Soal Bahasa Indonesia Kelas X (8)

LEMBARAN SOAL


Mata Pelajaran   : BAHASA INDONESIA
Sat. Pendidikan  : SMA
Kelas / Program : X ( SEPULUH  )

PETUNJUK UMUM
1.    Tulis nomor dan nama Anda pada lembar jawaban yang disediakan
2.    Periksa dan bacalah soal dengan teliti sebelum Anda bekerja
3.    Kerjakanlah soal anda pada lembar jawaban
4.    Gunakan waktu dengan efektif dan efisien
5.    Periksalah pekerjaan anda sebelum diserahkan kepada Pengawas

Pilihlah jawaban yang paling tepat.

1.      Tampaknya kesan yang ditanamkan pada diri penonton adalah mereka dapat memahami dan merasakan kehidupan orang lain. Dengan kata lain, penonton diajak untuk merenungkan penderitaan atau kegembiraan orang lain. Mialnya, ikut bersedih jika melihat tokoh bertindak sewenang – wenang, ikut bertafakur jika orang lain mendapat musibah, dan ikut gembira jika orang lain senang
     Gagasan utama paragraf di atas terletak di….
a. awal paragraf                                               d.   tengah paragraf
b. Akhir paragraf                                             e.  awal dan akhir paragraf
      c. campuran   

2.   Jika ada yang masuk angin, obati dengan rimpang kencur. Radang lambung dapat disembuhkan dengan rimpang kencur. Perut mual, panas dalam segera sembuh setelah minum air rimpang kencur. Bahkan, urat tegang dapat disembuhkan dengan rimpang kencur.
      Kalimat kesimpulan yang sesuai dengan isi paragraph tersebut . . . .
a.       Tidak mengherankan jika banyak pabrik obat menggunakan rimpang kecur sebagai bahan utama pembuatan obat.
b.      Rimpang kencur dapat mengobati berbagai macam penyakit.
c.       Selain untuk makanan, rimpang kencur dapat digunakan sebagai obat yang mujarab.
d.      Rimpang kencur termasuk tanaman yang sangat bermanfaat bagi manusia.
e.       Tanaman kencur memberi manfaat yang sangat banyak kepada manusia.

3.  Meraih cita – cita sama dengan menggapai gunung. Saat pendakian menuju puncak, tidak berjalan dengan lancar. Adakalanya, kita menemui jalan licin, semak belukar, medan yang sulit, dan sebagainya. Jika kita dapat mengatasi rintangan, sampailah di puncak gunung yang dituju. Begitu pula dengan meraih cita – cita. Rintangan datang silih berganti. Di antaranya adalah kesulitan memahami pelajaran, kesulitan biaya, kegagalan dalam ujian, dan sebagainya. Bila kita tetap tabah dan tidak putus asa, cita – cita tersebut dapat terwujud.
      Kalimat kesimpulan yang tepat untuk mengakhiri paragraf tersebut adalah . . . .
a.       Begitulah mendaki gunung dan cara belajar yang baik.
b.      Jadi, meraih cita – cita sama dengan menggapai puncak gunung.
c.       Memang, belajar sama dengan mendaki puncak gunung.
d.      Demikianlah rintangan dalam belajar dam mendaki medan yang sulit.
e.       Ternyata memang benar, ketekunan belajar sama dengan kesabaran mendaki.

4.      Pelanggaran lalu lintas sering dilakukan. Contoh pelanggaran itu di antaranya menyeberang di sembarang tempat. Padahal, tempat penyeberangan sudah tersedia. Bus berhenti sekehendak hati supir. Pengendara kendaraan bermotor sering mengebut. Banyak pengendara tidak memiliki SIM.
Jenis paragraph tersebut . . . .
a.       narasi
b.      eksposisi
c.       persuasi
d.      argumentasi
e.       deskripsi

5.      Saat ini, sepanjang Sungai Cisadane airnya berwarna cokelat. Sampah plastik dan sampah rumah tangga lainya bertebaran di badan sungai. Di pinggir sungai, berdiri industri yang membuang limbah ke sungai itu.
      Kalimat yang tepat untuk melengkapi paragraf deskripsi tersebut adalah . . . .
a.       Di beberapa titik, bau menyengat pun tercium.
b.      Air sungai itu pun digunakan untuk mencuci dan mandi.
c.       Penduduk di bantaran sungai sering membuang sampah ke sungai.
d.      Pembuangan limbah ke sungai dapat mengancam lingkungan.
e.       Kondisi itu sangat memprihatinkan dan menunjukkan rendahnya kesadaran masyarakat.

