Contoh-Contoh Soal UTBK 2024 dan Pembahasannya

Contoh Soal Tes UTBK 2024 Pemahaman Bacaan dan Menulis

1. Perhatikan teks di bawah ini:

(1) Sekarang olahraga sangat diminati semua kalangan, baik pria maupun wanita. (2) Oleh karena itu, sepakbola juga tidak hanya diminati oleh kalangan pria, tetapi juga wanita. (3) Akan tetapi, kegiatan ekstrakurikuler di sekolah masih membuka kegiatan tersebut untuk siswa laki-laki. (4) Siswi perempuan juga perlu diberi kesempatan agar ada kesetaraan antarsiswa. (5) Untuk itu, kerja sama sekolah dengan berbagai pihak perlu dilakukan.

Penulisan kata yang salah terdapat pada kalimat nomor ....

A. (1)

B. (2)

C. (3)

D. (4)

E. (5)

Jawaban: B


2. Perhatikan teks di bawah ini:

(1) Apa itu pendidikan karakter? (2) Pendidikan karakter adalah usaha yang disengaja untuk mendidik dan berkembangnya karakter pribadi peserta didik sehingga menjadi pribadi yang bermanfaat bagi dirinya dan lingkungannya. (3) Pendidikan karakter merupakan suatu sistem pendidikan yang bertujuan menanamkan nilai-nilai kepribadian tertentu kepada peserta didik, yang di dalamnya terdapat unsur-unsur pengetahuan, kesadaran, motivasi, dan perilaku untuk melaksanakan nilai-nilai tersebut. (4) Secara umum, fungsi pendidikan ini adalah untuk membentuk karakter peserta didik agar menjadi orang yang bermoral dan berakhlak mulia, toleran, serta tangguh dan berkelakuan baik. (5) Pendidikan karakter erat kaitannya dengan pendidikan moral. (6) Oleh karena itu, pendidikan karakter ....

Kata erat kaitannya dalam kalimat (5) seharusnya ....

A. Dibiarkan saja (sudah benar)

B. Diganti dengan berkaitan erat

C. Diganti dengan berhubungan

D. Didahului kata sangat

E. Dihilangkan kata kaitannya

Jawaban: B


3. Jawab soal di bawah ini dengan isian langsung.

(1) Perubahan iklim terhadap kualitas udara di dunia selalu dilaporkan oleh World Meteorological Organization (WMO) setiap tahun. (2) Menurut ..., musim panas tahun 2022 merupakan musim panas terpanas yang pernah tercatat di Eropa. (3) Rekor ini kemudian dipecahkan pada tahun 2023. (4) Gelombang panas berkepanjangan menyebabkan peningkatan konsentrasi materipartikulat (PM) 2,5 dan ozon di permukaan tanah. (5) Ratusan lokasi pemantauan kualitas udara melampaui tingkat pedoman kualitas udara ozon WHO, yakni sebesar 100 mikron per meter kubik untuk paparan selama delapan jam. (6) Hal ini pertama kali terjadi di barat daya Eropa, bergeser ke Eropa tengah, dan kemudian menyebar ke seluruh benua. (7) Selama paruh kedua Agustus 2022, terjadi intrusi debu gurun, yang sangat tinggi di Mediterania dan Eropa. (8) Campuran suhu tinggi, jumlah aerosol yang tinggi, dan juga kandungan PM 2,5berdampak pada kesehatan dan kesejahteraan manusia.

Penggunaan tanda koma yang salah terdapat pada kalimat?

Jawaban: Kalimat no 7, sebab tidak diperlukan tanda koma di antara kata debu gurun dan yang sangat tinggi. Kata sifat dan kata yang disifati tidak memerlukan tanda koma.


Contoh Soal Tes UTBK 2024 Penalaran Matematika

1. Dalam suatu kelas terdapat 12 murid laki-laki dan 16 murid perempuan. Rata-rata nilai ulangan Matematika di kelas tersebut adalah 80. Setelah melihat hasil tersebut, guru Matematika memberikan kesempatan kepada 4 murid, dengan nilai masing-masing 52, 56, 62, dan 66, untuk melakukan remedial. Diketahui bahwa nilai rata-rata peserta remedial naik 7 poin.

