulis nomor dan nama Anda pada lembar
jawaban yang disediakan
2.
Periksa dan bacalah soal dengan teliti
sebelum Anda bekerja
3.
Kerjakanlah soal anda pada lembar
jawaban
4.
Gunakan waktu dengan efektif dan
efisien
5.
Periksalah pekerjaan anda sebelum
diserahkan kepada Pengawas
1.
|
Dalam kehidupan pribadi, disiplin
berarti peraturan yang dibuat dan digunakan untuk diri sendiri, yang tidak boleh
bertentangan dengan peraturan umum. Bangun dan melakukan sesuatu tepat pada
waktunya, hadir dalam suatu acara pada waktu yang ditetapkan, atau melakukan
tugas dan kewajiban dengan tepat dan tertib.
Pertanyaan yang tepat untuk isi
paragraf diatas adalah . . . .
|
|||||
a.
|
Bagaimanakah cara membentuk
jiwa disiplin?
|
|||||
b.
|
Apa akibatnya jika kita tidak disiplin?
|
|||||
c.
|
Benarkah disiplin itu dimiliki setiap manusia?
|
|||||
d.
|
Siapakah yang membentuk diri kita menjadi disiplin?
|
|||||
e.
|
Di mana disiplin dilaksanakan?
|
|||||
2.
|
Gemercik suara air yang mengalir di bawah
Gua Jatijajar terdengar begitu syahdu di telingaku. Udaranya yang sejuk
menusuk kulit sangat terasa di tubuh. Pohon-pohon yang besar dan rindang
berjejer di sepanjang pintu masuk menuju gua. Hal ini menambah betah
pengunjung berlama-lama menikmati keindahan ukiran alam gua bersejarah itu.
Jenis karangan di atas adalah .
. . .
|
|||||
a.
|
deskripsi
|
|||||
b.
|
narasi
|
|||||
c.
|
eksposisi
|
|||||
d.
|
argumentasi
|
|||||
e.
|
persuasi
|
|||||
3.
|
Bisnis
penerbangan adalah bisnis yang mahal dan rumit. Persaingan pun sangat ketat.
Di bisnis seperti inilah Merpati harus terjun. Sementara itu, pada saat yang
sama perusahaan ini harus mengemban misi yang tidak ringan, yaitu melayani
rute-rute perintis. Rute seperti ini jelas merupakan rute komersial, alias besar
kemungkinan merugi, namun demi kepentingan nasional rute ini harus dijalani.
Pikiran utama paragraf di atas terdapat pada . . . .
|
|||||
a.
|
Kalimat pertama
|
|||||
b.
|
Kalimat ketiga
|
|||||
c.
|
Kalimat kelima
|
|||||
d.
|
Kalimat kedua
|
|||||
e.
|
Kalimat keempat
|
|||||
4.
|
(3) Mengubah ancaman hukuman
dalam pasal 542 ayat 2 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana, dari hukuman
kurungan selama-lamanya tiga bulan atau denda sebanyak-banyaknya tujuh ribu
lima ratus rupiah menjadi hukuman penjara selama-lamanya enam tahun atau
denda sebanyak-banyaknya lima belas juta rupiah.
(4) Mengubah sebutan pasal 542
menjadi pasal 303 bis.
Pasal 3
(1)
Pemerintah mengatur penertiban
perjudian sesuai dengan jiwa dan maksud undang-undang ini.
(2)
Pelaksanaan ayat 1 pasal ini
diatur dengan peraturan perundang-undangan.
Kesimpulan isi peraturan tersebut adalah………
|
|||||
a.
|
Pemrintah mengatur penertiban
perjudian berdasarkan Undang-Undang Hukum Pidana
|
|||||
b.
|
Pelaksanaan undang-undang pasal
542 diubah menjadi pasal 303 bis.
|
|||||
c.
|
Ayat 1 dilaksanakan dengan
peraturan undang-undang.
|
|||||
d.
|
Sebutan pasal 542 diubah
menjadi 303 bis.
|
|||||
e.
|
Terjadi perubahan ancaman
hukuman pasal 542 ayat 2.
|
|||||
5.
|
Assalamualaikum wr. wb. Salam sejahtera bagi kita
semua. Marilah dikusi ini kita buka dengan membaca doa menurut agama dan
kepercayaan masing-masing. Sebelumnya, perkenalkan saya James. Baiklah kita
lanjutkan ke acara yang kedua, yaitu….
Kalimat perkenalan di atas
diucapkan oleh seorang…..
|
|||||
a.
|
penyaji
|
|||||
b.
|
moderator
|
|||||
c.
|
penanya
|
|||||
d.
|
protokol
|
|||||
e.
|
ketua kelas
|
|||||
6.
|
Timah
dipanaskan pasti memuai. Besi pun jika dipanaskan akan memuai. Tembaga juga
akan memuai jika dipanaskan. Bahkan, baja sekalipun memuai. …….semua logam
jika dipanaskan akan memuai.