6.      (1) Tanaman perlu perawatan. (2) Merawat tanaman dapat dilakukan dengan cara memberi pupuk, menyirami setiap hari, dan menyiangi rumput yang mengganggu pertumbuhannya. (3) Rumput ada yang dapat dijadikan obat. (4) Apalagi perawatan tanaman dilakukan dengan sungguh – sungguh. (5) Tanaman akan tumbuh dengan baik dan berkualitas tinggi sehingga dapat dinikmati dengan puas.
Kalimat penjelas yang tidak mengacu kepada kalimat utama (tidak padu) terdapat dalam kalimat . . . .
a.       nomor 1
b.      nomor 2
c.       nomor 3
d.      nomor 4
e.       nomor 5

                                                                 

Jika kalian akan menyunting paragraf di atas, ada kalimat yang tidak koheren, yaitu terdapat dalam kalimat urutan . . . .
a.       Pertama
b.      Kedua
c.       Ketiga
d.      Keempat
e.       Kelima

8.   Segala cinta di dunia ini tidak ada yang abadi (kekal). Hal itu harus disadari oleh semua orang, terutama yang sangat berlebihan mencintai sesuatu, karena semuanya akan lenyap. Hanya yang kekal adalah cinta Tuhan kepada umat-Nya. Oleh sebab itu, serahkanlah segala-galanya kepada Tuhan karena Tuhan Maha Pengasih dan Maha Mengetahui. Siapa yang telah melupakan Tuhannya segeralah bertobat dan kembali ke jalan-Nya. Hanya Tuhan yang dapat menyelamatkan manusia.



      Larik puisi (kalimat) berikut yang bukan merupakan pemadatan pernyataan hal di atas adalah . . . .
a.       Segala cintaku hilang terbang
b.      Pulang kembali aku kepada-Mu
c.       Seperti dulu
d.      Di langit yang tinggi
e.       Habis kikis


Kata cakar dalam bait puisi Pada-Mu Jua dalam pembahasan materi tersebut melambangkan . . . .
a.       Kemarahan Tuhan
b.      Ketajaman
c.       Kekuatan
d.      Kekukuhan hati
e.       Kekuasaan Tuhan

10.       Musim semi telah tiba. Salju mencair di ladang – ladang dan lembah – lembah. Salju di    atas puncak – puncak gunung secara berangsur – angsur mencair dan menggenangi jalan – jalan setapak yang berliku – liku menuju ke dalam lembah ngarai, bergabung dengan sebuah aliran air yang deras dan berdebur merperlihatkan kesadaran alam. Pohon buah badam dan apel sedang berbunga; pohon willow dan populir bertunas bersama kuntuk – kuntum, dan alam membentangkan kebahagiaan dan pakaian segarnya di daerah pedalaman.  
(Lukisan Keabadian karya Kahlil Gibran)
      Berdasarkan tujuannya, kutipan di atas digolongkan jenis paragraf . . . .
a.       argumentasi
b.      narasi
c.       persuasi
d.      deskripsi
e.       eksposisi

11.  Bacalah bacaan berikut!
Kemarau di Sungai Barito tidak hanya menimbulkan masalah transportasi, namun secara tidak langsung juga menimbulkan ancaman lingkungan yang sangat serius. Seiring dengan surutnya air sungai yang melintas di Kalimantan Tengah dan Kalimantan Selatan ini, bermunculan ribuan penambang emas di badan sungai. Pencemaran merkuri atau air raksa mengancam sungai sepanjang 900 kilometer ini karena para penambang itu mengolah biji emas yang mereka temukan dengan air raksa atau merkuri. Seperti yang ada di Sungai Kahayan, mereka menggunakan mesin sedot yang diletakkan di atas rakit kayu di sungai.