Jika sebelum remedial, rata-rata nilai ulangan murid laki-laki di kelas tersebut adalah 78, rata-rata nilai ulangan murid perempuan adalah ...

A. 80,5

B. 81

C. 81,5

D. 82

E. 82,5

Jawaban: C. 81,5

2. Dalam suatu kelas terdapat 12 murid laki-laki dan 16 murid perempuan. Rata-rata nilai ulangan Matematika di kelas tersebut adalah 80. Setelah melihat hasil tersebut, guru Matematika memberikan kesempatan kepada 4 murid, dengan nilai masing-masing 52, 56, 62, dan 66, untuk melakukan remedial. Diketahui bahwa nilai rata-rata peserta remedial naik 7 poin.

Diberikan pernyataan berikut.

1. Rata-rata nilai kelas tanpa memperhitungkan keempat murid yang mengikuti remedial adalah 83,5.

2. Sebelum remedial, rata-rata nilai ulangan murid yang mengikuti remedial adalah 60.

3. Setelah remedial, rata-rata nilai ulangan seluruh murid menjadi 81.

4. Jangkauan data nilai murid yang mengikuti remedial adalah 15.

Pernyataan di atas yang benar adalah ....

A. 1, 2, dan 3

B. 1 dan 3

C. 2 dan 4

D. 4

E. 1, 2, 3, dan 4

Jawaban: B. 1 dan 3

3. Nilai UAN Ana lebih tinggi dari Budi dan lebih rendah dari nilai Cici. Nilai UAN Deni lebih rendah dari nilai Ana, tetapi lebih tinggi dari Budi. Sementara itu nilai Eva, lebih tinggi dibandingkan Budi dan Deni.

Di antara 5 siswa, siapakah yang menempati ranking terendah?

A. Ana

B. Eva

C. Cici

D. Deni

E. Budi

Jawaban: E

 

Contoh Soal Tes UTBK 2024 Literasi Bahasa Inggris

Teks ini digunakan untuk menjawab soal nomor 1-3

1. Question: Harley Bear (August 5, 2023): What are some of your great frugal hacks that helped you a lot?

Answer: Breanna Shaw (August 17, 2023): Pack your lunch for school or work instead of eating out. Make your coffee at home to prevent stopping on the way somewhere to buy some. Anytime something needs repaired, watch a YouTube video first before calling a technician. Sometimes it can be an easy fix that you can do yourself to save money. I have more tips, but I think I have made this answer long enough.

Answer: Yaseer Said (September 3, 2023): Always ask yourself this question before buying anything: "Do I need it? What if I don't buy this one, and save the money for any other need?"

Answer: Kerry Baldwin (September 4, 2023): You know what is pathetic? Being poor when you're old, and you will be old someday. Learn to live within your means and put your money back for retirement.

Answer: Caleb Beers (October 15, 2023): Most of the "frugal hacks" you hear will be about ways to buy things cheaply. Those are great, but I've found that much of frugality comes down to self-control, i.e., not buying stuff you don't need. Also, self-control is a lot harder than just looking for cheap stuff. For example, I want the latest smart phone, but my phone is still working very well. So, I don't buy a new one.

Answer: Daniel Tay (October 25, 2023): Frugality means different things to different people. To me, it means not wasting something that can be reused or repurposed. I've taken this to a level that some people may consider extreme: I don't buy anything.

Who explicitly suggests to live frugally by not purchasing any stuff?

