LEMBARAN SOAL
Mata Pelajaran : BAHASA INDONESIA
Sat. Pendidikan : SMA
Kelas
/ Program : X ( SEPULUH )
PETUNJUK UMUM
1.
Tulis nomor dan nama Anda pada lembar
jawaban yang disediakan
2.
Periksa dan bacalah soal dengan teliti
sebelum Anda bekerja
3.
Kerjakanlah soal anda pada lembar
jawaban
4.
Gunakan waktu dengan efektif dan
efisien
5.
Periksalah pekerjaan anda sebelum
diserahkan kepada Pengawas
Pilihlah
jawaban yang paling tepat.
1.
Tampaknya kesan yang ditanamkan
pada diri penonton adalah mereka dapat memahami dan merasakan kehidupan orang
lain. Dengan kata lain, penonton diajak untuk merenungkan penderitaan atau
kegembiraan orang lain. Mialnya, ikut bersedih jika melihat tokoh bertindak
sewenang – wenang, ikut bertafakur jika orang lain mendapat musibah, dan ikut
gembira jika orang lain senang
Gagasan utama paragraf di atas
terletak di….
a. awal paragraf d. tengah paragraf
b. Akhir paragraf e. awal dan akhir paragraf
c.
campuran
2. Jika ada yang masuk angin,
obati dengan rimpang kencur. Radang lambung dapat disembuhkan dengan rimpang
kencur. Perut mual, panas dalam segera sembuh setelah minum air rimpang kencur.
Bahkan, urat tegang dapat disembuhkan dengan rimpang kencur.
Kalimat kesimpulan yang
sesuai dengan isi paragraph tersebut . . . .
a.
Tidak mengherankan jika banyak
pabrik obat menggunakan rimpang kecur sebagai bahan utama pembuatan obat.
b.
Rimpang kencur dapat mengobati
berbagai macam penyakit.
c.
Selain untuk makanan, rimpang
kencur dapat digunakan sebagai obat yang mujarab.
d.
Rimpang kencur termasuk tanaman yang
sangat bermanfaat bagi manusia.
e.
Tanaman kencur memberi manfaat
yang sangat banyak kepada manusia.
3. Meraih
cita – cita sama dengan menggapai gunung. Saat pendakian menuju puncak,
tidak berjalan dengan lancar. Adakalanya,
kita menemui jalan licin, semak belukar, medan yang sulit, dan sebagainya. Jika
kita dapat mengatasi rintangan, sampailah di puncak gunung yang dituju. Begitu
pula dengan meraih cita – cita. Rintangan datang silih berganti. Di antaranya
adalah kesulitan memahami pelajaran, kesulitan biaya, kegagalan dalam ujian,
dan sebagainya. Bila kita tetap tabah dan tidak putus asa, cita – cita tersebut
dapat terwujud.
Kalimat kesimpulan yang tepat untuk mengakhiri
paragraf tersebut adalah . . . .
a.
Begitulah mendaki gunung dan cara
belajar yang baik.
b. Jadi, meraih cita –
cita sama dengan menggapai puncak gunung.
c.
Memang, belajar sama dengan
mendaki puncak gunung.
d.
Demikianlah rintangan dalam
belajar dam mendaki medan yang sulit.
e.
Ternyata memang benar, ketekunan
belajar sama dengan kesabaran mendaki.
4.
Pelanggaran lalu lintas sering dilakukan. Contoh pelanggaran itu di
antaranya menyeberang di sembarang tempat. Padahal, tempat penyeberangan sudah
tersedia. Bus berhenti sekehendak hati supir. Pengendara kendaraan
bermotor sering mengebut. Banyak pengendara tidak memiliki SIM.
Jenis
paragraph tersebut . . . .
a.
narasi
b.
eksposisi
c.
persuasi
d.
argumentasi
e.
deskripsi
5.
Saat ini, sepanjang Sungai
Cisadane airnya berwarna cokelat. Sampah plastik dan sampah rumah tangga lainya
bertebaran di badan sungai. Di pinggir sungai, berdiri industri yang membuang
limbah ke sungai itu.