Intisari isi wacana tersebut adalah . . .
a.       Kemarau di Sungai Barito menimbulkan masalah transportasi dan pencemaran lingkungan.
b.      Kemarau di Sungai Barito mencemari air sungai sepanjang 90 km.
c.       Kemarau di Sungai Barito menyebabkan munculnya para penambang emas.
d.      Kemarau di Sungai Barito mengancam para penambang emas.
e.       Kemarau di Sungai Barito menyebabkan masalah pencemaran lingkungan.


12.  Bacalah bacaan berikut !
Terumbu karang merupakan habitat sejumlah biota. Ikan kerapu, kakap merah, udang dan ikan hias banyak berlindung di sana. Perusahaan terumbu karang oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab menyebabkan biota-biota itu terancam punah.

Kalimat tanggapan yang sesuai dengan isi bacaan di atas adalah ....
a.       Sebaiknya, perusak terumbu karang diberi pekerjaan baru sesuai keinginan mereka.
b.      Seharusnya, perusak segera diberantas karena mengancam kepunahan biota.
c.       Tidak heran jika biota-biota itu telah punah karena mereka telah merusak terumbu karang.
d.      Boleh saja mereka mengambil terumbu karang itu asal untuk membantu perekonomian mereka.
e.       Penanggung jawab kerusakan adalah orang atau nelayan yang tinggal di sekitar laut.

13.  Bacalah paragraf  berikut!
Jika melihat sosok Singapura seperti sekarang ini, boleh jadi Anda tidak membayangkan bahwa negara yang identik dengan nama kotanya itu jugan pernah memiliki problem yang sama dengan Jakarta dan kota-kota besar lainnya di Indonesia. Prolem perkotaan yang dihadapi Singapura pada masa lalu kini sirna. Muncullah sosok kota modern yang tertata apik, teratur, bersih dan indah.
Inti paragraf di atas adalah …
a.       Singapura telah menjadi kota modern.
b.      Singapura telah menjadi kota yang tertata, teratur, bersih dan indah.
c.       Singapura pernah mengalami problem kota besar .
d.      Singapura berhasil mengatasi problem perkotaan dengan baik.
e.       Singapura dan kota-kota besar di Indonesia memiliki kesamaan.

14.  Bacalah paragraf berikut!
(1) Jika kesehatan di desa-desa baik, maka ketahanan masyarakat juga kuat. (2) Begitu penegasan Menteri Kesehatan Achmad Sujudi tentang dasar program Warung Obat Desa (WOD). (3) Di desa-desa, lanjutnya, yang menjadi ujung tombak kesehatan adalah bidan. (4) Selain bertugas menangani dan melayani ibu-ibu hamil, bidan juga memberikan pelayanan kesehatan lain. (5) Beban itu terlalu berat maka perlu dibantu oleh tenaga lain.
Opini dalam paragraf di atas tersebut terdapat dalam kalimat nomor …
a.       (1) dan (2)
b.      (1) dan (3)
c.       (1) dan (5)
d.      (2) dan (4)
e.       (3) dan (5)
15.  Yelena Isinbayeva (Rusia) benar-benar meraih “puncak dunia” setelah menyabet medali emas nomor loncat tinggi galah, selasa (24/8), di stadion Olimpiade, Athena. Loncatan emasnya setinggi 4,89 meter sekaligus memecahkan rekor dunia atas namanya sendiri. Isinbayeva begitu larut dalam kegembiraan karena di Athena 2004 ini, dia juga sukses mengalahkan seteru abadi, sekaligus teman berlatihnya, Svetlana Feofaneva. Ia sukses meloncat dua sentimeter lebih tinggi dari rekor dunia atas namanya sendiri. Feonava  merebut keping perak dengan loncatan setinggi 4,75 meter.
Jika ditanyakan “Berapakah rekor dunia loncat tinggi galah yang dicapai sebelum Olimpiade 2004?”.  Jawaban yang tepat untuk pertanyaan tersebut adalah …
a.       4,89 meter
b.      4,90 meter
c.       4,87 meter
d.      4,76 meter
e.       4,75 meter