A. Breanna Shaw

B. Yaseer Said

C. Kerry Baldwin

D. Caleb Beers

E. Daniel Tay

Jawaban: E


2. The word "frugality" in Daniel Tay's post is closest in meaning to ....

A. Modesty

B. Simplicity

C. Thriftiness

D. Strictness

E. Cheapness

Jawaban: C


3. Who posted the least relevant answer to Harley Bear's question?

A. Breanna Shaw

B. Yaseer Said

C. Kerry Baldwin

D. Caleb Beers

E. Daniel Tay

Jawaban: C

 

Contoh Soal Tes UTBK 2024 Penalaran Umum

1. Kadar gula yang tinggi dalam darah meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular. Upaya untuk mencegah meningkatnya kadar gula dalam darah dapat dicegah dengan diet karbohidrat. Risiko terjadinya penyakit kardiovaskular dapat berkurang jika jumlah karbohidrat yang dikonsumsi dapat dikendalikan.

Berdasarkan informasi tersebut, manakah pernyataan berikut yang PASTI BENAR?

A. Menerapkan diet karbohidrat dapat meningkatkan kadar gula dalam darah.

B. Konsumsi karbohidrat dapat menurunkan kadar gula dalam darah.

C. Risiko penyakit kardiovaskular berkurang jika diet karbohidrat diterapkan.

D. Menerapkan diet karbohidrat masih memiliki risiko penyakit kardiovaskular.

E. Peningkatan risiko penyakit kardiovaskular terjadi karena penerapan diet karbohidrat.

Jawaban: C

2. Buah bit dianggap sebagai buah yang banyak memberikan manfaat karena memiliki kalori yang rendah. Namun, buah bit memiliki kandungan oksalat yang tinggi. Mengonsumsi buah bit terlalu banyak dapat memicu peningkatan sekresi oksalat yang berkontribusi pembentukan batu ginjal. Untuk itu, jika memiliki batu ginjal, sebaiknya kita tidak mengonsumsi buah bit secara berlebihan.

Berdasarkan informasi tersebu, manakah pernyataan berikut yang PASTI SALAH?

A. Buah bit banyak dikonsumsi karena memiliki kalori yang rendah.

B. Kandungan oksalat pada buah bit menyebabkan batu ginjal.

C. Konsumsi buah bit berlebihan dapat menyebabkan gangguan pencernaan.

D. Konsumsi buah bit tidak akan menyebabkan gangguan kesehatan.

E. Walaupun dapat menyebabkan batu ginjal, buah bit tidak akan mengganggu pencernaan.

Jawaban: D

3. Sebagian siswa tidak meraih nilai ujian tinggi jika mereka tidak belajar dengan tekun. Kondisi tersebut terjadi ketika siswa tidak berdisiplin dalam mengatur waktu.

Manakah simpulan berikut yang BENAR?

A. Sebagian siswa tidak meraih nilai ujian tinggi apabila berdisiplin dalam mengatur waktu.

B. Sebagian siswa meraih nilai ujian tinggi apabila tidak berdisiplin dalam mengatur waktu.

C. Sebagian siswa tidak meraih nilai ujian tinggi apabila tidak berdisiplin dalam mengatur waktu.

D. Siswa berdisiplin dalam mengatur waktu apabila sebagian siswa meraih nilai ujian tinggi.

E. Siswa tidak berdisiplin dalam mengatur waktu apabila sebagian siswa meraih nilai ujian tinggi.

Jawaban: C

Contoh Soal Tes UTBK 2024 Pengetahuan dan Pemahaman Umum

Teks ini digunakan untuk menjawab soal nomor 1-3

(1) Kacang merah memiliki kandungan gizi yang sangat baik dan menguntungkan bagi kesehatan tubuh manusia jika diolah secara benar. 2Kacang merah kering merupakan sumber folasin. 3Folasin adalah zat gizi esensial yang mampu mengurangi risiko kerusakan pada pembuluh darah. 4Kacang merah memiliki kemampuan untuk mengurangi kerusakan pembuluh darah, menurunkan kadar kolesterol dalam darah, berkurangnya konsentrasi gula darah, dan menurunkan risiko kanker usus besar.5Kandungan lemak dan natrium yang dimiliki kacang merah sangat rendah, nyaris bebas lemak jenuh dan kolesterol. 6Sebaliknya, kacang merah justru merupakan sumber serat yang baik. 7Dalam 100 gram kacang merah kering dapat menghasilkan 4 gram serat yang terdiri dari serat larut air dan serat yang tidak larut air. 8Serat yang larut air mampu menurunkan kadar kolesterol dan kadar gula dalam darah. 9Namun, di sisi lain, kacang merah memproduksi gas dalam usus yang membuat perut kembung.

