LEMBARAN
SOAL
Mata Pelajaran :
BAHASA INDONESIA
Sat. Pendidikan : SMA
Kelas
/ Program : X (SEPULUH)
PETUNJUK UMUM
1.
Tulis nomor dan nama Anda pada lembar
jawaban yang disediakan
2.
Periksa dan bacalah soal dengan teliti
sebelum Anda bekerja
3.
Kerjakanlah soal anda pada lembar
jawaban
4.
Gunakan waktu dengan efektif dan
efisien
5.
Periksalah pekerjaan anda sebelum
diserahkan kepada Pengawas
SOAL :
1.
|
Kebutuhan hidup sehari-hari
setiap keluarga dalam masyarakat tidaklah sama. Hal ini sangat tergantung dari
besarnya penghasilan setiap keluarga. Keluarga yang berpenghasilan rendah,
kebutuhan pokoknya sulit terpenuhi,
Lain halnya dengan yang berpenghasilan tinggi. Mereka dapat
menyumbangkan sebagian penghasilannya untuk pembangunan tempat-tempat
beribadah atau untuk kegiatan sosial lainnya. Tempat-tempat ibadah memang
perlu bagi masyarakat. Pada umumnya tempat-tempat ibadah ini dibangun secara
gotong royong dan sangat mengandalkan sumbangan para dermawan. Perbedaan
penghasilan yang besar dalam masyarakat telah menimbulkan jurang pemisah
antara si kaya dan si miskin.
Ide pokok paragraf di atas adalah …
|
|||||||||||||||||||||
a.
|
Perbedaan penghasilan si kaya
dan si miskin.
|
|||||||||||||||||||||
b.
|
Kebutuhan pokok
keluarga pada umumnya.
|
|||||||||||||||||||||
c.
|
Penghasilan suatu keluarga
|
|||||||||||||||||||||
d.
|
Pembangunan tempat-tempat sosial
|
|||||||||||||||||||||
e.
|
Pembangunan sarana ibadah
|
|||||||||||||||||||||
2.
|
Tugas seorang konduktor pada
pergelaran orkestra di negara-negara Barat berbeda dengan kebanyakan
konduktor pergelaran orkestra di Indonesia. Konduktor pergelaran orkestra di
negara Barat bertanggung jawab penuh pada kualitas musik orkestra yang
ditampilkan. Syarat utama menjadi konduktor tentu secara musikal harus
memiliki wawasan yang luas, baik secara teoritis maupun praktis. Berbeda
dengan konduktor di Indonesia, konduktor untuk orkestra khususnya yang bersifat
populer, pada umumnya tidak mempunyai latar belakang akademis. Kebanyakan
konduktor masih bekerja rangkap sebagai praproduksi dan produksi pergelaran.
Berdasarkan penempatan atau peletakan kalimat utamanya, paragraf di atas
termasuk jenis paragraf …
|
|||||||||||||||||||||
a.
|
Analogi
|
|||||||||||||||||||||
b.
|
Sebab-akibat
|
|||||||||||||||||||||
c.
|
Campuran
|
|||||||||||||||||||||
d.
|
Induksi
|
|||||||||||||||||||||
e.
|
Deduksi
|
|||||||||||||||||||||
3.
|
Selama ini
waktu memang belum dianggap sebagai sumber daya perusahaan. Sumber daya
perusahaan saat ini hanya difokuskan pada uang, bahan
Kalimat lanjutan yang cocok untuk paragraf di atas adalah
…
|
|||||||||||||||||||||
a.
|
Bahkan sebagian
orang mengatakan waktu adalah uang
|
|||||||||||||||||||||
b.
|
Bahkan tragisnya, tidak ada pihak yang merasa dirugikan
jika waktu tidak dimanfaatkan dengan baik.
|
|||||||||||||||||||||
c.
|
Bahkan anehnya,
pemborosan waktu banyak orang antusias
|
|||||||||||||||||||||
d.
|
Padahal sekalipun waktu sedikit tidak di manfaatkan begitu
saja
|
|||||||||||||||||||||
e.
|
Padahal pada era globalisasi seperti sekarang ini uang,
mesin, dan bahkan bahan
|
|||||||||||||||||||||
4.
|
…………………………………………………………………
yang menjadi objek penelitian daerah pertanian
sayur-mayur. Petani yang dijadikan responden sebanyak 50 orang. Kehidupan
petani pada umumnya cukup memadahi. Mudah-mudahan pada masa yang akan datang,
para petani lebih sejahtera.
Kalimat utama untuk melengkapi paragraf di atas adalah …
|
|||||||||||||||||||||
a.
|
Penghidupannya sebagai petani sudah turun-temurun
|
|||||||||||||||||||||
b.
|
||||||||||||||||||||||
c.
|
Umumnya di daerah Cipanas,
penduduknya bertani
|
|||||||||||||||||||||
d.
|
Penelitian diadakan pada bulan Juni, di daerah Cipanas
|
|||||||||||||||||||||
e.
|
Penelitian menghabiskan dana
delapan juta rupiah
|
|||||||||||||||||||||
5.
|
Penulisan kata tidak baku terdapat pada kalimat …
|
|||||||||||||||||||||
a.
|
Varietas baru di bidang pertanian banyak
ditemukan para ahli melalui bioteknologi
|
|||||||||||||||||||||
b.