16. Bacalah paragraf berikut!
      Di belakang bukit sebelah selatan, padang ilalang terbentang luas, …..
      Putih tipis, terumbai-rumbai bergerak hidup angina seperti busa air  di arus kali yang             luas.
      Kalimat yang tepat untuk melengkapi deskripsi di atas adalah …….


a.       Sawah hijau kelihatan menyenangkan hati.
b.      Bunga-bunga ilalang berayun-ayun.
c.       Saat itu, padang ilalang penuh dengan bunga-bunga.
d.      Seandainya, padang ilalang tumbuh subur.
e.       Betapa aku ingin memetik bunganya.
17.  Palembang adalah kota tua dengan sejarah panjang.
Kalimat penjelas yang tidak sesuai dengan kalimat tersebut jika dikembangkan menjadi paragraf eksposisi adalah ....
a.       Usia Palembang yang 13 abad didasarkan atas prasasti berangka tahunan 682 Masehi yang ditemukan di Bukit Siguntang.
b.      Sudut-sudut kota ini menyimpan banyak sejarah perjalanan manusia penghuninya sejak zaman kerajaan Sriwijaya.
c.       Rencananya, di sepanjang tepian sungai terpanjang di Sumatera itu, akan dibangun pasar dan restoran terapung.
d.      Akan tetapi, tahun-tahun terakhir ini Palembang seperti kehilangan roh yang ditandai dengan kondisi bangunan bersejarah yang memprihatinkan.
e.       Jembatan Ampera, misalnya, dibiarkan lusuh selama bertahun-tahun tanpa sentuhan pemeliharaan.

18.  Wahai muda, kenali dirimu
Inilah perahu tamsil tubuhmu
Tiadalah berapa lama hidupmu
ke akhirat jua kekal diammu
Kutipan di atas termasuk salah satu jenis puisi lama, yaitu...
a.       gurindam                     c. mantra                     e. bidal
b.      talibun                         d. syair
19.  Bacalah penggalan cerita “ Mutiara di Tengah Sawah” berikut!
Tiba-tiba, jantungku gemetar karena sadar akan tujuan pembicaraannya bahwa dia sebagai orang dewasa tidak bisa ditipu atau dibohongi. Pastilah sekarang bagiku dia sungguh-sungguh mencurigai aku bahwa akulah yang mencuri cincin itu.
                                                                         (Mutiara di Tengah Sawah, Gerson Poyk)
Konflik yang terjadi pada tokoh “aku” adalah konflik ………..
a.       aku dengan cincin
b.      aku dengan dia
c.       aku dengan lingkungan
d.      aku dengan orang dewasa
e.       aku dengan dirinya sendiri
20. Bacalah puisi berikut!  


Suasana yang tergambar dalam penggalan puisi tersebut adalah ........
a.       sedih
b.      gelisah
c.       takut
d.      semangat
e.       sepi

21.  Bacalah puisi berikut!
Daun-Daun Gugur Lagi

Bumi kembali menangis, saat letusan itu muntah
Melebihi guntur siang hari, ada pekik burung-burung nazar
Ada tangis mulai beriuhan, dan ada kegirisan terkurung
Daun-daun itu gugur, daun-daun itu gugur lagi
Rebah ke pangkuan pertiwi yang belum henti membalut luka
Kemudian berjuta-juta perjuangan bergelora
Seakan tak akan dihentikan
……………
                                                                                                                     (Iyut Fitra)
Amanat yang tersirat dalam penggalan puisi di atas adalah …
a.       Renungkanlah apa yang sedang terjadi.
b.      Kita jangan melupakan jasa perjuangan para pahlawan.
c.       Hendaknya, kita berjuang terus untuk mengatasi masalah negeri ini.
d.      Janganlah menyia-nyiakan pengorbanan para pahlawan.
e.       Negeri ini jangan dibuat kacau dan tidak aman terus.