Kalimat
yang tepat untuk melengkapi paragraf deskripsi tersebut adalah . . . .
a.
Di beberapa titik, bau menyengat
pun tercium.
b.
Air sungai itu pun digunakan untuk
mencuci dan mandi.
c.
Penduduk di bantaran sungai sering
membuang sampah ke sungai.
d.
Pembuangan limbah ke sungai dapat
mengancam lingkungan.
e. Kondisi itu sangat
memprihatinkan dan menunjukkan rendahnya kesadaran masyarakat.
6.
(1) Tanaman perlu perawatan. (2)
Merawat tanaman dapat dilakukan dengan cara memberi pupuk, menyirami setiap
hari, dan menyiangi rumput yang mengganggu pertumbuhannya. (3) Rumput ada yang
dapat dijadikan obat. (4) Apalagi perawatan tanaman dilakukan dengan sungguh –
sungguh. (5) Tanaman akan tumbuh dengan baik dan berkualitas tinggi sehingga
dapat dinikmati dengan puas.
Kalimat penjelas yang tidak mengacu kepada kalimat
utama (tidak padu) terdapat dalam kalimat . . . .
a.
nomor 1
b.
nomor 2
c.
nomor 3
d.
nomor 4
e.
nomor 5
Jika kalian akan menyunting paragraf di atas, ada
kalimat yang tidak koheren, yaitu terdapat dalam kalimat urutan . . . .
a.
Pertama
b.
Kedua
c.
Ketiga
d.
Keempat
e.
Kelima
8. Segala cinta di dunia ini tidak ada yang abadi (kekal). Hal itu harus disadari oleh semua orang,
terutama yang sangat berlebihan mencintai sesuatu, karena semuanya akan lenyap.
Hanya yang kekal adalah cinta Tuhan kepada umat-Nya. Oleh sebab itu,
serahkanlah segala-galanya kepada Tuhan karena Tuhan Maha Pengasih dan Maha
Mengetahui. Siapa yang telah melupakan Tuhannya segeralah bertobat dan kembali
ke jalan-Nya. Hanya Tuhan yang dapat menyelamatkan manusia.
Larik puisi (kalimat) berikut yang bukan merupakan pemadatan
pernyataan hal di atas adalah . . . .
a.
Segala cintaku hilang terbang
b.
Pulang kembali aku kepada-Mu
c.
Seperti dulu
d.
Di langit yang tinggi
e.
Habis kikis
Kata cakar dalam bait puisi Pada-Mu Jua
dalam pembahasan materi tersebut melambangkan . . . .
a.
Kemarahan Tuhan
b.
Ketajaman
c.
Kekuatan
d.
Kekukuhan hati
e.
Kekuasaan Tuhan
10. Musim semi telah tiba. Salju mencair di
ladang – ladang dan lembah – lembah. Salju di
atas puncak – puncak gunung secara berangsur – angsur mencair dan
menggenangi jalan – jalan setapak yang berliku – liku menuju ke dalam lembah
ngarai, bergabung dengan sebuah aliran air yang deras dan berdebur merperlihatkan
kesadaran alam. Pohon buah badam dan apel sedang berbunga; pohon willow dan
populir bertunas bersama kuntuk – kuntum, dan alam membentangkan kebahagiaan
dan pakaian segarnya di daerah pedalaman.
(Lukisan Keabadian karya
Kahlil Gibran)
Berdasarkan tujuannya, kutipan di atas digolongkan jenis
paragraf . . . .
a.
argumentasi
b.
narasi
c.
persuasi
d.
deskripsi
e.
eksposisi
11. Bacalah bacaan berikut!
Kemarau di Sungai Barito tidak hanya menimbulkan masalah transportasi,
namun secara tidak langsung juga menimbulkan ancaman lingkungan yang sangat
serius. Seiring dengan surutnya air sungai yang melintas di Kalimantan Tengah
dan Kalimantan Selatan ini, bermunculan ribuan penambang emas di badan sungai.