Kata hubung antarkalimat yang
tepat untuk mengisi rumpang di atas adalah………
|
|||||
a.
|
sehingga
|
|||||
b.
|
akan tetapi
|
|||||
c.
|
jadi
|
|||||
d.
|
oleh karena itu
|
|||||
e.
|
Kemudian
|
|||||
7.
|
Kalimat yang mengandung ragam
bahasa resmi terdapat pada….
|
|||||
a.
|
Hai, mau kemana? Boleh, dong, aku ikut.
|
|||||
b.
|
Sendiri saja, boleh aku menemanimu?
|
|||||
c.
|
Halo! Ke mana, nih, pagi-pagi?
|
|||||
d.
|
Wah, ngeborong, nih, ya?
|
|||||
e.
|
Pulang dari mana, kok, buru-buru amat?
|
|||||
8.
|
Hampir tidak ditemukan kelemahan dalam novel ini.
Semua unsur intrinsik dalam karya ini muncul dengan utuh sehingga, baik siswa
maupun guru dapat memahami karya ini.
Pernyataan tersebut merupakan penggalan resesi yang
berisikan….
|
|||||
a.
|
nilai-nilai isi karya sastra
|
|||||
b.
|
spesifikasi novel tersebut
|
|||||
c.
|
identifikasi novel
|
|||||
d.
|
keunggulan novel tersebut
|
|||||
e.
|
kelemahan novel.
|
|||||
9.
|
…………………….
Jika Bapak berkenan untuk memakai produk-produk
kami, Bapak dapat memesan langsung ke alamat kami atau menghubungi via
telepon. Atas perhatian Bapak, saya ucapkan terima kasih.
Pimpinan
Sedyo
Rhamdani
Kutipan
|
|||||
a.
|
||||||
b.
|
||||||
c.
|
||||||
d.
|
||||||
e.
|
||||||
10.
|
“One Two Three..Three in One!”
macam
aba-aba, “ one two three” atau satu dua tiga. Tiba-tiba pada selasa
(23/12), Gubernur Sutiyoso melakukan memberlakukan “3 in I” plus.
Artinya, memberlakukan perluasan kawasan pembatasan penumpang (KPP) atau three in one plus
yang pagi-sore. Padahal, three in one sebelumnya pun dinilai tidak
efektif. Entah terpengaruh teduh dan tenangnya hari libur
(Kompas,
27 Desember 2003)
|
|||||
Pernyataan kritik disertai alasan sesuai isi paragraf di
atas adalah……
|
||||||
a.
|
Saya kurang sependapat dengan
kebijaksanaan Pemprov DKI yang memberlakukan three in one plus karena sebelumnya pun tidak
efektif.
|
|||||
b.
|
Pemberlakuan itu salah karena kemacetan terjadi di semua ruas
jalan di
|
|||||
c.
|
Pemberlakuan three in one
plus kurang mendapat sambutan dari masyarakat.
|
|||||
d.
|
Saya sangat tidak sependapat
dengan kebijakan pemerintah DKI yang buru-buru meluncurkan sistem busway karena
prasarananya belum dibangun.
|
|||||
e.
|
Menurut saya, Pemprov DKI
terburu-buru, padahal sarananya belum dibangun.
|
|||||
11.
|
Indeks
Adjektiva, 36, 171, 187 - 190
Abverbia, 36, 197, 199, 202, 206.
…
Penjelasan yang tidak benar berdasarkan indeks di atas
adalah…..
|
|||||
a.
|
Kita dapat menemukan kata adjektiva di halaman 36.
|
|||||
b.
|
Kata adverbia terdapat di halaman 36, 197, 199, 202, 206.
|
|||||
c.
|
Informasi lengkap kata adjektiva terdapat di halaman 36,
171, 187-190.
|
|||||
d.
|
Informasi kata adjektiva terdapat di halaman 189.
|
|||||
e.
|
Informasi lengkap kata adverbia terdapat di halaman
36-206.
|
|||||
12.
|
Meskipun sudah besar, perilakunya masih kekanak-kanakan.
Makna imbuhan ke-/-an pada kata kekanak-kanakan
menyatakan……
|
|||||
a.
|
sebab
|
|||||
b.
|
menyerupai
|
|||||
c.
|
proses
|
|||||
d.
|
cara
|
|||||
e.
|
Hal
|
|||||
13.
|
Aku merasa
kasihan kepada ibuku. Pagi-pagi harus sudah bangun untuk menyiapkan sarapan.
Setelah itu, masih banyak pekerjaan yang harus diselesaikannya. Semua itu
karena pembantu pulang.