22.  Bacalah penggalan karangan berikut!
Kini jumlah anak jalanan Indonesia sekitar 42.000 orang. Mereka berusia anatara lima sampai delapan belas tahun. Dari jumlah sebanyak itu, departemen Sosial hanya mampu menangani sekitar 27.000 orang. Untuk selebihnya, masyarakat termasuk pesantren-pesantren ikut menanganinya.

Penggalan karangan tersebut termasuk jenis karangan ....
a.       narasi
b.      deskripsi
c.       eksposisi
d.      argumentasi
e.       persuasi

23.  Bacalah puisi berikut!
Ombak memecah di tepi pantai
Angin berhembus lemah lembut
Puncak kelapa melambai-lambai
Di ruang angkasa awan bergelut

Puisi tersebut menggunakan majas …
a.       metafora
b.      asosiasi
c.       litotes
d.      eufemisme
e.       personifikasi

24.  Perhatikan kalimat-kalimat berikut!
(1)   Sungai yang mengalir di tengah desa kering kerontang.
(2)   Orang tampak berdesak-desak menunggu giliran menimba.
(3)   Sawah dan ladang seperti hangus di timpa terik matahari.
(4)   Sumur pun banyak yang sudah tidak berair lagi.
(5)   Musim kemarau yang panjang dan kering tahun ini merupakan bencana bagi daerah kami.
  
Urutan-urutan kalimat tersebut jika dijadikan paragraf yang mencerminkan perkembangan gagasaan yang logis adalah ....
a.       (3) , (1) , (2) , (5) , (4)
b.      (5) , (3) , (1) , (4) , (2)
c.       (2) , (4) , (1) , (3) , (5)
d.      (1) , (5) , (2) , (4) , (3)
e.       (4) , (2) , (5) , (3) , (1)

25. Kalimat berikut yang termasuk kalimat majemuk setara (koordinatif) adalah …
  1. Kami akan datang jika ada suatu undangan dan tugas dari kepala sekolah.
  2. Mereka tidak mengakui perbuatannya karena tidak ingin namanya tercemar.
  3. Gadis itu sangat cerdas, parasnya cantik, dan disenangi teman-temannya.
  4. Gemuruh mempercepat hari menjadi gelap sehingga membuat pekerjaannya tidak selesai.
  5. Orang yang kemarin datang ditangkap polisi karena kasus penipuan.

26. Majas sinekdoke ( totem pro parte) terdapat dalam kalimat ...
  1. Dia merasa kesepian di tengah-tengah keramaian pesta itu.
  2. Kenaikan harga-harga bahan bangunan terasa sampai mencekik leher.
  3. Indonesia berhasil merebut piala Thomas Cup untuk kedelapan kalinya.
  4. Tadi pagi ibu membeli dua ekor ayam.
  5. Perpustakaan adalah gudang ilmu yang tidak akan habis-habisnya.

27. Safitri sangat berhati-hati dalam bergaul ketika ia sudah berada di sekolah barunya. Ia khawatir ada tingkah lakunya yang tidak sesuai dengan kebiasaan teman-temannya. Ia pun tahu bahwa setiap tempat ataupun setiap sekolah punya kebiasaan masing-masing yang boleh jadi berbeda dengan kebiasaan teman-temannya terdahulu.
Sikap Safitri tersebut sesuai dengan peribahasa ...
  1. Pucuk dicinta ulampun tiba.
  2. Tak ada gading yang tak retak.
  3. Bayang-bayang sepanjang badan.
  4. Berakit-rakit ke hulu berenang-renang ke tepian.
  5. Lain lading lain belalang, lain lubuk lain ikannya.

28. Dewi malam mulai memancarkan sinarnya.
Gaya bahasa di atas terdapat pula dalam kalimat …
  1. Engkaulah belahan jantung hatiku
  2. Hatinya menyala bagai bara api.
  3. Mukanya pucat bagai bulan kesiangan.
  4. Kami selalu memakai pepsodent setiap kali kami menyikat gigi.
  5. Suaranya menggelegar membahana memenuhi isi ruangan.