|
Ia memilih menjadi ibu rumah tangga daripada menjadi
wanita karier
|
|||||||||||||||||||||
c.
|
Antusias para pengunjung dapat dilihat dari antrian
yang panjang di depan pintu masuk gedung pertunjukan itu
|
|||||||||||||||||||||
d.
|
||||||||||||||||||||||
e.
|
Pada hakikatnya kemajuan teknologi di segala bidang
mempunyai pengaruh positif dan negative
|
|||||||||||||||||||||
6.
|
Penulisan kata baku terdapat pada kalimat …
|
|||||||||||||||||||||
a.
|
Penyusunan karya ilmiah harus menggunakan sistimatika yang benar
|
|||||||||||||||||||||
b.
|
Setiap nasehat yang baik
harus diterima dengan senang hati
|
|||||||||||||||||||||
c.
|
Obat generik dapat dibeli di
setiap apotik di sekitar kita
|
|||||||||||||||||||||
d.
|
Ia rajin mengikuti aktifitas di sekolah
|
|||||||||||||||||||||
e.
|
Keluarga Amir rajin mengikuti
senam aerobik setiap hari Minggu
|
|||||||||||||||||||||
7.
|
Kalimat di bawah ini yang frase
ambigu adalah …
|
|||||||||||||||||||||
a.
|
Ayu seorang penari mancanegara
|
|||||||||||||||||||||
b.
|
Lukisan Affandi dipamerkan di ruang pamer musium
|
|||||||||||||||||||||
c.
|
Masalh ganti
rugi tanah sudah diselesaikan
|
|||||||||||||||||||||
d.
|
Dicari seorang sopir berpengalaman
|
|||||||||||||||||||||
e.
|
Kucing makan
ikan yangada di dapur
|
|||||||||||||||||||||
8.
|
Kalimat yang menggunakan frase atribut berimbuhan terdapat
pada …
|
|||||||||||||||||||||
a.
|
Murid baru itu sangat pandai
|
|||||||||||||||||||||
b.
|
Ayu membaca buku cerita pendek
|
|||||||||||||||||||||
c.
|
Busana
wanita itu dirancang
sedemikian rupa
|
|||||||||||||||||||||
d.
|
Majalah bergambar itu disenangi anak-anak
|
|||||||||||||||||||||
e.
|
Pupuk tablet tidak mudah menguap
|
|||||||||||||||||||||
9.
|
Jika anda ingin
tetap bersuara vokal, janganlah merokok secara berlebihan. Sebab, hasil
penelitian menunjukkan rokok dapat menyebabkan disfonia. Tanda-tanda disfonia
ini antara lain suaranya berubah. Dan jika gangguan itu serius, bisa
menimbulkan kanker pita suara yang dapat membuat Anda jadi bisu. Penanganannya tergantung pada
stadiumnya.
Berdasarkan
tujuan pengembangan paragraf di atas termasuk karangan …
|
|||||||||||||||||||||
a.
|
Narasi
|
|||||||||||||||||||||
b.
|
Deskripsi
|
|||||||||||||||||||||
c.
|
Eksposisi
|
|||||||||||||||||||||
d.
|
Argumentasi
|
|||||||||||||||||||||
e.
|
Persuasi
|
|||||||||||||||||||||
10.
|
(1)
|
Kebutuhan ada
bermacam-macam, antara lain kebutuhan jasmani dan rohani
|
||||||||||||||||||||
(2)
|
Hendaknya kita dapat menjaga keseimbangan dalam memenuhi
kebutuhan itu
|
|||||||||||||||||||||
(3)
|
Kebutuhan
jasmaniah, meliputi makanan, minuman, pakaian, tempat tinggal, dan sebagainya
|
|||||||||||||||||||||
(4)
|
Kebutuhan
rohani meliputi kasih sayang, perhatian, ketenangan batin dan sebagainya
|
|||||||||||||||||||||
(5)
|
Setiap manusia mempunyai kebutuhan
|
|||||||||||||||||||||
Kalimat-kalimat
di atas dapat disusun dengan menggunakan pola pengembangan umum – khusus,
dengan urutan …
|
||||||||||||||||||||||
a.
|
1, 2, 3, 4, dan 5
|
|||||||||||||||||||||
b.
|
2, 3, 4, 5, dan 1
|
|||||||||||||||||||||
c.
|
3, 4, 5, 1, dan 2
|
|||||||||||||||||||||
d.
|
5, 1, 2, 3, dan 4
|
|||||||||||||||||||||
e.
|
5, 1, 3, 4, dan 2
|
|||||||||||||||||||||
11.
|
Pagi itu, aku
duduk di bangku panjang disamping kolam ikan. Matahari belum tinggi benar,
baru sepenggal. Sinar matahari pagi menghangatkan badan dan mengusir dingin.