Paragraf di atas
dikembangkan dengan penalaran…..
|
|||||
a.
|
analogi
|
|||||
b.
|
sebab-akibat
|
|||||
c.
|
definisi
|
|||||
d.
|
generalisasi
|
|||||
e.
|
akibat-sebab
|
|||||
14.
|
Kalimat yang merupakan ragam bahasa resmi ialah…..
|
|||||
a.
|
||||||
b.
|
Selanjutnya sambutan Kepala Sekolah, waktu kami
persilahklan.
|
|||||
c.
|
Untuk mempersingkat waktu, baiklah saya mulai acara ini.
|
|||||
d.
|
Pemimpin upacara dipersilahkan untuk mengambil tempat.
|
|||||
e.
|
Terima kasih atas kesempatan yang diberikan kepada saya.
|
|||||
15.
|
Unsur yang hanya ada pada resensi buku fiksi adalah…..
|
|||||
a.
|
identitas buku.
|
|||||
b.
|
nama pengarang
|
|||||
c.
|
perwatakan.
|
|||||
d.
|
keunggulan.
|
|||||
e.
|
kelemahan.
|
|||||
16.
|
Banyak warga desa yang menjual tanahnya kepada
oknum pejabat Pemda dengan harga rendah, bahkan sampai Rp.15.000,00 per meter
persegi. Padahal, tanah tersebut mempunyai nilai strategis bila jembatan lalu lintas pulau itu sudah
dibangun. Tanah yang bernilai pasar
Rp. 200.000,00 per meter persegi itu dijual pemiliknya demi kepentingan
proyek pemerintah.
Tanggapan yang sesuai dengan isi paragraf di atas adalah…
|
|||||
a.
|
Hal itu tidak perlu dipermasalahkan karena harga tanah
disana sebelum ada proyek memang hanya Rp.15.000,00
|
|||||
b.
|
Pemeritah hendaknya memberi perlindungan dan penerangan
kepada warga sekitar lokasi agar tidak tertipu.
|
|||||
c.
|
Rakyat memang masih penakut, begitu mudahnya oknum itu
menekan mereka demi kepentingan sendiri.
|
|||||
d.
|
Rakyat memang masih bodoh, begitu mudahnya mereka ditipu
oknum yang tidak bertanggung jawab.
|
|||||
e.
|
Itulah akibatnya bila kita bodoh dan penakut. Pada saat
orang lain memperoleh keuntungan, kita mudah saja ditakut-takuti dan ditipu
orang yang tidak bertanggung jawab.
|
|||||
17.
|
Sebanyak 15
orang tewas dalam bencana tanah longsor dan banjir di Kecamatan Purworejo dan
Kecamatan Bagelan, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, sekitar 53 km dari Kota
Yogyakarta. Longsor yang terjadi hari Kamis (29/1) malam sekitar pukul 22.00
itu juga menghabiskan sedikitnya 10 rumah dan 3 mobil. Dengan kejadian ini,
banyak kelompok LSM mengecam pihak tertentu yang melakukan penebangan hutan
secara liar.
(Kompas,
30 Januari, 2004)
pernyataan kritikan atas
bencana tersebut yang disertai alasan logis terdapat pada kalimat……..
|
|||||
a.
|
Saya sangat sependapat dengan kecaman LSM.
|
|||||
b.
|
Saya kurang sependapat dengan kecaman LSM yang tidak
memberi solusi.
|
|||||
c.
|
Pelaku penebangan hutan secara liar harus dikenai sanksi
karena merusak lingkungan yang menyebabkan bencana longsor.
|
|||||
d.
|
LSM pekerjaannya hanya dapat mengecam setelah bencana
terjadi.
|
|||||
e.
|
Pelaku penebangan hutan secara liar harus diberi sanksi
dengan tegas.
|
|||||
18.
|
Berikut ini merupakan pernyataan dukungan, kecuali…
|
|||||
a.
|
Saya sependapat dengan keputusan pemerintah yang
menghentikan impor daging sapi dari AS karena untuk mencegah penularan
penyakit sapi gila.
|
|||||
b.
|
Kita mendukung keputusan menghentikan impor daging sapi
dari AS.
|
|||||
c.
|
Saya sependapat dan mendukung keputusan pemerintah
menghentikan impor daging sapi karena untuk melindungi peternak dalam negeri.
|
|||||
d.
|
Penyakit sapi gila dapat menular pada manusia. Oleh karena
itu, keputusan pemerintah menghentikan impor disambut baik.
|
|||||
e.
|
Sebaiknya pemerintah tidak buru-buru menghentikan impor
daging dari AS.
|
|||||
19.
|
Pokok informasi paragraf pada nomor 17 adalah……..
|
|||||
a.
|
Longsor dan banjir di Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah,
menewaskan
|
|||||
b.
|
Longsor itu terjadi pada hari Kamis (29/1) malam pukul 22.00
|
|||||
c.
|
Kelompok LSM mengecam pihak tertentu yang melakukan
penebangan hutan secara liar.
|
|||||
d.
|
Penyebab longsor di Purworejo adalah penebangan hutan
secara liar.
|
|||||
e.