29. Kalimat yang mengandung majas pleonasme adalah ...
  1. Dia pergi naik merpati.
  2. Walau keadaannya gelap gulits, dia masih mencoba meneruskan perjalanannya.
  3. Berilah dia jalan yang penuh bunga, nyanyian yang merdu.
  4. Orang itu berubah akal semenjak mengalami kecelakaan yang parah.
  5. Pintu-pintu pun terbuka sambil tersenyum menyambut sang pemilik rumah.

30. ”Saudara moderator, setelah saya mendengar uraian saudara A, saya merasa bingung karena uraian tersebut bertentangan dengan isi makalahnya, yakni pada halaman 2, baris 27”.
  1. Pembelaan terhadap moderator
  2. Tanggapan seorang pemandu diskusi
  3. Sanggahan seorang moderator diskusi
  4. Pembelaan seorang penyaji terhadap isi makalahnya
  5. Tanggapan seorang peserta diskusi tentang ketidakpuasan

31. Berikut contoh tanggapan tentang rencana pelaksanaan lomba baca puisi adalah ....
  1. Sisa anggaran dari pelaksanaan tersebut harus dimasukkan ke kas OSIS
  2. Sebaiknya dalam penyusunan rencana ini kita melibatkan para ketua kelas
  3. Kita harus menyampaikan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah mendukung acara kita ini.
  4. Syukurlah pelaksanaan kegiatan tersebut berjalan sukses, itu semua karena peran aktif kalian semua
  5. Puisi merupakan karya sastra yang digemari banyak kalangan, tidak hanya para siswa tetapi juga masyarakat umum.


32. Penggunaan tanda petik (“...”) yang tepat tedapat pada kalimat ....
a.       “Dari mana Li?” tanya Mira
b.      “Apa yang kamu lakuka, tanya Wisnu”
c.       “Saya akan kerjakan semuanya” kata Indri
d.      Reni berkata “Surat itu sudah diberikan”
e.       “Dini berkata, novel ini memang menarik”


33. Penggunaan tanda koma (,) yang tidak tepat terdapat pada kalimat ....
a.       Buku itu ditulis oleh Muh. Arif Rahman M,Pd.
b.      Saya harus ke pasar, tetapi kaki saya sakit.
c.       Kata Ibu, “Wina tadi siang kesini.”
d.      Guru kami, Bu Ranti, cantik sekali.
e.       Adik dibelikan tas, buku dan pensil oleh ibu.

34. Penggunaan tanda titik (.) yang tepat terdapat pada kalimat ....
a.   Harga 1 Kg. telur sekarang adalah Rp. 8.000.
b.   Kesehatan Sinta diperiksa oleh dr. Kayanto.
  1. Paman tiba di Jakarta pada pukul.14.30 WIB.
  2. Letjen. Suprapto mengeluarkan buku berjudul Disiplin dan Politik.
  3. Alamatnya di jalan Bogenvil no.24 jakarta.

35. Penulisan gelar akademis yang paling benar dengan EYD adalah ....
a.    Agus Susanto. S.E
b.   Agus Susanto, SE
c.   Agus Susanto, S.E
d.   Agus Susanto S.E
e.   Agus Susanto, S.E.

36. Penulisan judul yang sesuai dengan EYD adalah ....
a.       Prospek Dan Tantangan Bagi Koperasi.
b.      Permasalahan dalam Bahasa Indonesia.
c.       BELAJAR BERPENDAPAT DALAM FORUM DISKUSI.
d.      Bahaya Narkoba Di Lingkungan Remaja
e.       Nilai Dan Prestasi Siswa di SMU
            
  Kau
Individu berhati cantik,
pancarkan cahaya kebaikan,
takkala gundah menerpa,
mengiris hati, mengubah sorot mata,
tetap, senyum manis tersungging dibibir nan tipis,
seakan mencoba membungkus rapat kalimat bermakna
Irama mengiringi langkah kehidupan
Mengayuh sambil bersiul
Menanti harapan cemerlang.