Di timur
Paragraf di atas termasuk kedalam jenis karangan …
|
|||||||||||||||||||||
a.
|
narasi
|
|||||||||||||||||||||
b.
|
deskripsi
|
|||||||||||||||||||||
c.
|
eksposisi
|
|||||||||||||||||||||
d.
|
argumentasi
|
|||||||||||||||||||||
e.
|
persuasi
|
|||||||||||||||||||||
12.
|
Karangan yang
menggunakan contoh ilustrasi dan analogi disebut karangan …
|
|||||||||||||||||||||
a.
|
deskripsi
|
|||||||||||||||||||||
b.
|
narasi
|
|||||||||||||||||||||
c.
|
Eksposisi
|
|||||||||||||||||||||
d.
|
argumentasi
|
|||||||||||||||||||||
e.
|
persuasi
|
|||||||||||||||||||||
13.
|
Pernyataan yang tepat berkaitan dengan penggunaan EYD pada
paragraf soal nomor sebelas adalah …
|
|||||||||||||||||||||
a.
|
Penulisan gunung Ciremai seharusnya Gunung
Ciremai
|
|||||||||||||||||||||
b.
|
Ciptaan illahi seharusnya ciptaan-Nya
|
|||||||||||||||||||||
c.
|
Penulisan di
samping kolam seharusnya disamping kolam
|
|||||||||||||||||||||
d.
|
Ciptaan
Illahi seharusnya Ciptaan
Allah
|
|||||||||||||||||||||
e.
|
Di timur seharusnya di Timur
|
|||||||||||||||||||||
14.
|
Perhatikan
istilah pertanian di bawah ini!
|
|||||||||||||||||||||
(1)
|
reboisasi
|
|||||||||||||||||||||
(2)
|
terasering
|
|||||||||||||||||||||
(3)
|
eksploitasi
|
|||||||||||||||||||||
(4)
|
gambut
|
|||||||||||||||||||||
(5)
|
Erosi
|
|||||||||||||||||||||
Istilah di atas
dapat disusun dalam kamus dengan urutan …
|
||||||||||||||||||||||
a.
|
4, 3, 5, 2, 1
|
|||||||||||||||||||||
b.
|
4, 5, 3, 1, 2
|
|||||||||||||||||||||
c.
|
3, 4, 5, 1, 2
|
|||||||||||||||||||||
d.
|
3, 5, 4, 1, 2
|
|||||||||||||||||||||
e.
|
5, 4, 3, 1, 2
|
|||||||||||||||||||||
15.
|
Sejak kecil aku gemar menari. Aku sering
diajak ibu ke sanggar tarinya. Tidak jarang ibu mengajariku menari bersama
murid-muridnya. Selain itu,
ayah juga mengajariku disiplin mengikuti latihan tari. Oleh karena itu, ……..
Kata yang logis untuk melengkapi paragraf di atas adalah …
|
|||||||||||||||||||||
a.
|
aku terus rajin
berlatih menari
|
|||||||||||||||||||||
b.
|
aku berhasil menjadi
salah seorang penari nasional
|
|||||||||||||||||||||
c.
|
aku sering
diberi hadiah setiap habis menari
|
|||||||||||||||||||||
d.
|
aku mendapat
fasilitas yang serba menyenangkan
|
|||||||||||||||||||||
e.
|
aku tidak pernah dipungut biaya setiap pergi keluar negeri
|
|||||||||||||||||||||
16.
|
Kata yang termasuk konjungsi antarkalimat adalah …
|
|||||||||||||||||||||
a.
|
karena
|
|||||||||||||||||||||
b.
|
sebab
|
|||||||||||||||||||||
c.
|
oleh karena itu
|
|||||||||||||||||||||
d.
|
jika
|
|||||||||||||||||||||
e.
|
Ketika
|
|||||||||||||||||||||
17.
|
Kini, warga
Diksi yang tepat untuk melengkapi kalimat di atas adalah
….
|
|||||||||||||||||||||
a.
|
angkutan
|
|||||||||||||||||||||
b.
|
bus
|
|||||||||||||||||||||
c.
|
busway
|
|||||||||||||||||||||
d.
|
kereta
|
|||||||||||||||||||||
e.
|
angkutan umum
|
|||||||||||||||||||||
18.
|
|
|||||||||||||||||||||
Berdasarkan
grafik diatas, kesimpulan yang tepat adalah …
|
||||||||||||||||||||||
a.
|
Semakin lama
harga semakin turun
|
|||||||||||||||||||||
b.
|
Harga berkembang normal
|
|||||||||||||||||||||
c.
|
Semakin lama harga semakin tidak stabil
|
|||||||||||||||||||||
d.
|
Harga berkembang biasa
|
|||||||||||||||||||||
e.
|
Harga mengalami kenaikan tetap
|
|||||||||||||||||||||
19.
|
Petunjuk Penggunaan Oralit
|
|||||||||||||||||||||
Pernyataan yang benar berdasarkan petunjuk pemakaiaan
oralit di atas adalah …
|
||||||||||||||||||||||
a.
|
Anak berumur
lima tahun harus minum 3 gelas larutan oralit sampai habis dan 1 gelas setiap
buang air besar
|
|||||||||||||||||||||
b.
|
Anak berumur di bawah satu tahun harus minum 1,5 gelas
larutan oralit sampai habis pada tiga jam pertama dan 0,5 gelas pada setiap
buang air besar
|
|||||||||||||||||||||
c.
|
Anak berumur
dua belas tahun harus minum 6 gelas larutan oralit sampai habis dan 2 gelas
setiap buang air besar
|
|||||||||||||||||||||
d.
|
Anak berumur satu tahun harus minum 1,5 gelas larutan
oralit sampai habis dan 0,5 gelas setiap buang air besar
|
|||||||||||||||||||||
e.
|
Anak sampai umur
|
|||||||||||||||||||||
20.