|
Letak Kabupaten Purworejo sekitar 53 km dari
|
|||||
20.
|
|
|||||
Berdasarkan tabel di atas
dapat disimpulkan bahwa…..
|
||||||
a.
|
semakin lama nilai semakin turun
|
|||||
b.
|
tidak ada perkembangan
|
|||||
c.
|
berkembang biasa
|
|||||
d.
|
semakin lama nilainya tetap.
|
|||||
e.
|
semakin lama nilai ulangan semakin tinggi
|
|||||
21.
|
Padamu jua
…
Satu
kekasih
Aku
manusia
Rindu
rasa
Rindu
rupa
Di
mana Engkau
Rupa
tiada
Suara
sayub
Hanya
kata rangkai hati
(Amir
Hamzah)
Tema puisi di atas
adalah…….
|
|||||
a.
|
Kerinduan kepada Tuhan
|
|||||
b.
|
Penderitaan yang dalam
|
|||||
c.
|
Kesedihan seseorang
|
|||||
d.
|
Penderitaan yang mendalam
|
|||||
e.
|
Kesunyian yang mencekam
|
|||||
22.
|
Kemudian, ia
sampai pada pemikiran bahwa yang jauh tetaplah di kejauhan. Yang dekat
tetaplah pada kedekatan, kecuali yang jauh itu mendekat atau yang dekat itu
menjauh. Miliknya akan tetap miliknya, kecuali ia rebut atau ia lepaskan.
Begitu pun yang bukan miliknya akan menjadi miliknya jika merebutnya atau
menerimanya dari orang lain.
Kenangan dan
imajinasi akan tetap seperti apa adanya. Dan kenyataan adalah di mana
kita berada. Lalu, bocah itu tersenyum
dengan penuh kemenangan. Kemenangannya atas sang nasib yang kini tidak akan
bisa lagi mereng-gut kebahagiaannya.
(“Hujan”,
Yeni Puspyta)
tema penggalan cerpen di atas adalah…..
|
|||||
a.
|
sesuatu yang jauh tidak akan ada pernah dekat.
|
|||||
b.
|
pasang surut nasib seseorang.
|
|||||
c.
|
nasih harus diperjuangkan.
|
|||||
d.
|
tidak menyerah pada nasib.
|
|||||
e.
|
kita harus menerima kenyataan hidup.
|
|||||
23.
|
Ibu, barangkali Atik tidak akan terus bekerja di
Kementerian Luar Negeri. Dalam gelap suara berisik itu terasa seperti angin
malam, aku ingin meneruskan pekerjaan ayah di Dinas kehutanan.
Penggalan cerpen tersebut didominasi unsur intrinsik……
|
|||||
a.
|
setting
|
|||||
b.
|
Watak
|
|||||
c.
|
Alur
|
|||||
d.
|
tema
|
|||||
e.
|
Amanat
|
|||||
24.
|
Dan sebentar lagi Bejo ulang tahun.
Tayib dan Kartini pun tahu. Mereka tahu, tapi mereka tidak punya apa-apa
untuk itu. Sementara Bejo tampak selalu riang, ke mana-mana selalu bercerita
kepada teman-temannya bahwa ia akan berulang tahun, akan ada makan-makan,
akan mengundang teman-teman. Berulang kali Bejo bertanya pada Toyib, Kartini,
dan si mbahnya dan mereka selalu
mengiyakan dengan tegas dan meyakinkan, padahal hati mereka tertikam oleh
jawaban yang keluar dari mulut mereka.
(“Ulang Tahun Itu”, Gusti
Harselo Age)
Amanat cerpen diatas adalah ….
|
|||||
a.
|
Kasih sayang orang tua kepada
anak
|
|||||
b.
|
Tidak perlu berbohong kepada
anak.
|
|||||
c.
|
Berikan kasih kepada anak.
|
|||||
d.
|
Hubungan orang tua dengan anak.
|
|||||
e.
|
Jangan di tunda-tunda.
|
|||||
25.
|
“Cepaaaat! Masa waktu tinggal sepuluh menit, kita
baru mengerjakan tiga buah soal?” kata Desi.
“Kalian,
sih, membuat soal yang aneh-aneh,”jawab Lussie.
”Aku tidak
tahu-tahu!” kata Desi, “yang penting harus selesai!”
watak Desi pada penggalan
cerpen tersebut ialah……
|
|||||
a.
|
Cari perhatian orang lain.
|
|||||
b.
|
Baik hati dan penyabar
|
|||||
c.
|
Pendiam dan cengeng
|
|||||
d.
|
Mudah marah dan suka mengkritik
|
|||||
e.
|
Pemarah dan tidak sabaran
|
|||||
26.
|
Nama majalah : Horison
Judul Artikel : Pencinta Negeri yang bertepuk sebelah
tangan
Penulis : Agus R. Sarjono
Tanggal terbit : Tahun XXXVI, No.8/Agustus 2002
Penulisan daftar pustaka yang
benar dari sumber di atas adalah…….