37. Makna tersirat yang terkandung dalam puisi yang berjudul kau adalah....
a.       Menggambarkan seorang yang sedang sedih hatinya.
b.      Suasana hati yang senang dan memanfaatkan keadaan.
c.       Masa muda yang pennuh dengan liku-liku kehidupan.
d.    Seorang gadis yang tegar dalam menghadapi berbagai masalah dalam hidupnya.
e.     Ketaatan seorang gadis kepada orang yang sangat berpengaruh bagi dirinya.

38. Sinar matahari sudah menggelincir ke barat. Kuningnya mulai beranjak ke warna merah, menimpa pucuk daun-daun kelapa yang berjajar di ladang. Kami mellihat para pekerja bergegas membereskan peralatan. Kami berjalan menuju rumah nenek. Perjalanan kami hari ini cukup berkesan.

Jenis karangan yang digunakan dalam penggalan wacana di atas adalah .....
a.   narasi                                                   d. argumentasi
b.   eksposisi                                              e. persuasi
c.   deskripsi                     

39. ”Terus solusinya bagaimana?”
      ”Kita berempat sudah berunding, karena Maya takut gelap, dia harus selalu tidur lebih dulu dari kami minimal setengah jam sesudahnya supaya ketika kami mematikan lampu, dia sudah tidur. Kalau dia telambat berarti resiko dia. Tapi karena kami baik, he..he..” Siwi tertawa sejenak. ” Jika ternyata kami sudah tidur dan dia belum, dia boleh menyalakan minyak. Nah...biar yang lain tidak terganggu sinarnya lampu minyak itu dia pindah ke tempat tidur yang paling ujung. Bergantian dengan Dinda. Begitu, Bu.”

Cuplikan di atas menceritakan tentang...
a.       Seorang anak yang takut gelap
b.      Cara sekelompok anak dalam menghadapi temannya yang takut gelap
c.       Sekelompok anak yang penakut ketika menghadapi malam
d.      Keahlian anak-anak pada teman-temannya
e.       Lampu minyak yang digunakan sebagai alat penerang ketika malam

40. Ketika ayah dan ibunya bercerai, Rininta yang duduk kelas 1 SMP terpaksa ikut bersama ibunya ke Madiun. Di sana dia sekolah di SMP Negeri 1 Madiun. Di tempat yang masih baru itu, ia sudah mempunyai banyak teman. Hal itu dikarenakan Rininta pandai bergaul dan memempatkan dirinya sebagai siswa baru.
Dalam penggalan cerita di atas, penulis memakai sudut pandang pengarang sebagai...
a.       pelaku utama                                                            d.   orang pertama
b.      orang kedua                                                             e.   orang ketiga
c.       pelaku sampingan

41. Pak Lurah sangat heran melihat Pak Wahyu datang malam itu padanya.
      ”Maafkan saya Pak Lurah, Setelah saya pikir-pikir, ada baiknya saya tinggalkan desa ini dulu. Ini kunci-kunci rumah saya. Semua sawah, kebun, penggilingan padi, kerbau, dan sapi, saya titipkan kepada desa ini melalui Pak Lurah. Mohon dirawat baik-baik. Silakan menggunakan hasilnya menurut keperluan. Saya percayakan semuanya kepada Pak Lurah. Ini uang sekedar untuk pengeluaran-pengeluaran semua harta milik saya itu. Selamat tinggal!”
Watak tokoh Pak Wahyu diungkapkan pengarang melalui...
a.       perkataan tokoh sendiri                                            d.   penggambaran langsung
b.      penjelasan tokoh lain                                                e.   jalan pikirannya
c.       perilaku dan perbuatannya

42. Dalam kehidupan sehari-hari tokoh seperti Pak Wahyu pada penggalan cerita di atas menunjukkan watak...
a.   pelit                 b. pasrah          c. nekat            d. boros           e. dermawan

43. Unsur intrinsik yang dominan dalam penggalan cerita pada soal nomor 41 di atas adalah...
      a.   tema    b. penokohan               c. latar             d. alur              e. amanat