Pencemaran merkuri atau air raksa mengancam sungai sepanjang 900 kilometer ini
karena para penambang itu mengolah biji emas yang mereka temukan dengan air
raksa atau merkuri. Seperti yang ada
di Sungai Kahayan, mereka menggunakan mesin sedot yang diletakkan di atas rakit
kayu di sungai.
Intisari isi
wacana tersebut adalah . . .
a.
Kemarau di Sungai Barito
menimbulkan masalah transportasi dan pencemaran lingkungan.
b.
Kemarau di Sungai Barito mencemari
air sungai sepanjang 90 km.
c.
Kemarau di Sungai Barito
menyebabkan munculnya para penambang emas.
d.
Kemarau di Sungai Barito mengancam
para penambang emas.
e.
Kemarau di Sungai Barito
menyebabkan masalah pencemaran lingkungan.
12. Bacalah bacaan berikut !
Terumbu karang merupakan
habitat sejumlah biota. Ikan kerapu, kakap merah, udang dan ikan hias banyak
berlindung di sana. Perusahaan terumbu karang oleh orang-orang yang tidak
bertanggung jawab menyebabkan biota-biota itu terancam punah.
Kalimat tanggapan yang sesuai dengan isi bacaan di
atas adalah ....
a. Sebaiknya, perusak
terumbu karang diberi pekerjaan baru sesuai keinginan mereka.
b. Seharusnya, perusak segera
diberantas karena mengancam kepunahan biota.
c. Tidak heran jika
biota-biota itu telah punah karena mereka telah merusak terumbu karang.
d. Boleh saja mereka
mengambil terumbu karang itu asal untuk membantu perekonomian mereka.
e. Penanggung jawab
kerusakan adalah orang atau nelayan yang tinggal di sekitar laut.
13. Bacalah paragraf berikut!
Jika melihat sosok Singapura
seperti sekarang ini, boleh jadi Anda tidak membayangkan bahwa negara yang
identik dengan nama kotanya itu jugan pernah memiliki problem yang sama dengan
Jakarta dan kota-kota besar lainnya di Indonesia. Prolem perkotaan yang
dihadapi Singapura pada masa lalu kini sirna. Muncullah sosok kota
modern yang tertata apik, teratur, bersih dan indah.
Inti paragraf
di atas adalah …
a. Singapura telah
menjadi kota modern.
b.
Singapura telah menjadi kota yang
tertata, teratur, bersih dan indah.
c.
Singapura pernah mengalami problem
kota besar .
d.
Singapura berhasil mengatasi
problem perkotaan dengan baik.
e. Singapura dan
kota-kota besar di Indonesia memiliki kesamaan.
14. Bacalah paragraf
berikut!
(1) Jika kesehatan di desa-desa baik, maka
ketahanan masyarakat juga kuat. (2) Begitu penegasan Menteri Kesehatan
Achmad Sujudi tentang dasar program Warung Obat Desa (WOD). (3) Di desa-desa,
lanjutnya, yang menjadi ujung tombak kesehatan adalah bidan. (4) Selain bertugas menangani dan melayani ibu-ibu
hamil, bidan juga memberikan pelayanan kesehatan lain. (5) Beban itu terlalu
berat maka perlu dibantu oleh tenaga lain.
Opini dalam
paragraf di atas tersebut terdapat dalam kalimat nomor …
a.
(1) dan (2)
b.
(1) dan (3)
c.
(1) dan (5)
d.
(2) dan (4)
e.
(3) dan (5)
15. Yelena Isinbayeva (Rusia) benar-benar meraih “puncak dunia”
setelah menyabet medali emas nomor loncat tinggi galah, selasa (24/8), di
stadion Olimpiade, Athena. Loncatan emasnya setinggi 4,89 meter sekaligus
memecahkan rekor dunia atas namanya sendiri. Isinbayeva begitu larut dalam
kegembiraan karena di Athena 2004 ini, dia juga sukses mengalahkan seteru
abadi, sekaligus teman berlatihnya, Svetlana Feofaneva. Ia sukses meloncat dua
sentimeter lebih tinggi dari rekor dunia atas namanya sendiri. Feonava merebut keping perak dengan loncatan setinggi
4,75 meter.