|
Jangka waktu
obligasi dapat ditetapkan secara bertahap, mulai dari 3 bulan, 6 bulan, 1
tahun, bahkan lebih. Jika obligasi jangka pendek menguntungkan, pasti pembeli
berminat untuk investasi jangka panjang. Menurut Desimon, pemerintah sudah
dapat menerbitkan obligasi baru pada tahun 2001 jika mekanisme yang mengatur
obligasi sudah siap
Gagasan utama
wacana diatas adalah …
|
|||||||||||||||||||||
a.
|
Obligasi jangka pendek menguntungkan
|
|||||||||||||||||||||
b.
|
Jangka waktu
obligasi dapat ditetapkan
|
|||||||||||||||||||||
c.
|
Pemerintah
sudah dapat memberikan obligasi baru tahun 2001
|
|||||||||||||||||||||
d.
|
Pembeli berminat melakukan investasi jangka panjang
|
|||||||||||||||||||||
e.
|
Menurut
Desimon, pemerintah sudah dapat menerbitkan obligasi
|
|||||||||||||||||||||
21.
|
Ilmu ekonomi sering dikaitkan dengan
uang. Jika kita belajar ekonomi, seharusnya kita bisa mengatur uang. Akan
tetapi, tidak demikian kenyataannya. Ada sarjana ekonomi yang tidak mampu
mengatur dan mengelola keuangannya. Uang bukanlah satu-satunya materi yang
dipelajari dalam ilmu ekonomi. Yang lebih penting adalah menentukan pilihan
yang tepat dalam mengambil keputusan berdasarkan pertimbangan-pertimbangan
tertentu. Hal lain yang juga menjadi fokus dalam ilmu ekonomi adalah apakah
sudah terjadi sumber daya yang efisien? Dan apa indikator-indikatornya?
Dilihat dari
penempatan gagasan utamanya, paragraf di atas dikembangkan secara ….
|
|||||||||||||||||||||
a.
|
deduktif
|
|||||||||||||||||||||
b.
|
induktif
|
|||||||||||||||||||||
c.
|
variatif
|
|||||||||||||||||||||
d.
|
persuasif
|
|||||||||||||||||||||
e.
|
naratif
|
|||||||||||||||||||||
22.
|
Untuk menhidupi keluarganya, ia bekerja … siang dan malam.
Ungkapan yang tepat untuk mengisi rumpang diatas adalah …
|
|||||||||||||||||||||
a.
|
Banting harga
|
|||||||||||||||||||||
b.
|
Sekuat tenaga
|
|||||||||||||||||||||
c.
|
Tanpa pamrih
|
|||||||||||||||||||||
d.
|
Banting tulang
|
|||||||||||||||||||||
e.
|
Sabgat rahub
|
|||||||||||||||||||||
23.
|
Mei 1993,
Kalimat yang tepat untuk mengomentari wacana di atas adalah
…
|
|||||||||||||||||||||
a.
|
Program ini
perlu kita sambut dengan gembira. Semoga langkah ini segera diikuti perusahan besar lainnya
|
|||||||||||||||||||||
b.
|
Program ini
harus kita sambut dengan gembira. Semoga tidak menjadi hambatan bagi
perkembangan Toyota selanjutnya
|
|||||||||||||||||||||
c.
|
Walaupun baru berupa
pengumuman, program ini harus kita sambut dengan gembira. Semoga
Toyota melaksanakannya dengan tulus
|
|||||||||||||||||||||
d.
|
Walaupun hanya
|
|||||||||||||||||||||
e.
|
Ini merupakan bentuk kecintaan
|
|||||||||||||||||||||
24.
|
……. Itu artinya, kita dapat memberikan
argumen kepada orang lain. Bagi
orang lain yang mendengar, pendapat kita belum tentu diterima. Orang lain
lalu menyanggah pendapat kita dengan bukti-bukti pendukung yang berbeda. Diskusi
akan berlangsung sehat jika antarpeserta dapat bertukar pendapat secara
sportif tanpa melibatkan emosi.
Kalimat yang logis untuk
mengawali paragraf di atas adalah ….
|
|||||||||||||||||||||
a.
|
Diskusi sebenarnya forum saling
mengungkapkan pikiran secara langsung
|
|||||||||||||||||||||
b.
|
Pada bagian ini, kalian
berlatih mengemukakan pendapat dan sanggahan
|
|||||||||||||||||||||
c.
|
Saya sering melakukan diskusi
|
|||||||||||||||||||||
d.
|
Di mana-mana sering dijumpai diskusi yang didalamnya dibahas persoalan
bersama
|
|||||||||||||||||||||
e.
|
Kita sering menjumpai diskusi
panel yang dilaksanakan di media elektronik.
|
|||||||||||||||||||||
25.
|
Kalimat yang tepat diucapkan oleh moderator dalam membuka diskusi adalah
…
|
|||||||||||||||||||||
a.
|
Saudara penyaji, marilah kita mulai diskusi karena hari sudah siang.
|
|||||||||||||||||||||
b.
|
Selamat pagi peserta diskusi. Marilah kita mulai diskusi ini
|
|||||||||||||||||||||
c.
|
Kita mulai diskusi ini tanpa membuang-buang waktu
|
|||||||||||||||||||||
d.
|
Kita mulai diskusi ini dengan
membaca basmalah
|
|||||||||||||||||||||
e.
|
Baiklah, kita mulai diskusi ini
dengan membaca doa terlebih dahulu
|
|||||||||||||||||||||
26.