|
|||||
a.
|
Agus R.S. “Pencinta Negeri yang
Bertepuk Sebelah Tangan,” Horison, No.8 Tahun XXXVI,
Agustus 2002.
|
|||||
b.
|
Sarjono, A.R. “Pencinta Negeri
yang Bertepuk Sebelah Tangan,” Horison, No.8 Tahun XXXVI, Agustus 2002.
|
|||||
c.
|
Agus R.S. “Pencinta Negeri
yang Bertepuk Sebelah Tangan,” Horison, No.8 Tahun XXXVI, Agustus 2002.
|
|||||
d.
|
Sarjono, A.S. “Pencinta Negeri
yang Bertepuk Sebelah Tangan,” Horison, No.8 Tahun XXXVI, Agustus 2002.
|
|||||
e.
|
Agus R.S. Pencinta Negeri yang
Bertepuk Sebelah Tangan, Horison, No.8 Tahun XXXVI, Agustus 2002.
|
|||||
27.
|
Kejadian begitu cepat. Aku pulang pukul 12.00
siang. Pukul 12.15, aku parkir motorku di halaman sekolah, lalu berlari ke
tempat fotokopi. Pukul 12.20 selesailah KTP-ku difotokopi. Pukul 12.22 aku
sudah sampai kembali ke tempat parkir motor. Dan, motorku sudah lenyap. Hanya
kutinggalkan tujuh menit.
Paragraf diatas termasuk karangan…..
|
|||||
a.
|
Narasi
|
|||||
b.
|
Persuasi
|
|||||
c.
|
argumentasi
|
|||||
d.
|
Eksposisi
|
|||||
e.
|
Deskripsi
|
|||||
28.
|
Beberapa pohon didalam kebun tidak berbunga
seperti tanaman lainnya. Padahal, pohon tersebut selalu disiram dan diberikan
pupuk. Apa yang menyebabkan hal tersebut terjadi? Ternyata pohon tersebut
tidak mendapatkan cahaya matahari karena terhalang pohon besar yang berada di
pinggir pagar.
Bacaan tersebut
diklasifikasikan ke dalam bentuk penalaran…..
|
|||||
a.
|
Induksi sebab-akibat 1 dan 2
|
|||||
b.
|
Induksi generalisasi
|
|||||
c.
|
Induksi analogi
|
|||||
d.
|
Induksi sebab-akibat
|
|||||
e.
|
Induksi akibat-sebab
|
|||||
29.
|
Keprihatinan saat ini muncul
sebab tamatan Sekolah Menengah Atas dilecehkan masyarakat, sedangkan dunia
usaha tidak dapat memanfaatkan mereka lantaran mereka dianggaptidak dapat
memenuhi kualifikasi yang ditentukan. …………setiap sekolah harus mampu mengasah
ketrampilan siswa agar lulusannya sesuai dengan permintaan pasar.
Kata hubung antarkalimat yang
tepat untuk mengisi rumpang di atas adalah……
|
|||||
a.
|
Sehingga
|
|||||
b.
|
Tetapi
|
|||||
c.
|
Maka
|
|||||
d.
|
Karena
|
|||||
e.
|
Oleh karena itu
|
|||||
30.
|
Setiap tanggal 17 Agustus,
rakyat
Penggunaan inbuhan memper-/-i
dalam paragraph di atas terdapat pada kalimat ke…..
|
|||||
a.
|
Pertama
|
|||||
b.
|
Kedua
|
|||||
c.
|
Ketiga
|
|||||
d.
|
Keempat
|
|||||
e.
|
Keliama
|
|||||
31.
|
Pernyataan yang tidak sesuai
dengan penulisan resensi adalah…..
|
|||||
a.
|
Bagaimana karakteristik buku
tersebut?
|
|||||
b.
|
Mengapa Anda membeca buku
tersebut?
|
|||||
c.
|
Bagaimana kualitas buku
tersebut?
|
|||||
d.
|
Siapa penulisnya?
|
|||||
e.
|
Kalangan apa yang pantas
membaca buku tersebut?
|
|||||
32.
|
Makna imbuhan memper-/-i pada kat memperingati adalah……
|
|||||
a.
|
Memberi
|
|||||
b.
|
Mengadakan sesuatu
|
|||||
c.
|
Memyebebkan sesuatu
|
|||||
d.
|
Melakukan
|
|||||
e.
|
Membuat jadi
|
|||||
33.
|
Pengarang amat cermat memberikan gambaran tentang
watak. Watak cerita si Teto (anak kolong yang dilahirkan di Garnisun
Magelang) yang beringasa dilukiskan dengan kenakalan, keberanian, kenekatan,
sinis, dan sarkastis, tetapi juga romantis. Si teto, yang kaya perasaan dan
emosi, kecewa dan geram terhadap Belanda yang harus kalah dan terpaksa kagum
kepada pemimpin-pemimpin republik yang dianggapnya kampungan.