Jika
ditanyakan “Berapakah rekor dunia loncat tinggi galah yang dicapai sebelum
Olimpiade 2004?”. Jawaban yang tepat
untuk pertanyaan tersebut adalah …
a.
4,89 meter
b.
4,90 meter
c.
4,87 meter
d.
4,76 meter
e.
4,75 meter
16. Bacalah paragraf berikut!
Di belakang bukit sebelah selatan, padang ilalang terbentang luas,
…..
Putih tipis, terumbai-rumbai bergerak hidup angina seperti busa
air di arus kali yang luas.
Kalimat yang tepat untuk melengkapi deskripsi di atas adalah …….
a. Sawah hijau kelihatan
menyenangkan hati.
b.
Bunga-bunga ilalang berayun-ayun.
c.
Saat itu, padang ilalang penuh
dengan bunga-bunga.
d.
Seandainya, padang ilalang tumbuh
subur.
e.
Betapa aku ingin memetik bunganya.
17. Palembang adalah kota
tua dengan sejarah panjang.
Kalimat penjelas yang tidak sesuai dengan
kalimat tersebut jika dikembangkan menjadi paragraf eksposisi adalah ....
a. Usia Palembang yang
13 abad didasarkan atas prasasti berangka tahunan 682 Masehi yang ditemukan di
Bukit Siguntang.
b. Sudut-sudut kota ini
menyimpan banyak sejarah perjalanan manusia penghuninya sejak zaman kerajaan
Sriwijaya.
c. Rencananya, di
sepanjang tepian sungai terpanjang di Sumatera itu, akan dibangun pasar dan
restoran terapung.
d. Akan tetapi,
tahun-tahun terakhir ini Palembang seperti kehilangan roh yang ditandai dengan
kondisi bangunan bersejarah yang memprihatinkan.
e. Jembatan Ampera,
misalnya, dibiarkan lusuh selama bertahun-tahun tanpa sentuhan pemeliharaan.
18. Wahai muda, kenali
dirimu
Inilah perahu tamsil tubuhmu
Tiadalah berapa lama hidupmu
ke akhirat jua kekal diammu
Kutipan di atas termasuk salah satu jenis puisi
lama, yaitu...
a. gurindam c. mantra e. bidal
b. talibun d. syair
19. Bacalah penggalan cerita “ Mutiara di Tengah Sawah” berikut!
Tiba-tiba,
jantungku gemetar karena sadar akan tujuan pembicaraannya bahwa dia sebagai
orang dewasa tidak bisa ditipu atau dibohongi. Pastilah sekarang bagiku dia
sungguh-sungguh mencurigai aku bahwa akulah yang mencuri cincin itu.
(Mutiara di Tengah Sawah, Gerson Poyk)
Konflik yang
terjadi pada tokoh “aku” adalah konflik ………..
a.
aku dengan cincin
b.
aku dengan dia
c.
aku dengan lingkungan
d.
aku dengan orang dewasa
e.
aku dengan dirinya sendiri
20. Bacalah puisi berikut!
Suasana yang tergambar dalam penggalan puisi
tersebut adalah ........
a.
sedih
b.
gelisah
c.
takut
d.
semangat
e.
sepi
21. Bacalah puisi berikut!
Daun-Daun
Gugur Lagi
Bumi kembali menangis, saat letusan itu muntah
Melebihi
guntur siang hari, ada pekik burung-burung nazar
Ada tangis mulai beriuhan, dan ada kegirisan
terkurung
Daun-daun itu
gugur, daun-daun itu gugur lagi
Rebah ke
pangkuan pertiwi yang belum henti membalut luka
Kemudian
berjuta-juta perjuangan bergelora
Seakan tak
akan dihentikan
……………
(Iyut
Fitra)
Amanat yang
tersirat dalam penggalan puisi di atas adalah …
a.
Renungkanlah apa yang sedang
terjadi.
b. Kita jangan melupakan
jasa perjuangan para pahlawan.
c. Hendaknya, kita
berjuang terus untuk mengatasi masalah negeri ini.
d. Janganlah
menyia-nyiakan pengorbanan para pahlawan.
e. Negeri ini jangan
dibuat kacau dan tidak aman terus.