(Diadaptasi dari buku Pengaruh Makanan terhadap Kesehatan)

1. Apabila gagasan pada bacaan tersebut dipisahkan menjadi dua paragraf yang padu dan utuh, pengelompokan kalimatnya adalah....

A. (1-2) dan (3-4-5-6-7-8-9)

B. (1-2-3) dan (4-5-6-7-8-9)

C. (1-2-3-4) dan (5-6-7-8-9)

D. (1-2-3-4-5) dan (6-7-8-9)

E. (1-2-3-4-5-6) dan (7-8-9)

Jawaban: C

2. Kalimat yang tidak logis dalam bacaan tersebut adalah kalimat...

A. (1)

B. (3)

C. (5)

D. (7)

E. (8)

Jawaban: D

3. Bentuk ke-an pada kata kesehatan dalam kalimat (1) mempunyai kesamaan makna dengan....

A. Ilmu kelautan berperan penting dalam memajukan wilayah dengan banyak pulau.

B. Penduduk yang mendiami kepulauan tersebut sangat ramah dengan para pendatang.

C. Hampir semua bajunya sudah kekecilan sehingga dia sering membeli baju baru.

D. Pertemuan rutin bulan ini akan dilaksanakan di kediaman kepala desa.

E. Kesejahteraan masyarakat desa itu terlihat dari megahnya rumah penduduknya.

Jawaban: E

Contoh Soal Tes UTBK 2024 Pengetahuan Kuantitatif

1. Dalam suatu kelas terdapat 12 murid laki-laki dan 16 murid perempuan. Rata-rata nilai ulangan Matematika di kelas tersebut adalah 80. Setelah melihat hasil tersebut, guru Matematika memberikan kesempatan kepada 4 murid, dengan nilai masing-masing 52, 56, 62, dan 66, untuk melakukan remedial. Diketahui bahwa nilai rata-rata peserta remedial naik 7 poin.

Jika sebelum remedial, rata-rata nilai ulangan murid laki-laki di kelas tersebut adalah 78, rata-rata nilai ulangan murid perempuan adalah ...

A. 80,5

B. 81

C. 81,5

D. 82

E. 82,5

Jawaban: C

2. Suatu bangunan merupakan gabungan dari 10 persegi identik yang tidak tumpeng tindih. Jika luas bangunan tersebut 250 maka kelilingnya adalah....

A. 90

B. 100

C. 110

D. 120

E. 200

Jawaban: C

3. Dari 5 angka 1, 2, 3, 4 dan 5 akan dibentuk bilangan yang terdiri dari 4 angka. Berapa bilangan yang dapat disusun jika bilangan tersebut kurang dari 3000 dan angka yang digunakan tidak boleh berulang?

A. 30

B. 48

C. 60

D. 72

E. 120

Jawaban: B

 

Contoh Soal Tes UTBK 2024 Literasi Bahasa Indonesia

Teks ini digunakan untuk menjawab soal nomor 1-3

1. Bu Mus adalah seorang guru yang pandai, karismatik, dan memiliki pandangan jauh ke depan. Beliau menyusun sendiri silabus pelajaran Budi Pekerti dan mengajarkan kepada kami sejak dini pandangan-pandangan dasar moral, demokrasi, hukum, keadilan, dan hak-hak asasi-jauh hari sebelum orang-orang sekarang meributkan soalmaterialisme versus pembangunan spiritual dalam pendidikan. Kami diajarkan menggali nilai luhur di dalam diri sendiri agar berperilaku baik karena kesadaran pribadi.