44.    Tuhanku
      Di pintumu aku mengetuk
      Aku tidak bisa bepaling
                              (Chiril Anwar)


Potongan puisi di atas bertemakan...
a.       keluhan pada Tuhann
b.      bersyukur pada Tuhan
c.       pasrah pada Tuhan
d.      protes pada Tuhan
e.       berdoa pada Tuhan
45. Pemrintah akan memberikan bantuan pembangunan rumah atau bangunan kepada korban gempa. Bantuan tersebut disesuaikan dengan tingkat kerusakannya. Warga yang rumahnya rusak ringan mendapat bantuan sekitar 10 juta. Warga yang rumahnya rusak sedang mendapat bantuan sekitar 20 juta. Warga yang rumahnya rusak berat mendapat bantuan sekitar 30 juta. Calon penerima bantuan tersebut ditentukan oleh aparat desa setempat dengan pengawasan pihak LSM.
Jenis pengembangan yang digunakan pada paragraf eksposisi di atas adalah...
a.       eksposisi definisi                                                   d.   eksposisi perbandingan dan pertentangan
b.      eksposisi proses                                                     e.   ekpsposisi klasifikasi
c.       eksposisi ilustrasi

46.  Diceritakan dalam sebuah cerpen, bahwa Anto kebingungan dalam memilih satu dari dua keinginannya. Apakah ia melanjutkan ke perguruan tinggi atau tetap terdiam di kampungnya untuk menemani ayahnya yang sering sakit-sakitan.
ilustrasi di atas menggambarkan konflik...
a.   batin                                                                            d.   budaya
b.   Anto dengan temannya                                               e.   fisik
c.  Anto dengan lingkungannya

47.  Gubernur DKI Jakarta menginstruksiksn agar masyarakat dapat memanfaatkan lahan tidur untuk ditanami palawija maupun sayur-sayuran.
      Kata yang dicetak miring dalam kalimat di atas mempunyai makna...
a.       kebun milik tuan tanah
b.      lahan yang tidak ada pemiliknya
c.       lahan yang kosong dan tidak dimanfaatkan
d.      tanah pembangunan proyek yang terbengkalai
e.       tanah di sekitar bangunan fasilitas milik pemerintah

48. Berikut ini yang bukan merupakan kalimat opini adalah...
a.   Pemandangan di balik gunung itu sangat indah
b.   Bulan depan diperkirakan akan turun hujan
c.   Untuk menghindari bentrok fisik, aparat harus bertindak
d.   Dua orang mahasiswa tewas akibat tawuran kemarin
e.   Rencananya pengurus OSIS pergi tanggal 8 Desember 2008

49. Kalimat berikut yang berisi fakta adalah...
a.   Keprihatinan kita menjadi lebih lengkap ketika melihat masalah kurangnya perhatian    pemerintah terhadap anak
b.   Anak seharusnya menyatu dan dekat dengan ibu, justru harus bergelut mengatasi masalah ekonomi keluarga
c.   Berdasarkan data yang ada, di 12 kota besar di Indonesia terdapat lebih dari 50.000 anak yang hidup di jalanan dan terpisah dari orang tuanya
d.   Masih banyak anak-anak di Indonesia yang terpaksa bekerja pada lingkungan yang eksploratif
e.   Kini jumlah anak putus sekolah di Indonesia masih sangat memprihatinkan

50. Perhatikan urutan kalimat berikut ini!
1). Karena tanpa bantuan masyarakat, Keamanan sukar diwujudkan.
2). Misalnya, masyarakat mengadakan siskamling untuk menjaga keamanan di malam hari secara bergantian.
3). Caranya, masyarakat membentuk petugas keamanan dari masyarakat itu sendiri
4). Di samping itu, masyarakat harus senantiasa waspada terhadap orang – orang yang tidak dikenal.
5). Lingkungan aman perlu diciptakan oleh masyarakat.
Kalimat – kalimat tersebut dapat dijadikan sebuah paragraf argumentasi yang baik dengan susunan . . . .
a.       (5), (1), (2), (3), dan (4)
b.      (5), (2), (4), (1), dan (3)
c.       (5), (3), (2), (1), dan (4)
d.      (5), (3), (4), (2), dan (1)

e.       (5), (4), (3), (2), dan (1)

0 Komentar untuk "Soal Bahasa Indonesia Kelas X (8)"

Back To Top