|
|
|||||||||||||||||||||
a.
|
Seorang anak diharapkan dapat hidup bebas
|
|||||||||||||||||||||
b.
|
Orang tua menginginkan anaknya
dapat hidup mandiri
|
|||||||||||||||||||||
c.
|
Seorang ibu berharap agar
anaknya mencari pengetahuan dan pengalaman sebanyak mungkin
|
|||||||||||||||||||||
d.
|
Seorang ibu mengharapkan
anaknya menjadi nelayan
|
|||||||||||||||||||||
e.
|
Seorang ibu mengharapkan anaknya
pergi merantau
|
|||||||||||||||||||||
27.
|
Sebagian besar warga Jakarta
tentu pernah merasakan bagaimana sesaknya naik bus kota. Mereka harus
merasakan bobroknya bus yang mereka tumpangi. Jendela-jendela bolong, ban gundul, dan badan bus yang keropos dengan
coretan grafik menjadi pemandangan biasa.
Cerita di atas mengandung …
|
|||||||||||||||||||||
a.
|
Nilai moral
|
|||||||||||||||||||||
b.
|
Nilai sosial
|
|||||||||||||||||||||
c.
|
Nilai agama
|
|||||||||||||||||||||
d.
|
Nilai estetika
|
|||||||||||||||||||||
e.
|
Nilai pendidikan
|
|||||||||||||||||||||
28.
|
Istilah bidang pertanian
Istilah-istilah di atas dapat
disusun menjadi kamus kecil dengan urutan …
|
|||||||||||||||||||||
a.
|
7, 5, 2, 1, 4, 3, 6
|
|||||||||||||||||||||
b.
|
7, 5, 2, 4, 1, 3, 6
|
|||||||||||||||||||||
c.
|
5, 7, 2, 4, 1, 6, 3
|
|||||||||||||||||||||
d.
|
7, 5, 2, 1, 4, 6, 3
|
|||||||||||||||||||||
e.
|
5, 7, 2, 1, 4, 3, 6
|
|||||||||||||||||||||
29.
|
Siapa pun yang hobi bertani,
tetapi tidak memiliki lahan yang cukup dapat melakukannya dengan cara
hidroponik.
Makna istilah hidroponik pada kalimat di atas adalah …
|
|||||||||||||||||||||
a.
|
Bercocok tanam tidak menggunakan tanah
|
|||||||||||||||||||||
b.
|
Bercocok tanam tidak
menggunakan lahan
|
|||||||||||||||||||||
c.
|
Bercocok tanam tidak menggunakan tanaman
|
|||||||||||||||||||||
d.
|
Bercocok tanam tidak
menggunakan air
|
|||||||||||||||||||||
e.
|
Bercocok tanam di daerah bukit
|
|||||||||||||||||||||
30.
|
Gabungan afiks memper-I-kan yang bermakna “ menganggap sebagai”
terdapat pada ….
|
|||||||||||||||||||||
a.
|
memperdebatkan
|
|||||||||||||||||||||
b.
|
mempertahankan
|
|||||||||||||||||||||
c.
|
mempermalukan
|
|||||||||||||||||||||
d.
|
memperhatikan
|
|||||||||||||||||||||
e.
|
memperhambakan
|
|||||||||||||||||||||
31.
|
Kalimat pertanyaan yang paling
baik dan santun dalam mewawancarai seseorang adalah …
|
|||||||||||||||||||||
a.
|
Apakah pinjaman itu tanpa agunan yang wajar?
|
|||||||||||||||||||||
b.
|
Begitu gampahkah anda menerima
kredit tanpa kelayakan proyek?
|
|||||||||||||||||||||
c.
|
Ceritanya Anda sampai mendapat kredit besar dari Bapindo, bagaimana?
|
|||||||||||||||||||||
d.
|
Bagaimana ceritanya Anda samapi mendapat kredit besar dari Bapindo?
|
|||||||||||||||||||||
e.
|
Apakah anda mendapatkan kredit dari Bapindo?
|
|||||||||||||||||||||
32.
|
BIODATA
1. Nama lengkap : ………………..
2. Tempat dan tanggal lahir : ……………….
3. Jenis kelamin : ……………….
4. Alamat : ………………
5. Pendidikan terakhir : ……………….
Penulisan nama yang benar untuk pengisian biodata di atas
adalah …
|
|||||||||||||||||||||
a.
|
H. Drs. Imam Safei
|
|||||||||||||||||||||
b.
|
DRS. H, IMAM SAFEI
|
|||||||||||||||||||||
c.
|
DRS H Imam Safei
|
|||||||||||||||||||||
d.
|
Drs. H. Imam Safei
|
|||||||||||||||||||||
e.
|
H. DRS, IMAM SAFEI
|
|||||||||||||||||||||
33.
|
|
|||||||||||||||||||||
a.
|
Pada tanggal 30
Maret, harga saham naik dengan cepat dan drastis
|
|||||||||||||||||||||
b.
|
Pada tanggal 23
Maret, harga saham naik cukup signifikan.
|
|||||||||||||||||||||
c.
|
Pada tanggal 25
Maret, harga saham stabil
|
|||||||||||||||||||||
d.
|
Kenaikan saham tertinggi terdapat pada tanggal 24 Maret
|
|||||||||||||||||||||
e.