22. Bacalah penggalan
karangan berikut!
Kini jumlah anak jalanan Indonesia sekitar 42.000
orang. Mereka berusia anatara lima sampai delapan belas tahun. Dari jumlah
sebanyak itu, departemen Sosial hanya mampu menangani sekitar 27.000 orang.
Untuk selebihnya, masyarakat termasuk pesantren-pesantren ikut menanganinya.
Penggalan karangan tersebut termasuk jenis
karangan ....
a. narasi
b. deskripsi
c. eksposisi
d. argumentasi
e. persuasi
23. Bacalah puisi
berikut!
Ombak memecah
di tepi pantai
Angin
berhembus lemah lembut
Puncak kelapa
melambai-lambai
Di ruang
angkasa awan bergelut
Puisi tersebut menggunakan majas …
a. metafora
b. asosiasi
c. litotes
d. eufemisme
e. personifikasi
24. Perhatikan
kalimat-kalimat berikut!
(1)
Sungai yang mengalir di tengah
desa kering kerontang.
(2)
Orang tampak berdesak-desak
menunggu giliran menimba.
(3)
Sawah dan ladang seperti hangus di
timpa terik matahari.
(4)
Sumur pun banyak yang sudah tidak
berair lagi.
(5)
Musim kemarau yang panjang dan
kering tahun ini merupakan bencana bagi daerah kami.
Urutan-urutan kalimat tersebut jika dijadikan paragraf
yang mencerminkan perkembangan gagasaan yang logis adalah ....
a. (3) , (1) , (2) , (5)
, (4)
b. (5) , (3) , (1) , (4)
, (2)
c. (2) , (4) , (1) , (3)
, (5)
d. (1) , (5) , (2) , (4)
, (3)
e. (4) , (2) , (5) , (3)
, (1)
25. Kalimat berikut yang
termasuk kalimat majemuk setara (koordinatif) adalah …
- Kami
akan datang jika ada suatu undangan dan tugas dari kepala sekolah.
- Mereka
tidak mengakui perbuatannya karena tidak ingin namanya tercemar.
- Gadis
itu sangat cerdas, parasnya cantik, dan disenangi teman-temannya.
- Gemuruh
mempercepat hari menjadi gelap sehingga membuat pekerjaannya tidak
selesai.
- Orang
yang kemarin datang ditangkap polisi karena kasus penipuan.
26. Majas sinekdoke ( totem pro parte) terdapat
dalam kalimat ...
- Dia
merasa kesepian di tengah-tengah keramaian pesta itu.
- Kenaikan
harga-harga bahan bangunan terasa sampai mencekik leher.
- Indonesia
berhasil merebut piala Thomas Cup untuk kedelapan kalinya.
- Tadi
pagi ibu membeli dua ekor ayam.
- Perpustakaan
adalah gudang ilmu yang tidak akan habis-habisnya.
27. Safitri sangat
berhati-hati dalam bergaul ketika ia sudah berada di sekolah barunya. Ia
khawatir ada tingkah lakunya yang tidak sesuai dengan kebiasaan teman-temannya.
Ia pun tahu bahwa setiap tempat ataupun setiap sekolah punya kebiasaan
masing-masing yang boleh jadi berbeda dengan kebiasaan teman-temannya
terdahulu.
Sikap Safitri tersebut sesuai dengan peribahasa
...
- Pucuk
dicinta ulampun tiba.
- Tak ada gading yang tak retak.
- Bayang-bayang sepanjang badan.
- Berakit-rakit ke hulu berenang-renang ke tepian.
- Lain lading lain belalang, lain lubuk lain ikannya.
28. Dewi malam mulai memancarkan sinarnya.
Gaya bahasa di
atas terdapat pula dalam kalimat …
- Engkaulah belahan jantung hatiku
- Hatinya menyala bagai bara api.
- Mukanya pucat bagai bulan kesiangan.
- Kami
selalu memakai pepsodent setiap kali kami menyikat gigi.
- Suaranya
menggelegar membahana memenuhi isi ruangan.
