Progran tahunan (prota) adalah garis besar perencanaan alokasi waktu, capaian pembelajaran dan tujuan pembelajaran dalam satu tahun yang akan dicapai dalam kurikulum mata pelajaran tersebut. Prota juga memberi gambaran umum tentang materi yang akan dicapai dan alokasi waktu tertentu sesuai pekan efektif kalender pendidikan sekolahnya masing-masing dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran pada capaian pembelajaran mata pelajaran sesuai dengan fasenya masing-masing. Berikut adalah contoh Prota Mapel Bahasa Inggris kelas 11 fase F Kurikulum Merdeka Tahun Pelajaran 2025-2026.
PROGRAM TAHUNAN
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Satuan Pendidikan : SMA/MA
Kelas / Semester : XI / Ganjil
Fase : F
Tahun Pelajaran : 2025 / 2026
Elemen : Menyimak-Berbicara (Listening Speaking)
Membaca-Memirsa (Reading-Viewing)
Menulis-Mempresentasikan (Writing-Presenting)
Capaian Pembelajaran :
Pada akhir fase F, peserta didik menggunakan teks lisan, tulisan dan visual dalam berbagai jenis teks dengan berbagai macam topik kontekstual untuk berkomunikasi sesuai dengan situasi, tujuan, dan target pemirsa/pembacanya. Peserta didik memproduksi teks lisan, tulisan dan visual dalam bahasa Inggris yang terstruktur dengan kosakata yang lebih beragam untuk berdiskusi dan menyampaikan keinginan/perasaan/pendapat. Peserta didik memahami teks lisan, tulisan dan visual untuk mempelajari sesuatu/mendapatkan informasi dan untuk hiburan. Pemahaman mereka terhadap teks semakin mendalam. Keterampilan inferensi tersirat ketika memahami informasi, dan kemampuan evaluasi berbagai jenis teks dalam bahasa Inggris sudah berkembang.
SMT |
FASE – KELAS - TUJUAN PEMBELAJARAN |
Alokasi Waktu |
1 |
F.11.1 Menemukan kosa kata yang berkaitan dengan gambar berdasarkan dialog yang diperdengarkan F.11.2 Menganalisis kalimat present perfect dari sebuah teks Unique Hobbies F.11.3 Menjodohkankan kata dan definisinya yang berkaitan dengan experience dan pastime F.11.4 Memerankan dialog secara berpasangan tentang experience to abroad F.11.5 Menemukan informasi tertentu di dalam teks listening comprehension F.11.6 Menyimpulkan feeling yang sesuai dg percakapn di dalam teks listening comprehension F.11.7 Membedakan action verb dan stative verb F.11.8 Membuat dan Mempresentasikan social media F.11.9 Menjawab soal uji kompetensi
|
15 JP |
F.11.10 Menemukan kosa kata yang berkaitan dengan gambar berdasarkan dialog yang diperdengarkan F.11.11 Menganalisis informasi yang tepat dari teks listening comprehension F.11.12 Menganalisis kalimat past perfect tense F.11.13 Menemukan informasi rinci dalam teks listening comprehension F.11.14 Menggunakan adverb staters dalam kalimat F.11.15 Menuliskan deskripsi gambar F.11.16 Menilai sebuah pernyataan benar atau salah berdasarkan teks F.11.17 Mencontohkan kalimat past perfect continuous tense F.11.18 Menyusun kalimat acak menjadi kalimat yang tepat F.11.19 Membuat deskripsi singkat tentang biografi pahlawan yang dikaguminya F.11.20 Mempresentasikan biografi pahlawan F.11.21 Menjawab soal uji kompetensi
|
15 JP |
|
F.11.22 Menemukan kosa kata yang berkaitan dengan gambar berdasarkan dialog yang diperdengarkan F.11.23 Menelaah gambar dan berdikusi dengan temannya tentang jenis musik yang disenangi F.11.24 Menyimpulkan sejarah musik rock n roll F.11.25 Menegaskan benar atau salah pernyataan tentang teks reading comprehension F.11.26 Menjawab pertanyaann berdasarkan isi teks reading comprehension F.11.27 Membedakan penggunaan past simple dan present perfect F.11.28 Berdialog secara berpasangan F.11.29 Membuat kalimat present perfect continuous F.11.30 Melakukan short presentation tentang aktivitas temannya F.11.31 Menggunakan phrase to conclude dalam kalimat F.11.32 Mereview dari movies yang mereka tonton F.11.33 Mempresentasikan hasil review ke depan kelas F.11.34 Menjawab soal uji kompetensi
|
15 JP |
|
Total JP |
45 JP |
Bengkulu Tengah, 27 Juni 2025
Mengetahui,
Kepala Madrasah Guru Mata Pelajaran,
.................................... Ali Martopo, S. Pd
0 Komentar untuk "PROGRAM TAHUNAN BAHASA INGGRIS KELAS 11 SMA/MA FASE F "