Penggalan resensi novel Burung-Burung
Manyar karya Y.B. mangunwijaya di atas mengulas……
|
|||||
a.
|
Perwatakan
|
|||||
b.
|
Tema
|
|||||
c.
|
Alur
|
|||||
d.
|
Amanat
|
|||||
e.
|
Latar
|
|||||
34.
|
Robert (37 tahun), Senin malam
lalu, dipukuli oleh tiga pemuda di sebuah rumah di jalan A. Yani,
|
|||||
Tanggapan yang logis dari
ilustrasi tersebut adalah…..
|
||||||
a.
|
Wajar saja jka Robert kalah karena hanya seorang dan tidak
mengkin melawan tiga orang.
|
|||||
b.
|
Percuma saja hal itu dilaporkan pada polisi karena tidak
mungkin pelakunya ditemukan.
|
|||||
c.
|
Sebaiknya Robert melawan penjahat itu dengan kemampuan
beladiri yang dikuasainya.
|
|||||
d.
|
Mengapa Robert ingin berkenalan dengan orang yang tidak
dikenal?
|
|||||
e.
|
Perlakuan semacam itu biasa terjadi di negara kita dan
tidak perlu dilaporkan kepada polisi.
|
|||||
35.
|
Pada hari Selasa (23/12),
Gubernur Sutiyoso melakukan memberlakukan “3 in I” plus. Artinya,
memberlakukan perluasan kawasan pembatasan penumpang (KPP) atau tree in one plus
yang pagi-sore. Padahal, three in one sebelunya pun dinilai tidak
efektif. Entah terpengaruh teduh dan tenangnya hari libur
(Kompas, 27
Desember 2003)
Pernyataan kritik yang tidak sesuai dengan isi paragraf di
atas adalah……
|
|||||
a.
|
Saya kurang sependapat dengan kebijaksanaan Penprov DKI
yang malakukan three in one plus karena sebelumnya pun tidak
efektif.
|
|||||
b.
|
Menurut Saya, pemberlakuan three in one plus itu
kurang tepat karena kemacetan terjadi hmpir di semua ruas jalan di
|
|||||
c.
|
Pemberlakuan three in one plus kurang mendapat
sambutan dari masyarakat.
|
|||||
d.
|
Saya sangat tidak sependapat dengan kebijaksanaan
pemerintah DKI yang buru-buru meluncurkan sistem busway karena
prasarananya belum dibangun.
|
|||||
e.
|
Pemberlakuan three in one plus tidak akan berpengaruh banyak dalam mengurangi
kemacetan.
|
|||||
36.
|
Pernyataan dukungan terdapat
pada kalimat…..
|
|||||
a.
|
Bagaimana pun akan Saya dukung
jika Adik saya menjadi caleg.
|
|||||
b.
|
Agar memperoleh suara
terbanyak, pasti kita harus mendaptkan dukungan dari arus bawah.
|
|||||
c.
|
Saya sependapat denganpernyataan
presiden ketika pidatoh di Gedung DPR.
|
|||||
d.
|
Saya sependapat jika
pernyataannya masuk akal.
|
|||||
e.
|
Saya kurang sependapat dengan pernyataan penyaji yang
kurang didukung fakta.
|
|||||
37.
|
Pokok informasi paragraf nomor
35 adalah…..
|
|||||
a.
|
Gubernur Sutiyoso meberlakukan three in one plus
|
|||||
b.
|
Kawasan three in one plus diperluas
|
|||||
c.
|
Di Jakarta diberlakukan kawasan pembatasan penumpang.
|
|||||
d.
|
Three in one plus sebelumnya tidak efektif
|
|||||
e.
|
Pemberlakuan three in one plus ditanggapi dengan
tenang.
|
|||||
38.
|
Kerajaan Pasir Batang
diperintah raja yang adil bijaksana. Prabu Tapa Agung namanya. Beliau dianugrahitujuh orang
putri. Berturut-turut mereka itu adalah Purbararang, Purbadewata, Purbaendah,
Purbakancna, Purbamanik, Purbaleuwih, dan si bungsu Purbasari. Ketujuh putrid
itu sudah meningkat remaja dan semuanya cantik. Yang paling cantik dan paling
manis budinya adalah Purbasari.
Prabu Tapa Agung, walaupun
sudah lanjut usia dan sudah saatnya turun tahta, belum merasa leluasa untuk
menyerahkan mahkota.Purbararang, putrid sulungnya belum dapat beliau percayai
sepenuhnya. Sang Prabu merasa bahwa sebagai putrid sulung, perangai
perbararang tidak sesuai dengan yang diharapkandari seorang pemimpin
kerajaan. Purbararang punya sifat angkuhdan kejam, sedangkan Indrajaya,
tunangannya adalah seorang pesolek. Bangsawan muda itu akan lebih banyak
memikirkan pakaian dan perhiasan dirinya daripada mengurus keamanan dan
kesejahteraan rakyat.