29. Kalimat yang mengandung
majas pleonasme adalah ...
- Dia pergi
naik merpati.
- Walau
keadaannya gelap gulits, dia masih mencoba meneruskan perjalanannya.
- Berilah
dia jalan yang penuh bunga, nyanyian yang merdu.
- Orang
itu berubah akal semenjak mengalami kecelakaan yang parah.
- Pintu-pintu
pun terbuka sambil tersenyum menyambut sang pemilik rumah.
30. ”Saudara moderator,
setelah saya mendengar uraian saudara A, saya merasa bingung karena uraian
tersebut bertentangan dengan isi makalahnya, yakni pada halaman 2, baris 27”.
- Pembelaan
terhadap moderator
- Tanggapan
seorang pemandu diskusi
- Sanggahan
seorang moderator diskusi
- Pembelaan
seorang penyaji terhadap isi makalahnya
- Tanggapan
seorang peserta diskusi tentang ketidakpuasan
31. Berikut contoh
tanggapan tentang rencana pelaksanaan lomba baca puisi adalah ....
- Sisa
anggaran dari pelaksanaan tersebut harus dimasukkan ke kas OSIS
- Sebaiknya
dalam penyusunan rencana ini kita melibatkan para ketua kelas
- Kita
harus menyampaikan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah mendukung
acara kita ini.
- Syukurlah
pelaksanaan kegiatan tersebut berjalan sukses, itu semua karena peran
aktif kalian semua
- Puisi
merupakan karya sastra yang digemari banyak kalangan, tidak hanya para
siswa tetapi juga masyarakat umum.
32. Penggunaan tanda petik
(“...”) yang tepat tedapat pada kalimat ....
a. “Dari mana Li?” tanya
Mira
b. “Apa yang kamu
lakuka, tanya Wisnu”
c. “Saya akan kerjakan
semuanya” kata Indri
d. Reni berkata “Surat
itu sudah diberikan”
e. “Dini berkata, novel
ini memang menarik”
33. Penggunaan tanda koma (,) yang tidak tepat terdapat pada kalimat ....
a. Buku itu ditulis oleh
Muh. Arif Rahman M,Pd.
b. Saya harus ke pasar,
tetapi kaki saya sakit.
c. Kata Ibu, “Wina tadi
siang kesini.”
d. Guru kami, Bu Ranti,
cantik sekali.
e. Adik dibelikan tas,
buku dan pensil oleh ibu.
34. Penggunaan tanda titik (.) yang tepat terdapat pada kalimat ....
a. Harga 1 Kg. telur sekarang adalah Rp. 8.000.
b. Kesehatan Sinta diperiksa oleh dr. Kayanto.
- Paman
tiba di Jakarta pada pukul.14.30 WIB.
- Letjen.
Suprapto mengeluarkan buku berjudul Disiplin dan Politik.
- Alamatnya
di jalan Bogenvil no.24 jakarta.
35. Penulisan gelar akademis yang paling benar dengan EYD adalah ....
a. Agus Susanto. S.E
b. Agus Susanto, SE
c. Agus Susanto, S.E
d. Agus Susanto S.E
e. Agus Susanto, S.E.
36.
Penulisan judul yang sesuai dengan EYD adalah ....
a. Prospek Dan Tantangan
Bagi Koperasi.
b. Permasalahan dalam
Bahasa Indonesia.
c. BELAJAR BERPENDAPAT
DALAM FORUM DISKUSI.
d. Bahaya Narkoba Di
Lingkungan Remaja
e. Nilai Dan Prestasi
Siswa di SMU
Kau
Individu berhati cantik,
pancarkan cahaya kebaikan,
takkala gundah menerpa,
mengiris hati, mengubah sorot mata,
tetap, senyum manis tersungging dibibir nan tipis,
seakan mencoba membungkus rapat kalimat bermakna
Irama mengiringi langkah kehidupan
Mengayuh sambil bersiul
Menanti harapan cemerlang.