|
Harga saham
naik cepat dan tinggi terdapat pada tanggal 26 Maret
|
|||||||||||||||||||||
34.
|
1)
|
Terutama
penyaluran dan pemasaran sebagian besar hasil produksi.
|
||||||||||||||||||||
2)
|
Swasta hanya menyalurkan sebagian kecil saja
|
|||||||||||||||||||||
3)
|
Masalah yang kita hadapi sebenarnya adalah penyaluran dan
pemasaran produksi gula
|
|||||||||||||||||||||
4)
|
Sekarang yang
melakukan penyaluran dan pemasaran dalam jumlah besar adalah Bulog
|
|||||||||||||||||||||
5)
|
Supaya produksi
semakin meningkat, penyaluran dan pemasaran harus tetap dilaksanakan
|
|||||||||||||||||||||
Jika kalimat-kalimat di atas disusun menjadi paragraf dengan pengembangan
deduktif, urutan yang tepat adalah …
|
||||||||||||||||||||||
a.
|
5, 4, 2, 1, 3
|
|||||||||||||||||||||
b.
|
1, 5, 2, 4, 3
|
|||||||||||||||||||||
c.
|
2, 1, 4, 3, 5
|
|||||||||||||||||||||
d.
|
3, 5, 4, 1, 2
|
|||||||||||||||||||||
e.
|
2, 1, 4, 5, 3
|
|||||||||||||||||||||
35.
|
KUITANSI
1.
………………
2.
Sudah diterima dari ….
3.
Banyaknya uang …..
4.
Untuk pembayaran
5.
Jumlah Rp
Pernyataan yang
tepat untuk mengisi nomor satu adalah ….
|
|||||||||||||||||||||
a.
|
Nomor urut kuitansi dikeluarkan
|
|||||||||||||||||||||
b.
|
Tempat kuitansi dikeluarkan
|
|||||||||||||||||||||
c.
|
Kegunaan kuitansi
|
|||||||||||||||||||||
d.
|
Nama penerima uang
|
|||||||||||||||||||||
e.
|
Nama lembaga pembayar
|
|||||||||||||||||||||
36.
|
Indeks buku
yang tidak memuat nama orang terdapat pada …
|
|||||||||||||||||||||
a.
|
Hikayat Firaun, 208
|
|||||||||||||||||||||
b.
|
Maryam, 231-232
|
|||||||||||||||||||||
c.
|
Raja Airlangga, 96
|
|||||||||||||||||||||
d.
|
Overbeck, H., 77, 121
|
|||||||||||||||||||||
e.
|
Pelanduk dan anak Memerang, 8; 9-10
|
|||||||||||||||||||||
37.
|
Jalan Segera
Di sinilah penembakan
Kepengecutan
Dilakukan
Ketika pawai bergerak
Dalam panas matahari
Dan pelor membayar pajak
Negeri ini
Ditembus ke punggung
Anak-anaknya sendiri
(Taufiq Ismail)
Maksud tersirat puisi di atas adalah ….
|
|||||||||||||||||||||
a.
|
Peristiwa penembakan para demonstran
|
|||||||||||||||||||||
b.
|
Perjuangan para demonstran
|
|||||||||||||||||||||
c.
|
Perjuangan menentang penjajah
|
|||||||||||||||||||||
d.
|
Perjuangan orde baru
|
|||||||||||||||||||||
e.
|
Kepincangan sosial
|
|||||||||||||||||||||
38.
|
Tiba-tiba
seorang laki-laki masuk ke sebuah rumah. Dengan nafas terengah-engah, ia langsung menuju kamar. Namun, di kamar
tidak ada siapa-siapa. Ia lari ke dapur, tetapi di dapur juga sepi. Ia
berlari kesamping rumah dan berteriak-teriak memanggil istrinya. Tiada
sahutan. Ia kembali kekamar dengan muka berang. Pintu kamar dibanting.
Tangannya gemetar. Ia buka
pintu lemari; ia keluarkan semua pakaian dan dilemparkannya kelantai sehingga
kamar itu berantakan.
Latar tempat
pada cerita di atas adalah ….
|
|||||||||||||||||||||
a.
|
kamar
|
|||||||||||||||||||||
b.
|
Samping rumah
|
|||||||||||||||||||||
c.
|
dapur
|
|||||||||||||||||||||
d.
|
lantai
|
|||||||||||||||||||||
e.
|
Rumah
|
|||||||||||||||||||||
39.
|
Perlindungan
terhadap keselamatan, kesehatan, dan kesejahteraan merupakan hak setiap
tenaga kerja. Dengan kata lain, perusahaan wajib memberikan perlindungan yang
telah diatur oleh undang-undang. Perlindungan itu diperlukan karena setiap
tenaga kerja selalu menghadapi resiko sosial ekonomi berupa sakit, cacat,
hari tua, dan meninggal, baik selama bekerja maupun masa purnakerja.