(Lutung
Kasarung, Cerita Rakyat dari Jawa Barat)
amanat yang tepat dalam kutipan
cerita rakyat di atas adalah………
|
|||||
a.
|
Negara membutuhkan pemimpin
yang jujur dan baik hati.
|
|||||
b.
|
Seorang pemimpin harus memiliki
sifat sederhana.
|
|||||
c.
|
Jangan memberikan jabatan
pemimpin kepada orang yang buruk perangainya.
|
|||||
d.
|
Jangan percaya kepada orang
yang angkuh, kejam dan sombong.
|
|||||
e.
|
Seornag pemimpin harus
bijaksana.
|
|||||
39.
|
Konsumsi 4 sehat
5 sempurna
Pernyataan yang paling tepat berdasarkan grafik di atas
adalah …
|
|||||
a.
|
Masyarakat yang tidak pernah mengonsumsi makanan 4 sehat 5
sempurnasebelum krisis jauh lebih banyak dari pada sesudah krisis.
|
|||||
b.
|
Masyarakat yang tidak setipa hari mengonsumsi makanan 4
sehat 5 sempurna persentasenya paling tinggi, baik sesudah maupun sebelum
krisis.
|
|||||
c.
|
Masyarakat yang setipa hari makan 4 sehat 5 sempurna
meningkat 9% setelah krisis.
|
|||||
d.
|
Masyarakat yang tidak pernah makan 4 sehat 5 sempurna
menurun 3 % sesudah krisis.
|
|||||
e.
|
Masysrakat yang tidak setiap hari makan 4 sehat 5 sempurna
sebelum krisis jauh lebih tinggi 6 % dibandingkan sesudah krisis.
|
|||||
40.
|
Makna imbuhan ke-/-an pada kata ketiduran dalam kalimat diatas
adalah…..
|
|||||
a.
|
Menyatakan tempat
|
|||||
b.
|
Menyatakan proses
|
|||||
c.
|
Menyatakan hal
|
|||||
d.
|
Menyatkan sesuatu
|
|||||
e.
|
Menyatakan tidak disengaja
|
|||||
41.
|
…… tumbuhan, termasuk bangsa rumput yang
menrupakan pengganggu bagi tanaman. Istilah pertanian yang tepat digunakan
untuk rumpang kalimat di atas adalah . . . .
|
|||||
a.
|
gulma
|
|||||
b.
|
||||||
c.
|
wereng
|
|||||
d.
|
pestisida
|
|||||
e.
|
Herbisida
|
|||||
42.
|
Kata yang menggunakan imbuhan asing terdapat pada kalimat
. . . .
|
|||||
a.
|
Mereka melakukannya dengan penuh kesadaran.
|
|||||
b.
|
Waktu mudany produktif.
|
|||||
c.
|
Presiden membuka pameran produk dalam negeri
|
|||||
d.
|
PT Pindad tidak hanya membuat peralatan militer.
|
|||||
e.
|
Apapun yang kita lakukan harus sah secara hokum.
|
|||||
43.
|
Tirani
Tirani
adalah kata
Yang
melahirkan banyak pengertian
Yang tak
berkata
Tirani adalah pikiran
Yang dipindahkan kedalam slogan
Yang merantau pikiran
Tirani
adalah kebebasan
Di tengah
Yang
melimpahkan kebebasan
Tirani adalah kekuasaan
Yang bertahta di atas segala penggelapan
Yang menimbulkan kekuasaan
(Bur Rasuanto)
Puisi di atas bertema . . . .
|
|||||
a.
|
kekuasaan
|
|||||
b.
|
kezaliman
|
|||||
c.
|
kemunafikan
|
|||||
d.
|
kebebasan
|
|||||
e.
|
kritik social
|
|||||
44.
|
“Ya, caranya
bermacam-macam, tetapi juga harus dengan cara hati-hati dan baik-baik,
misalnya bertanya kepada pemimpin perusahaan mengenai masalah itu. Akan
tetapi, ingat! Jangan disampaikan dalam bentuk ramai-ramai atau unjuk rasa
sebab nanti bisa meresahkan masyarakat,” jawab Maman.
“Iya …yah,
tetapi siapa yang berani jadi perwakilan kita ? Sebab tentu dia pun takut
dianggap yang bukan-bukan sehingga dikeluarkan dari perusahaan,” kata Ahmad.
“Memang
itulah kekhawatiran kita. Mau berniat baik menuntut hak sebagai pekerja,
kadang-kadang dianggap sebagai penghasut dan perusak ketenangan kerja dan
perusak ketenangan kerja dan lain-lain,” desah Hadi.