37. Makna
tersirat yang terkandung dalam puisi yang berjudul kau adalah....
a. Menggambarkan seorang
yang sedang sedih hatinya.
b. Suasana hati yang
senang dan memanfaatkan keadaan.
c. Masa muda yang pennuh
dengan liku-liku kehidupan.
d. Seorang gadis yang tegar dalam menghadapi
berbagai masalah dalam hidupnya.
e. Ketaatan seorang gadis kepada orang yang
sangat berpengaruh bagi dirinya.
38. Sinar
matahari sudah menggelincir ke barat. Kuningnya mulai beranjak ke warna merah,
menimpa pucuk daun-daun kelapa yang berjajar di ladang. Kami mellihat para
pekerja bergegas membereskan peralatan. Kami berjalan menuju rumah nenek.
Perjalanan kami hari ini cukup berkesan.
Jenis karangan yang digunakan dalam penggalan
wacana di atas adalah .....
a. narasi d.
argumentasi
b. eksposisi e. persuasi
c. deskripsi
39. ”Terus solusinya
bagaimana?”
”Kita berempat sudah berunding, karena
Maya takut gelap, dia harus selalu tidur lebih dulu dari kami minimal setengah
jam sesudahnya supaya ketika kami mematikan lampu, dia sudah tidur. Kalau dia
telambat berarti resiko dia. Tapi karena kami baik, he..he..” Siwi tertawa
sejenak. ” Jika ternyata kami sudah tidur dan dia belum, dia boleh menyalakan
minyak. Nah...biar yang lain tidak terganggu sinarnya lampu minyak itu dia
pindah ke tempat tidur yang paling ujung. Bergantian dengan Dinda. Begitu, Bu.”
Cuplikan di atas menceritakan tentang...
a. Seorang anak yang
takut gelap
b. Cara sekelompok anak
dalam menghadapi temannya yang takut gelap
c. Sekelompok anak yang
penakut ketika menghadapi malam
d. Keahlian anak-anak
pada teman-temannya
e. Lampu minyak yang
digunakan sebagai alat penerang ketika malam
40. Ketika
ayah dan ibunya bercerai, Rininta yang duduk kelas 1 SMP terpaksa ikut bersama
ibunya ke Madiun. Di sana dia sekolah di SMP Negeri 1 Madiun. Di tempat yang
masih baru itu, ia sudah mempunyai banyak teman. Hal itu dikarenakan Rininta
pandai bergaul dan memempatkan dirinya sebagai siswa baru.
Dalam penggalan cerita di atas, penulis memakai
sudut pandang pengarang sebagai...
a. pelaku utama d. orang pertama
b. orang kedua e. orang ketiga
c. pelaku sampingan
41. Pak Lurah sangat heran
melihat Pak Wahyu datang malam itu padanya.
”Maafkan saya Pak Lurah, Setelah saya pikir-pikir, ada baiknya saya
tinggalkan desa ini dulu. Ini kunci-kunci rumah saya. Semua sawah, kebun,
penggilingan padi, kerbau, dan sapi, saya titipkan kepada desa ini melalui Pak
Lurah. Mohon dirawat baik-baik. Silakan menggunakan hasilnya menurut keperluan.
Saya percayakan semuanya kepada Pak Lurah. Ini uang sekedar untuk pengeluaran-pengeluaran
semua harta milik saya itu. Selamat tinggal!”
Watak tokoh Pak Wahyu diungkapkan pengarang
melalui...
a. perkataan tokoh
sendiri d. penggambaran langsung
b. penjelasan tokoh lain e. jalan pikirannya
c. perilaku dan
perbuatannya
42. Dalam kehidupan
sehari-hari tokoh seperti Pak Wahyu pada penggalan cerita di atas menunjukkan
watak...
a. pelit b.
pasrah c. nekat d. boros e. dermawan
43. Unsur intrinsik yang dominan dalam penggalan
cerita pada soal nomor 41 di atas adalah...
a. tema
b. penokohan c. latar d.
alur e. amanat
44. Tuhanku
Di pintumu aku mengetuk
Aku tidak bisa bepaling
(Chiril
Anwar)
Potongan puisi di atas bertemakan...
a. keluhan pada Tuhann
b. bersyukur pada Tuhan
c. pasrah pada Tuhan
d. protes pada Tuhan
e. berdoa pada Tuhan
45.