Pada suatu kesempatan, karena masih kecil tentu saja, kami sering mengeluh mengapa sekolah kami tak seperti sekolah-sekolah lain. Terutama, atap sekolah yang bocor dan sangat menyusahkan saat musim hujan. Beliau tak menanggapi keluhan itu, tapi mengeluarkan sebuah buku berbahasa Belanda dan memperlihatkan sebuah gambar.

Gambar itu adalah sebuah ruangan yang sempit, dikelilingi tembok tebal yang suram, tinggi, gelap, dan berjeruji. Kesan di dalamnya begitu pengap, angker, penuh kekerasan dan kesedihan."Inilah sel Pak Karno di sebuah penjara di Bandung, di sini Beliau menjalani hukuman dan setiap hari belajar, setiap waktu membaca buku. Beliau adalah salah satu orang tercerdas yang pernah dimiliki bangsa ini."Bu Mus tak melanjutkan ceritanya.

Kami tersihir dalam senyap.Mulai saat itu, kami tak pernah memprotes keadaan sekolah kami. Pernah suatu ketika hujan turun sangat lebat, petir sambar-menyambar. Trapani dan Mahar memakai terindak, topi kerucut dari daun lais khas tentara Vietkong, untuk melindungi jambul mereka. Kucai, Borek, dan Sahara memakai jas hujan kuning bergambar gerigi metal besar di punggungnya dengan tulisan besar "UPT Bel" (Unit Penambangan Timah Belitong)-jas hujan PT Timah milik bapaknya. Kami sisanya hampir basah kuyup. Tapi kami sehari pun tak pernah bolos dan kami tak pernah mengeluh, tidak, sedikit pun kami tak pernah mengeluh.

(Diadaptasi dari Laskar Pelangi karya Andrea Herata)

Sesuai dengan bacaan, gambaran karakter Bu Mus yang paling tepat adalah seorang guru yang ....

A. Bertindak mandiri karena menyusun sendiri silabus mata pelajaran dan mengajarkannya sendiri.

B. Memiliki wawasan luas karena mendidik moral, demokrasi, hukum, keadilan, dan hak asasi.

C. Berwawasan futuristik karena memberikan mata pelajaran yang pihak lain belum membicarakannya.

D. Berbudi pekerti luhur karena mengajarkan mata pelajaran budi pekerti, moral, dan hukum.

E. Memiliki kearifan lokal karena mengajari menggali nilai luhur dari diri sendiri.

Jawaban: D


2. Ungkapan "Kami tersihir dalam senyap" tergambar dari perilaku tokoh novel sebagai berikut.

A. Kami tidak pernah mengeluh dan memprotes keadaan sekolah kami.

B. Kami tetap sekolah sekalipun hujan lebat dan petir sambar-menyambar.

C. Kami tidak pernah membolos dan mengeluhkan kondisi sekolah kami.

D. Kami tetap sekolah sekalipun hanya bertopi kerucut dari daun lais.

E. Kami bertiga masuk sekolah walaupun memakai jas hujan milik ayah.

Jawaban: C


3. Tujuan Bu Mus menunjukkan dan menjelaskan gambar kondisi sel penjara Bung Karno yang sempit untuk menanggapi keluhan muridnya tentang kondisi sekolah adalah ....

A. Menggambarkan penderitaan Bung Karno melalui fasilitas yang sangat buruk dalam sel penjara.

B. Menunjukkan penderitaan Bung Karno dalam proses memperjuangkan kemerdekaan.

C. Menunjukkan Bung Karno merupakan salah satu orang tercerdas hasil pemenjaraan di sel yang buruk.

D. Menggambarkan kesuraman sel penjara Bung Karno yang mengesankan kekerasan dan kesedihan.

E. Membuktikan lokasi yang sangat buruk tetap bisa menguatkan tekad belajar Bung Karno.

Jawaban: E

 

 


0 Komentar untuk "Contoh-Contoh Soal UTBK 2024 dan Pembahasannya"

Back To Top