Tema cerpen di atas adalah . . . .
|
|||||
a.
|
demontrasi
|
|||||
b.
|
menuntut keadilan
|
|||||
c.
|
unjuk rasa
|
|||||
d.
|
keadilan
|
|||||
e.
|
Keberanian
|
|||||
45.
|
“Sudahlah, Tin, tidak apa-apa, toh,
sakit Bejo belum lama. Jangan berpikir yang macam-macam. Kita butuh uang biar
besok Bejo bisa langsung dibawa ke dokter. Kebutuhan kita,
“Tapi, Kang.
“ Sudah, jaga Bejo baik-baik.
Percaya saja sama yang kuasa,” kata Toyib sambil mencium istrinya dan
kemudian Bejo.
(“Ulang Tahun Itu “, Gusti
Harselo Age)
Amanat yang terdapat dalam
cerita pendek diatas adalah . . . .
|
|||||
a.
|
Uang segalanya bagi mereka.
|
|||||
b.
|
Kita sangat tergantung pada dokter.
|
|||||
c.
|
Kebutuhan manusia bermacam-macam.
|
|||||
d.
|
Kita harus yakin akan kuasa Tuhan.
|
|||||
e.
|
Jika sakit masih baru, kita tidak perlu ke dokter.
|
|||||
46.
|
“Aku tidak mau melihatmu menangis,”
ucap Michel. Aku tidak menjawab, hanya menggelengkan kepala.
Satu setengah bulan. Apakah yang bisa
terjadi dalam jangka waktu selama itu? Dunia begitu beragam dan padat oleh
serba macam peristiwa. Tiba-tiba aku tidak bisa menahan tangisku. Aku takut.
Sekali lagi aku takut akan kehilangan seseorang yang telah mendapat tempat
dihatiku. Bibirku gemetar dan mataku memanas.
Watak tokoh Michel dalam cerita
di atas, kecuali . . . .
|
|||||
a.
|
lembut
|
|||||
b.
|
tenang
|
|||||
c.
|
sabar
|
|||||
d.
|
emosional
|
|||||
e.
|
Setia
|
|||||
47.
|
Tuan puteri
memandang ke dayang kipas itu. Kesepuluhnya menyembah, lalu mengundurkan diri
mengisut ke belakang perlahan-lahan. Bangkitlah Mak Inang, lalu duduk di tepi
tilak tujuh bertindih, lalu mengumpulkan bunga melur yang terselit-selit di
surau tuan puteri itu.
Nilai yang ada pada cerita klasik tersebut adalah . . . .
|
|||||
a.
|
Nilai sosial
|
|||||
b.
|
Nilai moral
|
|||||
c.
|
Nilai budaya
|
|||||
d.
|
Nilai agama
|
|||||
e.
|
Nilai pendidikan
|
|||||
48.
|
Maut tidak memandang umur, baik
tua maupun muda pasti akan mati.
Pribahasa yang tepat untuk
pernyataan diatas ialah . . . .
|
|||||
a.
|
Seperti api dalam sekam
|
|||||
b.
|
Bunga gugur putik pun gugur
|
|||||
c.
|
Bayang-bayang sepanjang badan
|
|||||
d.
|
Besar pasak daripada tiang
|
|||||
e.
|
Habis manis sepah dibuang
|
|||||
49.
|
Topik yang tidak dapat
dikembangkan menjadi karangan narasi adalah . . . .
|
|||||
a.
|
Kronologis tertangkapnya kelompok Jamaah Islamiah
|
|||||
b.
|
Biografi Soekarno
|
|||||
c.
|
Cerita Gunung Tangkupan Perahu
|
|||||
d.
|
Kronologis tragedy Mina di Saudi
|
|||||
e.
|
Pendapat para ahli tentang prospek ekonomi
|
|||||
50.
|
Panen merupakan masa yang
ditunggu-tunggu oleh petani. Bagi petani cokelat, buah yang akan dipanen
adalah buah yang sudah masak dan ditandai dengan perubahan warna. Buah muda
yang berwarna hijau akan berwarna kuning jika telah masak. Sejak terbentuknya
buah sampai masak, dibutuhkan waktu lebih kurang enam bulan. Umumnya,
pertumbuhan buah menjadi sempurna setelah 143 hari dan masak setelah 170
hari.
Intisari bacaan di atas adalah
. . . .
|
|||||
a.
|
Buah cokelat boleh dipanen jika sudah matang (berwarna
kuning atau oranye)
|
|||||
b.
|
Buah cokelat yang masak berumur 170 hari
|
|||||
c.
|
Pemetikan buah cokelat harus dilakukan dengan pisau yang
tajam agar tidak merusak pertumbuhan
|
|||||
d.
|
Buah dipetik jika betul-betul sudah masak agar kadar
gulanya tidak berkurang.
|
|||||
e.
|
Buah cokelat boleh dipanen jika benar-benar sudah masak,
berwarna kuning atau oranye, atau yang sudah berumur 170 hari agar kadar
gulanya tidak berkurang
|
|||||
0 Komentar untuk "Soal Bahasa Indonesia Kelas X (2)"