Gagasan utama
paragraf di atas adalah …
|
|||||||||||||||||||||
a.
|
Keselamatan,
kesehatan, dan kesejahteraan para pekerja yang dijamin
|
|||||||||||||||||||||
b.
|
Jaminan
perlindungan yang ditetapkan undang-undang pemerintah
|
|||||||||||||||||||||
c.
|
Jaminan
perlindungan keselamatan, kesehatan, dan kesejahteraan tenaga kerja
|
|||||||||||||||||||||
d.
|
Jaminan sosial
dan ekonomi tenaga kerja yang diusahakan pemerintah
|
|||||||||||||||||||||
e.
|
Jaminan tenaga
kerja yang patut dipikirkan oleh pemerintah
|
|||||||||||||||||||||
40.
|
Karangan yang menggambarkan sesuatu (tempat, keadaan, atau
benda) dengan cara merangsang indra sehingga seolah-olah pembaca melihat
sendiri apa yang digambarkan disebut karangan ….
|
|||||||||||||||||||||
a.
|
argumentasi
|
|||||||||||||||||||||
b.
|
eksposisi
|
|||||||||||||||||||||
c.
|
deskripsi
|
|||||||||||||||||||||
d.
|
narasi
|
|||||||||||||||||||||
e.
|
Persuasi
|
|||||||||||||||||||||
41.
|
Industri yang menggunakan tenaga muda didirikan. Penilitian pun banyak
dilakukan. Penelitian ini bertujuan meningkatkan produksi diberbagai sektor.
Hasilnya adalah produk
|
|||||||||||||||||||||
a.
|
Produksi seharusnya produsen
|
|||||||||||||||||||||
b.
|
Produksi seharusnya produksi
|
|||||||||||||||||||||
c.
|
Konsumen seharusnya konsumsi
|
|||||||||||||||||||||
d.
|
Tanggungjawab seharusnya tanggung jawab
|
|||||||||||||||||||||
e.
|
Devisa seharusnya defisa
|
|||||||||||||||||||||
42.
|
Karsono, Yusuf,
Kasman, dan Wahab adalah empat orang transmigran bedol desa dari Pulau Jawa
yang telah berhasil membangun kehidupan di UPT III Seuneam, Kabupaten Aceh
Barat. Untuk berbagi pengalaman kesuksesannya, mereka mengadakan perjalanan
keliling Pulau Jawa. Dalam
perjalanan, mereka dinilai sukses memberikan penerangan kepada orang-orang
yang tadinya enggan bertransmigrasi.
Penggunaan
ungkapan yang tepat untuk menyatakan
rasa gembira atas prestasi mereka tampak dalam kalimat ...
|
|||||||||||||||||||||
a.
|
Dengan penuh
hati, kuucapkan selamat atas prestasi Anda berempat.
|
|||||||||||||||||||||
b.
|
Kami
benar-benar terpaut hati akan keberhasilan Anda di perantauan
|
|||||||||||||||||||||
c.
|
Kebahagian ini
benar-benar terbit dari hatiku untuk Anda semuanya.
|
|||||||||||||||||||||
d.
|
Sungguh besar hati kami melihat keberhasilan Anda
membangun tanah rantau
|
|||||||||||||||||||||
e.
|
Rasa senang benar-benar meliputi seluruh lubuk hati karena
Anda semua berhasil membangun negeri sekarang.
|
|||||||||||||||||||||
43.
|
Yth. Kepala Bagian Produksi
PT Bahagia Sejahtera
Dengan hormat,
Dengan ini saya, Sutarjo, karyawan bagian produksi, memberitahukan bahwa
pada hari Senin 25 Februari 2007 tidak dapat masuk kerja karena harus
menghadiri resepsi pernikahan adik saya di Bandung
....
Berdasarkan isinya penggalan surat di atas termasuk ...
|
|||||||||||||||||||||
a.
|
||||||||||||||||||||||
b.
|
||||||||||||||||||||||
c.
|
||||||||||||||||||||||
d.
|
Surat edaran
|
|||||||||||||||||||||
e.
|
Surat kaleng
|
|||||||||||||||||||||
44.
|
Perjalanan
manusia mencari naftu atau minyak bumi(petroleum) dibarengi dengan berbagai
pengalaman unik. Saat pertama kali
ditemukan di Babylonia (Irak), sempat menjadi ejekan. Kini julukannya ”emas
hitam”, saking berharganya.
Sebuah prasasti di Babylonia dari 2000
SM menyebut minyak bumi ini naftu, artinya yang menyala. Entah keseleo lidah
atau yang lain, turis-turis dari Yunani menyebut kata itu menjadi nafta.
Opini dalam
wacana di atas terdapat pada kalimat ...
|
|||||||||||||||||||||
a.
|
1
|
|||||||||||||||||||||
b.
|
2
|
|||||||||||||||||||||
c.
|
3
|
|||||||||||||||||||||
d.
|
4
|
|||||||||||||||||||||
e.
|
5
|
|||||||||||||||||||||
45.
|
“Ah’ salahku juga,” pikirku. Mengeluh
berat, sambil menyenderkan badan kepada senderan Jautenil. Kepala
terkulai lemah, sedang mata kabur-kabur melihat ke kejauhan orang yang tidak
tertentu. Kukatupkan kedua belah tangan di atas pangkuan. Tulang dengkul
memonclot tegap di bawah strip-strip celana piyamaku. “ Ya. Alangkah kurusnya
badanku sekarang, salahku juga!” Bergemalah lagi seolah-olah suara hatiku
itu. “mengapa aku sekarang begitu mudah naik darah?”
Ya setiap kali aku habis bertengkar,
mestilah aku ditimpa oleh perasaan sesal yang mendalam, mestilah aku mengakui
bahwa aku lekas marah, terlalu lekas mengayunkan tangan atau menghamburkan
kutuk.