Pemrintah akan memberikan bantuan pembangunan rumah atau bangunan kepada korban
gempa. Bantuan tersebut disesuaikan dengan tingkat kerusakannya. Warga yang
rumahnya rusak ringan mendapat bantuan sekitar 10 juta. Warga yang rumahnya
rusak sedang mendapat bantuan sekitar 20 juta. Warga yang rumahnya rusak berat
mendapat bantuan sekitar 30 juta. Calon penerima bantuan tersebut ditentukan
oleh aparat desa setempat dengan pengawasan pihak LSM.
Jenis pengembangan yang digunakan pada paragraf
eksposisi di atas adalah...
a. eksposisi definisi d. eksposisi perbandingan dan pertentangan
b. eksposisi proses e. ekpsposisi klasifikasi
c. eksposisi ilustrasi
46. Diceritakan dalam
sebuah cerpen, bahwa Anto kebingungan dalam memilih satu dari dua keinginannya.
Apakah ia melanjutkan ke perguruan tinggi atau tetap terdiam di kampungnya
untuk menemani ayahnya yang sering sakit-sakitan.
ilustrasi di atas menggambarkan konflik...
a.
batin d.
budaya
b.
Anto dengan temannya e.
fisik
c. Anto
dengan lingkungannya
47. Gubernur DKI Jakarta
menginstruksiksn agar masyarakat dapat memanfaatkan lahan tidur untuk
ditanami palawija maupun sayur-sayuran.
Kata yang dicetak miring dalam kalimat di atas mempunyai
makna...
a. kebun milik tuan
tanah
b. lahan yang tidak ada
pemiliknya
c. lahan yang kosong dan
tidak dimanfaatkan
d. tanah pembangunan
proyek yang terbengkalai
e. tanah di sekitar
bangunan fasilitas milik pemerintah
48.
Berikut ini yang bukan merupakan kalimat opini adalah...
a. Pemandangan di balik gunung itu sangat indah
b. Bulan depan diperkirakan akan turun hujan
c. Untuk menghindari bentrok fisik, aparat harus bertindak
d. Dua orang mahasiswa tewas akibat tawuran kemarin
e. Rencananya pengurus OSIS pergi tanggal 8 Desember 2008
49. Kalimat berikut yang berisi fakta
adalah...
a. Keprihatinan
kita menjadi lebih lengkap ketika melihat masalah kurangnya perhatian pemerintah terhadap anak
b. Anak
seharusnya menyatu dan dekat dengan ibu, justru harus bergelut mengatasi
masalah ekonomi keluarga
c. Berdasarkan
data yang ada, di 12 kota besar di Indonesia terdapat lebih dari 50.000 anak
yang hidup di jalanan dan terpisah dari orang tuanya
d. Masih
banyak anak-anak di Indonesia yang terpaksa bekerja pada lingkungan yang
eksploratif
e. Kini
jumlah anak putus sekolah di Indonesia masih sangat memprihatinkan
50. Perhatikan urutan
kalimat berikut ini!
1). Karena tanpa bantuan masyarakat,
Keamanan sukar diwujudkan.
2). Misalnya, masyarakat mengadakan siskamling untuk menjaga keamanan di malam hari secara bergantian.
3). Caranya, masyarakat membentuk petugas keamanan dari masyarakat itu sendiri
4). Di samping itu, masyarakat harus senantiasa waspada terhadap orang
– orang yang tidak dikenal.
5). Lingkungan aman perlu diciptakan oleh masyarakat.
Kalimat –
kalimat tersebut dapat dijadikan sebuah paragraf argumentasi yang baik dengan
susunan . . . .
a.
(5), (1), (2), (3), dan (4)
b.
(5), (2), (4), (1), dan (3)
c.
(5), (3), (2), (1), dan (4)
d.
(5), (3), (4), (2), dan (1)
e. (5), (4), (3), (2), dan (1)
0 Komentar untuk "Soal Bahasa Indonesia Kelas X (8)"