(Atheis, Achdiat
Kartamihardja)
Amanat yang tepat dari
penggalan novel tersebut adalah …
|
|||||||||||||||||||||
a.
|
Emosi yang mendalam sehingga menyesal di akhir.
|
|||||||||||||||||||||
b.
|
Berpikirlah terlebih dahulu sebelum bertindak agar tidak
menyesal
|
|||||||||||||||||||||
c.
|
Mengeluh terasa
berat mendapatkan tugas yang dibebankannya.
|
|||||||||||||||||||||
d.
|
Menyesal kemudian tidak berguna, maka berhati-hatilah
sebelumnya
|
|||||||||||||||||||||
e.
|
Perasaan sesal
yang mendalam ketika aku lekas marah
|
|||||||||||||||||||||
46.
|
Dari hasil evaluasi pelajaran matematika
di kelas kami, diperoleh data sebagai berikut: 20 siswa mendapat nilai 9; 11
siswa mendapat nilai 8; 9 siswa mendapat nilai 7,5. Jadi, dapat disimpulkan
bahwa siswa di kelas kami memiliki kemampuan yang dapat dibanggakan.
Berdasarkan letak kalimat utamanya, paragraf di atas berbentuk ….
|
|||||||||||||||||||||
a.
|
deduktif
|
|||||||||||||||||||||
b.
|
induktif
|
|||||||||||||||||||||
c.
|
variatif
|
|||||||||||||||||||||
d.
|
naratif
|
|||||||||||||||||||||
e.
|
deskritif
|
|||||||||||||||||||||
47.
|
Dana itu digunakan, antara lain untuk membangun irigasi
mulai dari saluran primer, sekunder sampai kesaluran tersier dan kuarter guna
meningkatkan kualitas lahan persawahan. Makna istilah kata yang dicetak
miring di atas adalah …
|
|||||||||||||||||||||
a.
|
Pengaliran air sehingga terjadi banjir yang luar biasa
|
|||||||||||||||||||||
b.
|
Pengaturan pengaliran menurut sistem tertentu untuk sawah
|
|||||||||||||||||||||
c.
|
Pengaliran air untuk mengatasi banjir di sungai-sungai
|
|||||||||||||||||||||
d.
|
Pengaliran air untuk mengatasi banjir di telaga-telaga
|
|||||||||||||||||||||
e.
|
Pengaliran air
menurut kebutuhan di perkebunan palawija
|
|||||||||||||||||||||
48.
|
Bermacam-macam tujuan yang mendasarinya.
Ada yang bertujuan menemukan jenis
olahraga tertentu untuk usia tertentu. Ada yang bertujuan mendapatkan hasil
optimal dalam meningkatkan kecepatan laju mobil dalam olahraga balap mobil.
Ada pula yang menyarankan agar olahragawan menggunakan suplemen obat tertentu
untuk meningkatkan stamina, dan seterusnya
Kalimat yang logis untuk mengawali paragraf di atas adalah ...
|
|||||||||||||||||||||
a.
|
Riset di bidang olahraga terus
dilakukan
|
|||||||||||||||||||||
b.
|
Kita harus kritis menanggapi laporan-laporan itu
|
|||||||||||||||||||||
c.
|
Siswa SMA di Jakarta terus
mengadakan riset
|
|||||||||||||||||||||
d.
|
Pemerintah telah mengadakan
riset
|
|||||||||||||||||||||
e.
|
Olahraga merupakan kegiatan
yang harus terus dilakukan
|
|||||||||||||||||||||
49.
|
Pemerintah dinilai lamban bertindak
karena laporan kematian massal ternak ayam yang sudah terjadi sejak Juli 2003
di Sumatra. Penanganan cepat yang dibutuhkan justru dijawab dengan “koordinasi” berkepanjangan antarbirokrat
dan selisih pendapat sejumlah pakar tentang jenis penyakit yang mewabah.
Sebagian besar peniliti hingga akhir tahun lalu telah menyatakan kematian
disebabkan flu burung (AI). Namun, ada segelintir pakar yang berpendapat
terjadi serangan
(Kompas, 31 Junuari
2004)
Pokok persoalan yang menjadi perdebatan dalam paragraf di
atas adalah …
|
|||||||||||||||||||||
a.
|
Menentukan kapan flu burung mulai menyerang
|
|||||||||||||||||||||
b.
|
Menentukan jenis penyakit yang menyerang unggas di
|
|||||||||||||||||||||
c.
|
Menentukan daerah mana saja yang terkena flu burung
|
|||||||||||||||||||||
d.
|
Kelambanan pemerintah dalam bertindak
|
|||||||||||||||||||||
e.
|
Dibutuhkan penanganan cepat dari pemerintah terhadap flu
burung
|
|||||||||||||||||||||
50.
|
“Aduh. . . . Aku nggak tahu!”
Berdasarkan medium pembicaraan,
kalimat di atas tergolong ragam bahasa …
|
|||||||||||||||||||||
a.
|
tulis
|
|||||||||||||||||||||
b.
|
Tidak langsung
|
|||||||||||||||||||||
c.
|
lisan
|
|||||||||||||||||||||
d.
|
langsung
|
|||||||||||||||||||||
e.
|
Tulis dan tidak langsung
|
|||||||||||||||||||||
0 Komentar untuk "Soal Bahasa Indonesia Kelas X (6)"